3 Cara Restart Hp Android Dengan Dan Tanpa Aplikasi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Mengalami masalah dengan smartphone adalah perihal nan lumrah, mulai dari sistem nan melangkah lambat hingga aplikasi nan tiba-tiba berakhir bekerja. Salah satu solusi paling efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan merestart perangkat Anda.

Proses restart dapat membantu membersihkan memori dan memulai ulang semua proses nan melangkah di sistem operasi. Dalam tulisan ini, Carisinyal bakal membahas beragam metode untuk merestart HP Android. Salah satu caranya juga bisa menggunakan aplikasi, lho.

Restart Standar dengan Tombol Power

Merestart HP Android secara standar adalah langkah nan paling umum dan mudah dilakukan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk merestart perangkat Anda:

1.Tekan dan Tahan Tombol Power

Pada kebanyakan perangkat Android, tombol power berada di sisi kanan alias atas perangkat. Tekan dan tahan tombol ini selama beberapa detik.

2. Pilih Opsi Restart

Standar 1

Setelah beberapa detik, layar bakal menampilkan beberapa opsi. Pilih opsi "Restart" alias "Reboot" dari menu nan muncul. Jika opsi ini tidak tersedia, pilih "Power Off" untuk mematikan perangkat, kemudian tekan tombol power lagi setelah beberapa detik untuk menyalakannya kembali.

Hard Restart dengan Tombol Power

Jika perangkat Anda tidak responsif dan tidak bisa di-restart dengan langkah standar, Anda mungkin perlu melakukan hard restart. Cara ini memaksa perangkat untuk meninggal dan menyala kembali tanpa melalui proses shutdown nan normal.

1.Tekan dan Tahan Tombol Power dan Volume Down

Secara berbarengan tekan dan tahan tombol power dan tombol volume turun selama 10-20 detik.

2. Tunggu hingga Perangkat Restart

Hard Restart

Terus tahan kedua tombol sampai layar meninggal dan logo produsen muncul, menandakan perangkat sedang restart.

Menggunakan Aplikasi Shutdown

Bagaimana jika tombol power Anda rusak alias tidak berfungsi? Anda tetap bisa merestart perangkat dengan support aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi nan bisa digunakan adalah "Shutdown."

Aplikasi "Shutdown" memungkinkan Anda untuk mematikan alias merestart perangkat tanpa perlu menggunakan tombol fisik. Berikut adalah langkah menggunakannya:

  • Unduh Aplikasi: Kunjungi Google Play Store dan unduh aplikasi Shutdown.
App 1
  • Instal dan Buka Aplikasi: Setelah diunduh, instal aplikasi dan buka.
  • Pilih Opsi Restart: Dalam aplikasi, Anda bakal menemukan opsi untuk mematikan alias merestart perangkat. Pilih "Restart" untuk merestart perangkat Anda.
App 2

Penting untuk diingat bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga mungkin memerlukan akses root alias setelan unik pada perangkat Anda. Namun, untuk aplikasi Shutdown ini Anda tidak perlu me-root smartphone.

Merestart HP Android dapat menyelesaikan banyak masalah sistem dan aplikasi. Dengan mengikuti pedoman ini, Anda dapat dengan mudah merestart perangkat Anda, baik dengan langkah standar maupun melalui metode pengganti jika diperlukan. Selalu pastikan untuk mem-backup info krusial Anda secara reguler untuk mencegah kehilangan info selama proses restart alias reset.

FAQ

Inilah sejumlah pertanyaan umum nan kerap kali muncul ketika membahas tentang langkah merestart HP Android. Mungkin saja beberapa pertanyaan ini juga sering Anda tanyakan.

1. Apa faedah HP di-restart?

Restart HP dapat membersihkan memori sementara, menutup aplikasi nan melangkah di latar belakang, dan memperbaiki masalah mini seperti lag alias aplikasi nan tidak merespon.

2. Apakah HP bisa restart sendiri?

Ya, HP bisa restart sendiri, biasanya lantaran masalah perangkat lunak, overheat, alias masalah hardware.

3. Apa bedanya reset dan restart HP?

Reset HP mengembalikan perangkat ke pengaturan pabriknya, menghapus semua info pengguna dan aplikasi nan diinstal, sedangkan restart hanya mematikan dan menghidupkan kembali perangkat tanpa menghapus data.

Selengkapnya
Sumber Info Teknologi
Info Teknologi