3 Cara Membuat Garis Di Microsoft Word

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

• Diperbaharui 25-03-2024

Microsoft Word merupakan salah satu software pengolah kata nan paling banyak digunakan di dunia. Dengan fitur-fiturnya nan lengkap, Word memudahkan pengguna dalam membikin arsip nan ahli dan menarik.

Salah satu komponen kreasi nan sering digunakan dalam arsip adalah garis. Garis dapat membantu memisahkan bagian teks, menambah estetika, alias menekankan suatu poin. Kali ini, Carisinyal bakal memberikan tutorial langkah membikin garis di Word menggunakan tiga metode: auto format, mendatar line dan shapes.

1. Menggunakan Auto Format

Tak banyak nan tahu bahwa langkah membikin garis di Microsoft Word nan satu ini merupakan langkah nan paling mudah. Ya, dengan auto format, Anda bisa membikin beragam jenis garis di Word hanya dengan menekan beberapa tombol di keyboard. Berikut adalah cara-caranya:

  • Untuk membikin garis lurus, tekan simbol “-“ sebanyak tiga kali di laman kerja Word. Kemudian tekan “Enter” dan garis lurus bakal tergambar dengan rapi.
Auto 1-1
Auto 1-2
  • Jika mau membikin dua garis lurus tebal, tekan simbol “=” di keyboard sebanyak tiga kali. Tekan “Enter”, maka dua garis lurus nan lebih tebal bakal terbentuk.
Auto 2-1
Auto 2-2
  • Apabila hendak membikin satu garis lurus tebal, cukup tekan “_” sebanyak tiga kali. Lanjutkan dengan menekan “Enter”.
Auto 3-1
Auto 3-2
  • Garis putus-putus bisa dibuat dengan menekan “*” di keyboard sebanyak tiga kali. Seperti langkah sebelumnya, tekan tombol “Enter” untuk membikin garisnya.
Auto 4-1
Auto 4-2
  • Dengan menekan tombol “#” sebanyak tiga kali, lampau diakhiri dengan “Enter”, maka bakal menghasilkan sebuah tiga garis di mana tengahnya tebal dan dua garis di luarnya tipis.
Auto 5-1
Auto 5-2
  • Langkah selanjutnya untuk membikin garis bergelombang adalah dengan menekan tombol “~” sebanyak tiga kali dan diakhiri dengan menekan “Enter”.
Auto 6-1
Auto 6-2

Dengan memanfaatkan auto format ini, Anda bisa membikin beragam macam garis sesuai dengan kebutuhan secepat mungkin.

2. Menggunakan Horizontal Line

Cara lain untuk menambahkan garis di arsip Word adalah dengan menggunakan fitur mendatar line. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membikin garis horizontal:

  • Buka Dokumen: Pertama, buka arsip Word nan mau Anda tambahkan garis.
  • Posisikan Kursor: Letakkan kursor di tempat Anda mau garis muncul.
  • Masukkan Garis: Pada tab “Home”, klik pada “Borders” nan terletak di grup “Paragraph”. Dari menu dropdown, pilih “Horizontal Line”.
Horizontal 2
  • Sesuaikan Garis: Setelah garis muncul, Anda bisa menyesuaikan desainnya dengan mengklik dua kali pada garis tersebut. Anda bakal memandang opsi untuk mengubah gaya, ketebalan, dan warna garis.
Horizontal 3

Tutorial menggunakan mendatar line sangat cocok untuk memisahkan bagian alias membikin pemisah antara paragraf.

3. Menggunakan Shapes

Untuk lebih banyak pilihan kreasi dan fleksibilitas, Anda bisa menggunakan fitur shapes untuk membikin garis. Berikut adalah langkah melakukannya:

  • Buka Dokumen: Seperti sebelumnya, mulailah dengan membuka arsip Word.
  • Pilih Shapes: Pergi ke tab “Insert” dan klik “Shapes”. Di sini, Anda bakal menemukan beragam bentuk, termasuk garis lurus.
Shapes 1
  • Gambar Garis: Klik pada opsi “Lines” (simbol garis lurus). Kemudian, klik dan tarik di arsip Anda untuk menggambar garis. Anda dapat menahan tombol “Shift” saat menggambar untuk membikin garis nan sempurna lurus.
Shapes 2
  • Sesuaikan Garis: Setelah garis tergambar, Anda bisa mengubah ketebalannya, warna, dan style garis melalui tab Format nan muncul setelah Anda memilih garis tersebut.
Shapes 3

Menggunakan shapes memberi Anda kebebasan lebih dalam merancang garis, termasuk membikin garis nan bengkok alias berbentuk khusus.

Menambahkan garis di arsip Word dapat dilakukan dengan mudah menggunakan fitur auto format, mendatar line alias shapes. Ketiga metode ini menawarkan elastisitas nan cukup untuk beragam kebutuhan kreasi arsip Anda.

Auto format adalah langkah termudah, tapi Anda kudu menghafalkan tombol sesuai dengan jenis garis. Horizontal line cocok untuk keperluan sigap dan sederhana, sedangkan shapes memberikan opsi lebih luas untuk kustomisasi. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menambahkan komponen kreasi nan efektif ini ke arsip Word Anda, meningkatkan kualitas visual dan organisasi teks.

Selengkapnya
Sumber Info Teknologi
Info Teknologi