5 Cara Mengatasi Ldplayer Yang Stuck Di 50% Atau 94%

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Kalau berbincang emulator nan direkomendasikan untuk game, maka LDPlayer adalah salah satu nan bisa dibilang cukup direkomendasikan.

Saya pribadi sekarang cukup sering menggunakan emulator ini, untuk game-game Android nan biasa saya mainkan.

Alasannya lantaran emulator ini performanya memang cukup tinggi. Banyak pengaturan setting, dan terdapat juga fitur multi drive untuk menjalankan emulator lebih dari 1.

Nah, tapi di emulator ini ada satu masalah nan kadang dialami penggunanya. Yaitu stuck loading di nomor 50% dan nomor 94%.

Saya pribadi baru mengalami masalah ini beberapa waktu lalu. Dan di sini mau membahas langkah untuk memperbaikinya.

Penyebab Error Loading di LDPlayer

Kalau melansir dari situs resmi LDPlayer, penyebab masalah loading ini utamanya disebabkan karena  info LDPlayer nan corrupt.

Dan pada kasus saya pribadi, error loading ini disebabkan lantaran saya nan biasa menutup LDPlayer lewat End Task, jadi info pada LDPlayer tidak tersimpan sempurna.

Cara Mengatasi LDPlayer Stuck di Loading

1. Reinstall LDPlayer

Install LDPlayer

Hal pertama nan bisa dilakukan, adalah menginstall ulang LDPlayer. Seperti nan disebut sebelumnya, masalah error loading ini biasanya disebabkan lantaran info nan rusak.

Nah, dengan menginstall ulang LDPlayer, nantinya info LDPlayer tersebut bakal diganti dengan nan baru.

Harusnya setelah direinstall, LDPlayer nan stuck tersebut bakal teratasi. Untuk langkah reinstallnya seperti biasa. Cukup hapus LDPlayer lewat Control Panel.

Kalau sudah, Anda bisa menginstall kembali LDPlayer lewat installernya.

2. Turunkan Pengaturan LDPlayer

LDPlayer termasuk salah satu emulator nan punya banyak pengaturan. Pengaturan-pengaturan ini bisa disesuaikan dengan spesifikasi komputer.

Nah, jika LDPlayer Anda stuck, coba turunkan pengaturannya. Berikut nan bisa dicoba:

Setting Emulator LDPlayer
  • Pengaturan resolusi ke nan lebih rendah
  • Pengaturan CPU ke 2 alias 4 core
  • RAM 2GB sampai 4GB
  • Frame rate ke 60

Di LDPlayer juga terdapat opsi hapus cache. Silakan klik Clear Now pada kolom Clear disk cache. Tips ini kadang bisa membantu juga.

3. Pastikan VT Aktif

Hampir semua emulator nan ada saat ini bakal melangkah lebih optimal jika VT aktif. Nah, jika LDPlayer Anda kadang stuck kadang normal di loading, coba pastikan kembali apakah VT dalam keadaan aktif alias tidak.

Untuk langkah ceknya sendiri bisa menggunakan aplikasi tambahan. Contohnya seperti LeoMoon CPU-V. Dan untuk mengaktifkan VT, bisa dilakukan lewat BIOS.

Anda bisa cek tulisan berikut ini: Cara mengaktifkan Virtualization Processor Intel dan AMD.

4. Buat Ulang Instance LDPlayer

LD Multiplayer

Jika LDPlayer melangkah pada multi-instance, biasanya tidak semua instance loadingnya bermasalah. Hanya salah satunya saja.

Nah, untuk mengatasi stuck, Anda cukup hapus saja instance nan bermasalah. Kemudian buat ulang dengan langkah clone nan tetap normal.

Dengan demikian stuck tersebut harusnya tidak terjadi lagi. Namun info tentunya bakal mengikuti instance nan Anda clone.

Tips: Pastikan Anda setidaknya selalu menyimpan 1 instance nan tetap normal untuk sewaktu-waktu bisa diclone.

5. Disable Memory Integrity

Jika Anda menggunakan LDPlayer di Windows 11, pengaturan memory integrity bisa Anda cek. Fitur ini sendiri berfaedah untuk mencegah sistem dari malware.

Tapi di kondisi tertentu, juga bisa membikin loading LDPlayer menjadi stuck. Karena itu, Anda bisa coba disable fiturnya. Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Ketik “Core Isolation” di kolom pencarian Windows
  2. Buka Core Isolation tersebut
  3. Hilangkan centang memory integrity tersebut
  4. Selesai
Memory Integrity Windows

Akhir Kata

Itulah cara-cara untuk mengatasi loading LDPlayer nan stuck di 50% alias 94%. Menggunakan cara-cara tersebut, dijamin LDPlayer bisa Anda buka kembali seperti sedia kala.

Kalau ada pertanyaan, langsung saja tinggalkan komentar lewat kolom di bawah.

Semoga bermanfaat.

Selengkapnya
Sumber Komputer dan Gadget
Komputer dan Gadget