6 Kelebihan Dan Kekurangan Advan Xtab

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Pada September 2023, Advan meluncurkan tablet dengan nilai murah di Indonesia ialah Advan XTAB. Tablet ini cocok untuk aktivitas belajar online alias aktivitas harian sederhana lainnya. Harga nan dibanderol untuk tablet ini sangat murah ialah sekitar Rp1 jutaan saja.

Meski mempunyai nilai nan murah, terdapat beberapa perihal menarik nan ditawarkan Advan XTAB ini. Nah, Carisinyal sudah menyiapkan beberapa kelebihan dan kekurangan Advan XTAB. Silakan simak secara singkatnya di dalam tabel dan pembahasannya berikut ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping

Performa memadai dari UNISOC T310

Kapasitas memori lega dengan slot microSD

Kualitas speaker dan mikrofon kurang baik

Mendukung konektivitas LTE dan WiFi

Tidak mendukung stylus pen

Ketahanan baterai cukup awet

Desain standar nan ergonomis

Spesifikasi Advan XTAB

Advan XTab
Layar IPS LCD 8 inci
Chipset UNISOC Tiger T310
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Po 4000 mAh

Kelebihan Advan XTAB

Dengan nilai nan cukup murah ialah sekitar Rp1 jutaan saja, terdapat beberapa perihal menarik dari Advan XTAB ini. Silakan simak beberapa daftar kelebihannya berikut ini.

1. Performa Memadai dari UNISOC T310

Unisoc Tiger T310

Sebagai tablet nan berada di segmen nilai murah, Advan hanya menyematkan chipset untuk menunjang aktivitas harian saja pada Advan XTAB. Pilihannya bukan SoC (system-on-chip) dari MediaTek ataupun Qualcomm, tapi dari UNISOC ialah Tiger T310. Meski begitu, chipset ini jadi salah satu chipset nan sudah cukup baik di kelas harganya.

Unisoc Tiger T310 merupakan chipset khusus smartphone dan tablet entry-level yang dirilis pada 2019 silam. Chipset ini dibangun atas proses fabrikasi 12 nanometer dengan konfigurasi prosesor empat inti, alias nan biasa disebut quad-core.

Keempat inti tersebut terbagi dalam dua klaster nan berbeda. Klaster pertama diisi oleh dua core Cortex A75 (2.0 GHz) untuk performanya. Sedangkan klaster kedua diisi oleh dua core Cortex A55 (1.8 GHz) untuk efisiensi dayanya. Chipset ini didukung oleh kartu pengolah skematis alias GPU Mali G71 MP2 dengan gelombang 770 MHz.

Performa dari UNISOC Tiger T310 sudah cukup baik untuk tablet di kelas nilai Rp1 jutaan. Bahkan, tablet Advan lainnya ialah Advan Tab Sketsa 2 nan punya nilai Rp2 jutaan menggunakan chipset nan sama.

Meski hanya mendatangkan konfigurasi quad-core, keberadaan Cortex A75 membuatnya sanggup menjalankan beragam game modern nan memerlukan keahlian skematis lumayan, sebut saja Mobile Legends dan PUBG Mobile.

Berdasarkan pengetesan nan dilakukan oleh Review Gadget dalam videonya, Advan XTAB ini bisa memainkan Mobile Legends dengan lancar pada setelan diagram smooth dengan refresh rate high.

2. Kapasitas Memori Lega dengan Slot MicroSD

Advan XTAB

Salah satu sektor nan menunjang performa dari chipset UNISOC T310 milik Advan XTAB adalah kapabilitas memorinya nan lega. Hal ini cukup menarik lantaran pada umumnya, tablet di kelas entry dengan nilai terjangkau tidak dibekali memori luas. Alasannya adalah lantaran tablet di kelas tersebut hanya bakal jadi perangkat pendukung saja.

Advan XTAB menawarkan kapabilitas RAM 4 GB berjenis LPDDR4x. Menariknya, tablet ini menawarkan Extended RAM nan berkarakter virtual hingga 3 GB. Dengan begitu, total RAM nan bisa dinikmati adalah 7 GB.

Kapasitas RAM tersebut bakal dikombinasikan dengan memori internal berkapasitas 4 GB. Jenis memori nan digunakan tetap eMMC 5.1, tapi itu wajar untuk kelas harganya. Menariknya, tablet ini tetap menawarkan slot microSD untuk memperluas kapabilitas memorinya hingga 64 GB.

Sayangnya, bukan slot unik nan ditawarkan oleh Advan XTAB untuk microSD, melainkan hybrid. Hal ini lantaran hanya ada dua slot saja nan bisa digunakan untuk satu kartu SIM dan microSD, alias dua kartu SIM tanpa microSD.

3. Mendukung Konektivitas LTE dan WiFi

Advan XTAB

UNISOC Tiger T310 merupakan salah satu chipset yang melangkah pada konektivitas LTE/4G. Jenis modem nan digunakannya ialah LTE-7 dengan maksimal kecepatan unduhan sebesar 300 Mbps dengan kecepatan unggahan hingga 150 Mbps.

Berkat chipset ini, Advan XTAB menawarkan slot dual-SIM Card agar bisa terhubung dengan jaringan 4G di mana saja dan kapan saja. Anda juga bisa memilih untuk menggunakan dua kartu SIM sekaligus alias satu kartu SIM dan microSD agar kapabilitas memorinya bisa jadi lebih lega.

Advan XTAB ini juga menawarkan penggunaan WiFi dengan WiFi 802.11a/b/g/n/ac. Jenis WiFi ini bisa menghubungkan tablet dengan pita jaringan WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz, tergantung dari router nan digunakan. Dengan kombinasi sarana jaringan tersebut, Advan XTAB bakal selalu jadi kawan berselancar nan setia di mana pun Anda berada.

4. Layar Lebar nan Pas

Advan XTAB

Sebagai tablet, Advan XTAB mempunyai ukuran layar nan lebih lebar dibandingkan sebuah HP. Namun, ukurannya tidak selebar tablet pada umumnya ialah hanya sekitar 8 inci saja. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk digenggam apalagi jika tetap menggunakan satu tangan saja.

Jenis panel nan digunakannya tetap IPS LCD dengan resolusi HD+ alias 800 x 1280 piksel. Kualitasnya ini sudah cukup baik untuk aktivitas harian seperti menonton, scrolling, alias apalagi bermain game.

Selain itu, Advan XTAB juga menawarkan aktivitas multitasking nan cukup baik. Pasalnya, layarnya ini sudah mendukung multi-touch hingga 5 poin sentuhan. Bermain game seperti Mobile Legends pun sudah cukup nyaman.

Sayangnya, pergerakan animasi nan ditampilkannya ini tetap terasa kaku. Refresh rate nan disematkan hanya 60 Hz saja. Namun, perbedaan ini bakal Anda rasakan jika sebelumnya Anda terbiasa dengan refresh rate 120 Hz. Jika tetap di nomor 90 Hz apalagi 60 Hz, tidak ada perbedaan signifikan nan dirasakan.

Untuk aktivitas intermezo seperti menonton, layarnya ini sudah mendukung Widevine L3. Artinya, Anda bisa menonton atau streaming video di platform seperti Netflix dengan kualitas 540p.

5. Ketahanan Baterai Cukup Awet

Advan XTAB

Advan XTAB memang hanya dibekali baterai dengan kapabilitas 4000 mAh saja. Kapasitas ini tentu saja cukup mini untuk sebuah tablet nan mempunyai ukuran bodi besar. Bahkan, kapabilitas baterai standar untuk HP saja berada di nomor 5000 mAh.

Meski begitu, rupanya ketahanan baterai nan dimiliki Advan XTAB ini sudah cukup baik. Hal ini mungkin dipengaruhi sektor lain nan bisa dibilang irit daya. Misalnya chipset UNISOC T310 nan punya efisiensi daya cukup baik, serta refresh rate mini 60 Hz dengan kecerahan layar rendah.

Review Gadget dalam videonya juga menyebut bahwa Advan XTAB ini bisa memperkuat cukup lama ialah hingga 13 jam 24 menit. Skor ini diambil berasas pengetesan menggunakan BenchMark Work 3.0 Battery Life.

Namun, ketahanan baterai nan diberikan tentu tidak bakal sekonsisten itu. Ketahanannya bakal dipengaruhi dengan jenis aktivitas nan dilakukan, apakah hanya aktivitas ringan saja alias dipakai bermain game.

6. Desain Standar nan Ergonomis

Advan XTAB

Desain tablet di level Rp1 jutaan memang tidak ditujukan untuk mengejar sisi estetika. Itulah kenapa Advan XTAB tetap mempunyai bingkai layar nan cukup tebal. Selain itu, material bodi tablet ini juga bukan aluminium, melainkan plastik polikarbonat.

Sektor kreasi pada Advan XTAB lebih ditujukan untuk memenuhi perihal nan fungsional alias ergonomi. Bagian tepi dan rangka nan membulat alias melengkung memberi agunan kenyamanan genggam bagi penggunanya.

Selain itu, penutup belakang tablet ini mempunyai tekstur garis-garis dan finishing matte nan membuatnya tidak licin saat dicengkeram. Penutup belakang tersebut juga mempunyai pola garis selang-seling, sehingga penampilannya tidak monoton. Selain itu, finishing ini juga membuatnya tidak mudah meninggalkan noda sidik jari.

Di sisi lain, Advan XTAB mempunyai ukuran dimensi 211 x 124 x 9.7 mm. Sedangkan untuk bobotnya ialah 351 gram. Advan hanya menawarkan satu jenis warna saja ialah Hitam.

Kekurangan Advan XTAB

Advan XTAB memang dibekali beberapa kelebihan nan cukup menarik dengan harganya nan sangat murah. Namun, tablet ini juga mempunyai beberapa kekurangan nan mesti diperhatikan. Silakan simak daftar kekurangan Advan XTAB berikut ini.

1. Konfigurasi Kamera Minim

Advan XTAB

Tampaknya, tablet Advan XTAB ini memang tidak diperuntukkan sebagai sebuah perangkat untuk fotografi nan unggul. Sebab, dia mempunyai spesifikasi kamera nan terbilang sederhana untuk di kelas harganya, apalagi sebagai sebuah tablet.

Di bagian belakang, Advan XTAB dibekali kamera 5 MP nan disertai LED Flash untuk membantu pencahayaannya. Sedangkan di bagian depannya, dibekali kamera selfie beresolusi 2 MP saja untuk menunjang aktivitas selfie alias panggilan video saat online meeting.

Walaupun spesifikasi kameranya condong biasa saja, setidaknya tablet ini tetap bisa menghasilkan kualitas foto nan passable, namalain tidak burik-burik amat. Namun, jika untuk hasil foto profesional, tampaknya Anda perlu mencari tablet lain dengan kamera nan lebih bagus.

2. Kualitas Speaker dan Mikrofon Kurang Baik

Advan XTAB

Kekurangan lainnya dari Advan XTAB ini adalah kualitas speaker dan mikrofonnya nan kurang baik. Pasalnya, tablet satu ini hanya dibekali satu lubang speaker alias mono saja di bagian bawah. Hal ini mungkin bakal sedikit mengganggu Anda saat sedang menonton alias bermain game.

Selain itu, kualitas mikrofon nan dimilikinya juga sama kurang baiknya. Saat merekam video alias hanya bunyi saja, tablet ini kurang bisa menangkap bunyi dengan jernih.

Meski begitu, Advan XTAB tampak sudah menyediakan solusi alias pengganti untuk mengatasi perihal ini. Yaitu dengan tetap menyediakan port audio jack 3,5 mm di bodinya. Anda bisa menggunakan earphone saat menonton alias melakukan panggilan video agar suaranya terdengar lebih baik, serta mikrofon nan lebih dekat dan jelas.

3. Tidak Mendukung Stylus Pen

Advan XTAB

Advan XTAB pada dasarnya tidak mendukung pena stylus. Fitur tersebut umumnya memang hanya ada di tablet-tablet dengan nilai nan lebih mahal. Maka, wajar jika Advan XTAB dan tablet lain nan punya nilai Rp1 jutaan tak belum mendapat support stylus pen.

Namun, Anda bisa menemukan banyak stylus konvensional nan bisa digunakan untuk semua perangkat di beragam toko online. Hanya saja, kecermatan dan kompatibilitasnya patut dipertanyakan. Bisa jadi Anda membeli stylus yang tak lezat dipakai buat Advan XTAB ini.

4. Minim Sensor

Advan XTAB

Salah satu perihal nan cukup disayangkan dari Advan XTAB ini adalah minimnya sensor nan disematkan. Tablet ini hanya mempunyai satu sensor saja ialah akselerometer. Sensor ini biasanya digunakan untuk mengubah secara otomatis tampilan layar dari portrait ke landscape alias sebaliknya sesuai posisi tablet.

Selain itu, tidak ada sensor lain nan disematkan, apalagi fingerprint alias biometric. Hal ini membuatnya tidak bisa dibuka secara sigap dengan pemindai sidik jari ataupun muka. 

Sebenarnya, Advan XTAB ini sudah dibekali fitur GPS untuk menunjukkan lokasi. Namun, absennya sensor kompas membikin fitur tersebut tidak bisa bekerja secara optimal. Apalagi jika digunakan untuk menunjukkan arah saat berkendara.

Simpulan

Advan XTAB menjadi salah satu tablet murah milik Advan dengan harganya nan hanya Rp1 jutaan saja. Tablet ini cocok untuk aktivitas ringan harian alias apalagi untuk belajar online. Salah satu kelebihan dari tablet ini adalah penggunaan chipset UNISOC T310 nan cukup oke di kelas harganya.

Bahkan, Anda juga bisa memainkan beberapa game terkenal dengan lancar seperti Mobile Legends. Kapasitas memori nan luas menjadi salah satu sektor nan memengaruhi kemampuannya dalam mendapatkan performa optimal.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati jaringan internet di manapun lantaran sudah mendukung jaringan LTE/4G. Ketahanan baterainya pun sudah cukup baik, meski kapasitasnya berada di bawah standar baterai HP sekalipun.

Meski begitu, Advan XTAB tetap mempunyai beberapa kekurangan, seperti kualitas kamera nan biasa saja, speaker dan mikrofon kurang baik, hingga minimnya sensor nan ditawarkan. Nah, setelah memandang beberapa kelebihan dan kekurangannya, apakah Anda tetap tertarik dengan Advan XTAB? Tulis jawaban dan argumen Anda di kolom komentar, ya.

Selengkapnya
Sumber Info Teknologi
Info Teknologi