5 Aplikasi Pengubah Suara Jadi Teks Di Android Dan Iphone

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Telset.id – Aplikasi pengubah bunyi jadi teks sangat dibutuhkan dalam situasi tertentu ketika kita dituntut untuk dapat mengetik dengan cepat. Misalnya saja seorang wartawan ataupun notulis rapat nan kudu mencatat pembahasan nan lengkap, jelas, dan runut.

Untuk tugas mengetik cepat, sebagian orang mungkin tetap sering merasa kesulitan. Apalagi, jika teks nan diketik di ponsel kerap salah alias typo.

Oleh karenanya, dibutuhkan aplikasi pengubah bunyi jadi teks nan dapat berfaedah di smartphone Android ataupun iPhone.

Beruntung bagi Anda, lantaran sudah cukup banyak aplikasi nan dapat mengubah bunyi jadi teks di Google Play Store ataupun App Store.

BACA JUGA:

  • 12 Aplikasi Belajar Bahasa Asing, Praktis dan Banyak Pilihan Bahasa!
  • Cara Pakai Google Translate dengan Kamera HP, Gak Perlu Kamus!

Nah, tim Telset telah merangkum beberapa aplikasi nan bisa mengubah file rekaman bunyi maupun video menjadi teks dengan langkah nan mudah.

Tapi sebelum itu, kami lebih dulu bakal membagikan pedoman komplit berupa langkah untuk mengubah bunyi menjadi teks di iPhone, iPad, sampai Android. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Mengubah Suara jadi Teks di iPhone/iPad

mengubah file rekaman bunyi menjadi teksFoto: Cult of Mac

Cara mengubah bunyi menjadi teks dengan mudah di iPhone/iPad adalah menggunakan aplikasi Gboard alias Google Keyboard.

Aplikasi bunyi jadi teks ini tersedia untuk iPhone maupun iPad nan menjalankan iOS 9 ke atas. Satu catatan untuk Anda, tidak semua bahasa dapat diterjemahkan dari bunyi ke dalam teks. Berikut langkah-langkahnya:

  • Install Gboard di App Store, kemudian jadikan Google Keyboard sebagai perangkat ketik default di ponsel Anda.
  • Buka aplikasi apapun untuk mengetik, seperti Notepad maupun Google Keep.
  • Tap di area untuk memasukkan teks, dan tekan dan tahan lambang mikrofon.
  • Ketika muncul Ucapkan Sekarang atau Speak Now, ucapkan kata-kata alias kalimat nan mau Anda tulis.
  • Untuk menambahkan tanda baca, Anda tinggal ucapkan “titik”, “koma”, “tanda seru”, “tanda tanya”, “baris baru”, dan “paragraf baru”.

Mengubah Suara jadi Teks di Android

Sama halnya dengan iPhone alias iPad, Gboard juga berfaedah dengan sangat baik sebagai aplikasi pengubah bunyi jadi teks di Android.

Fungsi ini dapat digunakan pada ponsel Android dengan sistem operasi 7.0 ke atas. Catatan nan sama, tidak semua bahasa dapat diterjemahkan ke dalam teks. Berikut caranya:

  • Install Gboard di Google Play Store, kemudian jadikan aplikasi ini sebagai perangkat ketik default di ponsel Android Anda.
  • Buka aplikasi apapun untuk mengetik, semisal Google Docs, WhatsApp, Gmail, dan lainnya.
  • Tap di area untuk memasukkan teks, dan tekan serta tahan logo mikrofon di Gboard.
  • Saat melihat Ucapkan Sekarang atau Speak Now, ucapkan perihal nan mau Anda tulis.
  • Sama halnya, untuk menambahkan tanda baca, Anda tinggal ucapkan “titik”, “koma”, “tanda seru”, “tanda tanya”, “baris baru”, dan “paragraf baru”.

Mengubah Suara jadi Teks Pakai Aplikasi

Selain menggunakan Google Keyboard, ada juga aplikasi perekam bunyi menjadi teks berjulukan Live Transcribe.

Aplikasi pengubah bunyi jadi teks ini tersedia di Google Play Store untuk Android ataupun App Store untuk iPhone/iPad. Berikut pedoman lengkapnya:

  • Download dan install aplikasi Live Transcribe & Sound Notifications.
  • Lalu, ubah bahasa sesuai kemauan dengan menekan menu di bagian bawah.

cara mengubah bunyi video menjadi teks

  • Anda tinggal mengucapkan apapun nan mau ditulis alias memutar file rekaman bunyi maupun video melalui mikrofon.

cara mengubah bunyi video menjadi teks

  • Otomatis, Live Transcribe bakal mengetikkan apapun nan diucapkan oleh Anda alias rekaman bunyi dan video nan diputarkan melalui mikrofon.

cara mengubah bunyi video menjadi teks

  • Anda dapat menyimpan tulisan tersebut dengan langkah menekan dan menahan tulisan di aplikasi, tekan Select All dan Copy. Lalu, tekan Paste di aplikasi Notepad, Google Docs, dan sejenisnya. Kemudian simpan teks tersebut.

5 Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks

Sesuai janji, berikut ini beberapa aplikasi pengubah bunyi jadi teks nan bisa Anda gunakan di ponsel Android maupun iPhone. Seluruh aplikasi ini dapat Anda manfaatkan untuk “mengetik cepat”.

1. Live Transcribe

Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks Android iOSLive Transcribe

Aplikasi ini boleh dibilang sebagai tools pengubah bunyi jadi teks terbaik di Android maupun iPhone. Live Transcribe didukung oleh AI namalain kepintaran buatan nan dapat mengubah audio menjadi tulisan secara real-time.

Ada beragam pilihan bahasa nan dapat Anda manfaatkan. Transkrip tulisan juga lebih rapi, meski ada beberapa typo nan kudu Anda benarkan sendiri. Anda tak perlu menekan tombol apapun, lantaran aplikasi untuk mengubah bunyi menjadi teks ini dapat mengenali bunyi secara otomatis, termasuk noise di sekitar.

2. Speechnotes

Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks Android iOSSpeechnotes

Aplikasi untuk mengubah file rekaman bunyi alias video menjadi teks nan selanjutnya adalah Speechnotes. Aplikasi ini sudah didukung AI canggih dari Google, sob!

Sama halnya dengan Live Transcribe, aplikasi pengubah bunyi menjadi teks nan satu ini bakal langsung mengenali dan menerjemahkan bunyi ke teks secara real-time.

Menariknya, aplikasi pengubah rekaman bunyi menjadi teks ini memungkinkan pengguna untuk mengedit tulisan secara langsung meski aplikasi sedang mendikte pelafalan dari suara. Selain itu, aplikasi juga dapat digunakan tanpa jaringan internet.

3. Google Keyboard

Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks Android iOSGoogle Keyboard

Google Keyboard juga tersedia di Android dan iPhone/iPad, lho. Lewat aplikasi keyboard ini, Anda dapat mengubah audio menjadi tulisan alias mengetik dengan bunyi lebih mudah dan cepat.

Ada lebih dari 60 bahasa nan dapat diterjemahkan, selain bahasa Indonesia. Aplikasi untuk merekam bunyi menjadi tulisan ini juga tampilannya sederhana dan mudah digunakan. Tinggal tekan tombol mikrofon, audio pun langsung diubah menjadi teks. Mudah, kan?

4. Notulite

Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks Android iOSNotulite

Aplikasi pengubah bunyi jadi teks berikutnya adalah Notulite. Aplikasi buatan lokal ini mempunyai kelebihan dalam perihal akurasi. Ejaan bunyi nan diubah ke dalam teks minim typo alias kesalahan.

Selain itu, Notulite nan merupakan aplikasi mengetik dengan bunyi juga bisa mengenali dan membedakan karakter bunyi setiap pembicara. Notulite juga memudahkan pengguna untuk mengedit tulisan secara langsung, meski aplikasi sedang menerjemahkan bunyi ke dalam teks.

5. Voice Search

Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks Android iOSVoice Search (Foto: Search Engine Journal)

Jika Anda mau mencari sesuatu di Google, tapi malah mengetiknya, gunakan saja aplikasi Voice Search untuk ubah bunyi jadi teks. Aplikasi bawaan Android ini terdapat di beragam jasa Google dan mendukung banyak bahasa, termasuk Indonesia.

Anda tak perlu mengetik apapun di kolom pencarian, cukup melalui bunyi saja dan hasil pencarian pun bakal muncul dengan langsung di laman utama aplikasi.

BACA JUGA:

  • 10 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Android Terbaik, Gratis!
  • Google Home Kini Bisa Jadi Penerjemah Virtual

Nah, itu tadi beberapa aplikasi pengubah file rekaman bunyi maupun video menjadi teks. Kami pun juga memberikan langkah untuk mengubah bunyi menjadi teks di iPhone, iPad, sampai Android.

Anda dapat memandang rekomendasi aplikasi terbaik lainnya melalui kanal Telset Apps. Jika Anda mencari pedoman lengkap, tips, dan trik, bisa juga mengakses kanal Telset How To. Semoga bermanfaat! (HBS)

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi