5 Tips Menangkal Penipuan Online Dengan Modus File Apk

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Telset.id – Penipuan online lewat file APK banyak terjadi belakangan ini dan bisa menimbulkan kerugian finansial bagi korban. Tokopedia membagikan tips untuk menghindari penipuan online dengan modus file APK tersebut.

Menurut Bank Indonesia (BI) lewat situs resminya mengatakan modus penipuan undangan pernikahan dan modus penipuan kurir paket, merupakan 2 dari beragam modus penipuan nan tengah marak terjadi.

Modus baru ini bakal mencuri info dan info pribadi, sehingga krusial bagi masyarakat untuk selalu waspada. Penipuan online tersebut dilakukan oleh pelaku dengan langkah mengirim file APK ke calon korban melalui aplikasi pesan singkat.

Setelah file APK tersebut diunduh dan diberi izin akses, pelaku bisa mencuri info rahasia dari handphone calon korban, seperti foto, video, SMS, akses akun m-banking dan lain-lain.

BACA JUGA:

  • Telkomsel: Awas Penipuan dengan Modus Unduh File .APK Fiktif
  • 5 Tips Tingkatkan Penjualan di Ramadan 2023 ala Tokopedia
  • Tips Belanja di Amazon Tanpa Kartu Kredit dan Cara Hitung Pajaknya

5 Tips Hindari Penipuan Online Modus File APK

Modus Penipuan Online File APK Tokopedia

Melihat perihal ini, Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak, mengungkapkan lima tips hindari modus penipuan online lewat pengiriman file APK.

1. Jangan Asal Klik Atau Download File APK

Saat menerima pesan berisi file APK dari nomor tidak dikenal misalnya berupa undangan pernikahan digital, tagihan, resi pengiriman dan sebagainya maka hindari menekan alias klik apalagi mengunduh file tersebut.

Jika pengguna terlanjur klik alias download file APK ilegal, Nuraini menyarankan untuk segera kembalikan handphone ke setelan pabrik alias reset factory.

“Ubah seluruh info di semua akun aplikasi nan menyimpan info pribadi, seperti nomor handphone, e-mail, password dan PIN, di aplikasi perbankan dan nan berangkaian dengan transaksi digital lainnya, seperti Tokopedia,” saran Nuraini.

2. Konfirmasi Ulang ke Pihak Terpercaya

Selalu lakukan konfirmasi ulang melalui jalur terpercaya alias resmi, saat menerima pesan mencurigakan alias file APK dari pihak nan mengaku kerabat dekat alias lembaga lain.

Tokopedia sendiri selalu menyampaikan info tentang promo, undian dan info lainnya melalui kanal resmi, seperti situs web www.tokopedia.com dan blog www.tokopedia.com/blog. Serta media sosial nan terverifikasi, dan email dengan domain @tokopedia.com.

“Apabila menerima pesan dengan file APK nan mengatasnamakan Tokopedia namun mencurigakan, segera lapor lewat jasa 24/7 Tokopedia Care alias www.tokopedia.com/help,” kata Nuraini.

3. Rutin Ganti Password 

Lakukan pembaruan sistem operasi, aplikasi dan software pada handphone secara berkala guna meningkatkan keamanan perangkat.

Masyarakat juga dianjurkan rutin mengganti password di seluruh akun, termasuk aplikasi perbankan dan nan berangkaian dengan transaksi digital lainnya. Kemudian hindari menggunakan password nan sama antar akun.

Selanjutnya saat mengganti password, jangan pernah sebar kode OTP alias password ke orang lain untuk menghindari kebocoran akun.

4. Jangan Bertransaksi di Luar Platform Resmi 

Aplikasi shopping online resmi seperti Tokopedia menggunakan sistem rekening berbareng (rekber) untuk melindungi pengguna ketika bertransaksi secara online. Sistem ini membikin duit pembeli hanya bakal diteruskan ke penjual jika produk sudah diterima oleh pembeli sesuai pesanan.

Oleh lantaran itu jika ada okmum penjual nan meminta melanjutkan komunikasi alias bertransaksi di luar platform resmi, segera lapor melalui customer service lembaga nan bersangkutan. Di Tokopedia, pengguna bisa lapor lewat pusat support Tokopedia Care.

5. Jangan Bagikan Data Pribadi di Media Sosial 

Terakhir jangan memberikan info pribadi melalui media sosial. Mulai dari nomor handphone, alamat rumah, nama komplit ibu, nomor rekening bank, NIK, KK dan info pribadi lainnya. Sebab tindakan tersebut berpotensi menimbulkan kebocoran alias pencurian data.

BACA JUGA:

  • Tips Cara Membuat Password Biar Tidak Gampang Dibobol
  • Wajib Tahu! Tips Jualan Online ala Tokopedia, Biar Gak Langgar HKI

Demikian info mengenai 5 tips menghindari penipuan online dengan modus file APK. Semoga bisa menjadi edukasi bagi Anda agar terhindari dari kejahatan siber ini. [NM/HBS]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi