Tutorial Cek Imei Keaslian Android dan BBM di Kemenperin

Artikel Terkait Trik Android
[Kincaimedia.net]
Kementrian Penindustrian Republik Indonesia ( Kemenperin ) bulan lalu telah mengumumkan akan memblokir peredaran Ponsel Blackmarket ( BM ) yang termasuk golongan ponsel ilegal yang dilarang di indonesia .
Cara Cek Imei di Kemenperin Apakah Androidmu Asli atau BM
Pemblokiran ponsel tersebut melalui mekanisme mennggunakan nomor Internasional Mobile Equipment Identity (IMEI) sebagai acuan apakah ponsel tersebut Terdaftar atau Barang ilegal alias Blackmarket . Untuk ponsel Blackmarket yang dibeli sebelum bulan Agustus 2020 , tidak akan langsung di Blokir tetapi ketentuan atas masa pakainya akan ditentukan kemudian sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 Nah bagaimana cara mengecek apakah smartphone Anda Blackmarket atau Asli dan sudah terdaftar di kemenperin ? Berikut panduannya :
  •  Untuk mengecek Imei pada Smartphone HP Android Anda bisa mengaksesnya melalui dial call *#06# . Anda disitu akan bisa melihat angka angka Imei Anda untuk bisa dicatat terlebih dahulu .

Untuk Imei yang terdaftar akan muncul text seperti berikut : ( IMEI terdaftar di database Kemenperin )
Dan jika tampilannya seperti gambar dibawah , berarti ponsel tersebut dari Blackmarket atau Ilegal
Nah bagi Anda yang ingin membeli smartphone mulai sekarang pastikan cek Imei terlebih dahulu ya agar terhindar dari pemblokiran Imei ini .