7 Kelebihan Dan Kekurangan Realme 12 5g

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

realme Indonesia merilis realme 12 5G sebagai pelengkap dari realme 12 series. realme 12 5G datang di pasar Tanah Air pada 21 Maret 2024 pada rentang nilai mid-range, ialah Rp3 ju5aan.

Sebelumnya, realme 12+ dan realme 12 Pro+ sudah duluan rilis di Indonesia pada 29 Februari 2024. Dengan hadirnya realme 12 5G, pengguna diberikan opsi tambahan agar dapat mencicipi kreasi keren di seri ini tanpa keluar banyak biaya.

Daya pikat pada realme 12 5G terletak pada desain, kamera, dan juga performa. Tampilannya mengikuti jejak kedua kakaknya, ialah realme 12 Plus dan Pro+, nan terinspirasi dari model arloji trendi dan mewah. Berikut kelebihan dan kekurangannya secara sekilas dalam corak tabel.

*Tabel ini bisa digeser ke samping

Desain unik nan terinspirasi dari arloji mewah, punya tombol unik "Dynamic Button"

Ada fitur IP54, NFC, dan Mini Capsule 2.0 nan tidak sekadar gimmick

Dukungan resolusi perekaman video nan minim

Tawarkan performa kencang dengan chipset Dimensity 6100+

Tanpa layar AMOLED, perlu jadi pertimbangan

Kamera 108 MP Mmutakhir, hasil jepretan jernih

Layar lebar 6,72 Inci, hadirkan refresh rate 120 Hz nan mulus

Punya stereo speaker dengan bunyi memadai

Daya tahan baterai nan oke dan support pengisian sigap 45 watt

Menyongsong kelas menengah, realme 12 5G adalah produk nan cocok untuk memenuhi kebutuhan anak muda. Terutama, bagi mereka nan senang fotografi. Adapun penjelasan lebih komplit perihal kelebihan dan kekurangan realme 12 5G bisa disimak berikut ini.

Spesifikasi realme 12 5G

realme 12 5G
Layar IPS LCD 6.72 inci
Chipset MediaTek Dimensity 6100+
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh

Kelebihan realme 12 5G

realme 12 5G adalah smartphone nan Anda butuhkan jika Anda mau memerlukan kreasi nan unik dan menonjol. Simak beberapa kelebihan utamanya berikut ini.

1. Desain Khas nan Terinspirasi dari Jam Tangan Mewah, Punya Tombol Unik "Dynamic Button"

realme 12 5g kreasi tahan air_

Mirip dengan realme 12 Pro 5G dan Pro+ 5G, tampilan bodi belakang realme 12 5G juga tampak menyerupai arloji mewah. Bedanya, modul kamera HP ini lebih mini meski sama-sama berbentuk bulat dan disimpan di tengah.

Bodi belakang tidak menggunakan bahan kulit imitasi seperti dua kakaknya, namun tetap menghadirkan 500 pola nuansa sinar mentari untuk menyamai pengaruh lempengan arloji mewah.

Di bawah camera island, terdapat garis memanjang vertikal nan mencapai ujung bawah ponsel. Garis tersebut diberikan pola permata sehingga mirip seperti tali luxury watch.

realme 12 5g kreasi 4_Modul kamera bergradasi, aksen visual garis menyerupai tali arloji mewah, dan bodi nan ramping adalah sederet kualitas kreasi realme 12 5G

Tampilan kreasi realme 12 5G cukup unik lantaran mirip seperti realme 12 Pro dan Pro+. Pasalnya, berkaca pada setahun sebelumnya, realme 11 4G dan 5G membawakan kreasi nan sama sekali berbeda dengan jenis Pro dan Pro+.

realme 12 5G hanya mempunyai ketebalan 7,7 mm, serta berat sebesar 188 gram. Lebih ramping dan ringan dibanding realme 11 5G dengan ketebalan 8,1 mm dan berat 190 gram.

Sisi samping bodi menggunakan bahan material metal, serta menampung sensor sidik jari nan menyatu dengan tombol daya. Tombol ini juga dinamakan Dynamic Button, dapat dipetakan pada beragam perintah seperti mengaktifkan mode senyap dan membuka aplikasi kamera.

Menurut Croma.com, rangka metal tersebut mudah dihinggapi noda sidik jari. Tapi ini bisa diatasi dengan menggunakan casing transparan.

Modul kamera HP ini juga disebut-sebut tidak terlalu tebal dan menonjol, sehingga tetap bisa ditaruh di atas meja tanpa cemas goyang-goyang.

2. Ada Fitur IP54, NFC, dan Mini Capsule 2.0 nan Tidak Sekadar Gimmick

realme 12 5G

Sebagai fitur pertahanan, realme 12 5G dibekali sertifikasi IP54 nan membuatnya tahan terhadap debu dan percikan air dari segala sisi, misalnya seperti gerimis alias tetesan air minum.

Kehadiran IP54 ini membikin realme 12 5G jadi opsi menarik bagi mereka nan butuh ponsel dengan tahan cipratan air. Namun, ingat yah, ini hanya IP54, bukan IP67 alias IP68. Jadi, jangan dicoba-coba untuk dites di kedalaman air.

Kehadiran IP54 ini jelas membikin realme 12 5G tergolong menarik.

realme 12 5G juga tidak ketinggalan dengan fitur nan banyak dibutuhkan, NFC. nan menarik, realme 12 5G di beberapa negara justru tidak datang dengan NFC. Berbeda dengan jenis Indonesia, nan punya fitur NFC. Salut buat realme Indonesia nan justru menghadirkan fitur NFC di realme 12 5G.

realme 12 5G namun dibekali serangkaian konektivitas lain nan cukup lengkap, seperti 5G, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.2, port USB-C 2.0, serta sensor nan komplit (giroskop, kompas, proksimitas, akselerometer).

Selain sertifikasi IP5, NFC, dan sensor lengkap, realme 12 5G datang dengan fitur Mini Capsule. Fitur ini pertama kali dihadirkan di realme C series. Waktu awal rilis di seri C, fitur nan mirip dengan "Dynamic Island" iPhone 15 series ini terasa seperti gimmick.

realme 12 5G

Mini Capsule di realme 12 5G sekarang lebih berfaedah lantaran sudah jenis 2.0. Menurut Irfan Hilmy dari kanal YouTube GontaGantiHape, Mini Capsule 2.0 di realme 12 5G tidak hanya menampilkan info saja. Fitur ini juga bisa menerima input seperti tap dan playback musik.

Bisa dibilang, fiturnya semakin berguna. Selain itu, fitur ini bisa menampilkan info nan lebih beragam seperti status pengecasan, info baterai lemah, alias penggunaan data.

3. Tawarkan Performa Kencang dengan Chipset Dimensity 6100+

dimensity 6100 Plus

realme 12 5G tidak mengalami peningkatan chipset dari pendahulunya, realme 11 5G. Keduanya kompak menggunakan Dimensity 6100+ buatan MediaTek, chipset kencang nan dirancang untuk ponsel kelas nilai menengah (mid-range).

Chip tersebut dibangun pada manufaktur 6 nm dari pabrikan TSMC. Terdapat delapan unit prosesor (CPU) nan terdiri atas klaster big core Cortex A76 (2.2 GHz) dan little core Cortex A55 (2.0 GHz). Dua klaster ini disusun pada susunan 2 + 6.

Pada keahlian grafisnya, chipset menggunakan GPU Mali G57 MC2 nan melangkah pada gelombang 950 MHz. Adapun support memorinya mencakup jenis LPDDR4x 2133 MHz dengan bandwidth mencapai 17,07 Gbit/s. Aktivitas multi-tasking dapat melangkah lebih lancar.

Di sektor kamera, chip mendukung resolusi 108 MP dengan tambahan fitur AI Cam dan AI Color serta bokeh. Kamera juga dapat merekam di resolusi 2K 30 FPS. Dimensity 6100+ mendukung layar Full HD+ sekaligus dengan refresh rate 120 Hz. Kecepatan unduhan pada modem 5G-nya bisa mencapai 3.300 Mbps.

Dilansir dari Nano Review pada Maret 2024, Dimensity 6100+ hadirkan skor AnTuTu v10 sebesar 408.727 poin. Tapi skor ini kembali lagi ke masing-masiing smartphone nan terpasang dengan chip tersebut.

Jika menilik pada laman Kimovil, realme 12 5G disebut mendapatkan skor AnTuTu v10 sebesar 442.599 poin. Sedikit lebih tinggi dari rata-rata HP lain nan menggunakan chipset sama.

Varian RAM 8 GB dan storage 256 GB pada HP ini menunjukkan pengalaman gaming nan lancar, dilansir dari Croma.com. Laman tersebut menyebut realme 12 5G dapat memainkan Call of Duty Mobile dan BGMI (game sejenis PUBG Mobile) tanpa lagging pada pengaturan skematis Medium.

Berdasarkan laman Cashify, realme 12 5G diketahui meraih skor AnTuTu v10 sebesar 418.159 poin. Ponsel ini juga mendapatkan skor Geekbench 6 sebesar 728 poin (single-core) dan 1.944 poin (multi-core).

Pengalaman sehari-hari juga melangkah dengan cukup memuaskan. RAM 8 GB pada HP ini sungguh dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan mulus, cocok untuk nan suka melakukan multi-tasking.

Tidak diketahui pasti gimana pengalamannya saat memainkan Genshin Impact. Saat tulisan ini ditulis (awal Maret 2024), saya belum menemukan video uji Genshin Impact pada realme 12 5G. Namun jika menilik pada HP lain dengan skor AnTuTu v10 nan sama, saya percaya ponsel ini bisa raih frame rate 30-an FPS lebih pada pengaturan Lowest.

4. Kamera 108 MP Mutakhir, Hasil Jepretan Jernih

realme 12 5g kreasi 2_

realme 12 5G dilengkapi kamera utama 108 MP dengan keahlian pembesaran lossless hingga 3x. Karena dapat hasilkan foto dengan resolusi tinggi, maka kamera dapat melakukan cropping di bagian tengah dengan ketajaman nan baik.

Kamera mempunyai ukuran sensor 1/1.67 inci serta menggunakan teknologi pixel binning 9-in-1. Dengan menggabungkan sembilan piksel berdekatan, kamera dapat menyerap lebih banyak sinar untuk kemudian menghasilkan gambar dengan kualitas lebih jernih.

Ponsel ini dapat mengenali hingga 10 wajah berbeda di saat bersamaan, sehingga pengambilan foto portrait grup tidak bakal menyisakan satu wajah pun untuk terlihat blur.

realme 12 5G turut jalin kerja sama dengan Claudio Miranda untuk menghasilkan tiga filter unik nan terinspirasi dari movie ikonik. Filter-filter ini bakal membikin hasil foto terlihat sinematik dari sisi tone, gaya, dan warna.

Selain kamera utama 108 MP, ponsel ini juga hadirkan sensor kedalaman beresolusi 2 MP f/2.4. Namun sebaiknya kamera ini cukup dianggap sebagai hiasan saja. Berikut ini adalah beberapa sampel fotonya.

Pada laman resmi realme 12 5G, terlihat bahwa hasil foto dari HP ini lebih bagus dari pesaingnya di kelas nilai nan sama, ialah "Note 13". Kalau saya boleh menebak, tampaknya istilah tersebut merujuk pada Redmi Note 13 nan waktu perilisannya tidak jauh berbeda dengan realme 12 5G.

Menurut pengamatan saya, sampel di atas menunjukkan kecerahan nan baik serta perincian nan memukau. Efek bokehnya diaplikasikan dengan rapi. Langit biru juga terpampang dengan jelas.

5. Layar Lebar 6,72 Inci, Hadirkan Refresh Rate 120 Hz nan Mulus

realme 12 5g desain_

Tidak heran realme mengaitkan layar di HP ini dengan julukan "Big meets smooth". Sebab, ukuran layarnya nan 6,7 inci Full HD+ berdesain punch hole memang dapat berikan tampilan nan luas dan impresif.

Rasio bodi ke layarnya pun mencapai 91,4 persen, menandakan bahwa bezel di sekelilingnya dirancang dengan tipis agar tidak menghalangi pandangan pengguna.

Layar smartphone mendukung tampilan 16,7 juta warna nan terasa cukup untuk berikan visual memukau, seperti ketika bermain game alias menonton film.

Adapun refresh rate layarnya mencapai hingga 120 Hz guna tampilkan pergeseran mulus saat navigasi antarmuka. Kendati tidak sebaik panel LTPO pada sejumlah HP flagship, realme telah sematkan 6 tingkatan refresh rate bergerak nan dapat mengenali skenario penggunaan untuk daya tahan baterai optimal.

Saat menjelajahi antarmuka sistem, realme 12 5G mencapai 120 Hz. Sementara saat memutar video, refresh rate-nya menurun jadi 50 alias 48 Hz. Ponsel juga menerapkan laju standar 60 Hz saat membaca, 45 Hz ketika layar statis, serta 90 Hz saat membaca info stream.

realme 12 5G juga bisa dipakai di luar ruangan pada siang hari dengan nyaman. Ini dikarenakan, layar mencapai kecerahan puncak (peak brightness) hingga 950 nit. Untuk seukuran layar IPS LCD, kecerahan ini tergolong terang.

Laporan dari Croma.com menyatakan layar menampilkan teks dengan tajam. Terdapat juga fitur Extra Brightness untuk meningkatkan kecerahan layar melampaui pemisah maksimalnya. Cocok untuk penggunaan di siang hari.

6. Punya Stereo Speaker dengan Suara Memadai

realme 12 5g kreasi 3_

Dengan dua speaker, realme 12 5G dapat menghasilkan audio spasial nan lebih jelas. Dibandingkan HP dengan mono speaker, HP ini dapat memberikan pengaruh separasi bunyi nan lebih kentara antara kanal kiri dan kanan.

Speaker pada realme 12 5G mengusung teknologi pemrosesan Hi-Res Audio untuk meningkatkan kejernihan suara. Di kala mau mendengarkan lagu dengan lebih fokus, pengguna bisa hubungkan kabel earphone ke lubang 3.5 mm jack nan tersedia.

7. Daya Tahan Baterai Oke dan Pengisian Cepat 45 watt

realme 12 5G

Kapasitas baterai 5.000 mAh pada realme 12 5G bisa memperkuat hingga seharian. Mengingat chip pada HP ini punya fabrikasi 6 nm, efisiensi dayanya pun sangat tinggi dan tidak makan banyak daya.

Pada kondisi penuh, HP ini dapat menunjang pemutaran video selama 2 jam, bermain game selama 1 jam, serta pengambilan gambar berlanjut-lanjut hingga 2 jam. Setelah sederet aktivitas ini dilakukan, baterai tetap tersisa 60 persen, dilansir dari Croma.com.

Charger 45 W SuperVOOC juga turut datang pada paket penjualan ponsel, diklaim dapat mengisi daya dari 1-50 persen dalam 30 menit. Tidak ada wireless charging pada HP ini, wajar untuk ponsel di nilai mid-range.

Kendati tergolong cepat, daya 45 watt tersebut adalah hasil penurunan dari daya 67 watt nan dimiliki realme 11 5G. Entah apa nan membikin realme memutuskan menurunkan besaran daya, kemungkinan lantaran mau jaga kesehatan baterai lebih awet alias untuk mengurangi biaya produksi.

Kekurangan realme 12 5G

Mengingat persaingan nan sengit di nilai mid-range, realme 12 5G mempunyai sejumlah kekurangan nan cukup disayangkan ialah sebagai berikut.

1. Tanpa Kamera Ultrawide

realme 12 5g kreasi 5_

Kamera realme 12 5G memang bagus, tapi mempunyai beberapa kekurangan. nan pertama, konfigurasi kamera HP ini sama persis dengan realme 11 5G, tidak ada peningkatan sama sekali. nan kedua, ponsel ini tidak mempunyai kamera ultrawide untuk menangkap gambar pada bagian pandang luas.

Menilik pada HP Rp2-3 jutaan di pasar Indonesia, rata-rata sudah pakai kamera ultrawide. Namun nan saya sadari belakangan ini adalah vendor smartphone mulai jarang hadirkan ultrawide di rentang nilai Rp2-3 jutaan paska era COVID (atau tepatnya, paska rumor kelangkaan chipset global).

realme, OPPO, dan Infinix adalah dua brand nan mulai jarang berikan kamera ultrawide di nilai murah. Beda halnya dengan Xiaomi nan tetap konsisten hadirkan ultrawide di nilai murah, seperti Redmi 12 dan Redmi Note 12.

2. Dukungan Resolusi Perekaman Video nan Minim

realme 12 5g featured image_

Selain absennya kamera ultrawide, HP ini juga tidak mendukung perekaman video 4K maupun 1080p di 60 FPS. Padahal, dua fitur ini diperlukan untuk hasilkan video bening dan mulus pada Instagram, WhatsApp, dan TikTok.

Dengan support resolusi kamera belakang nan mentok di 1080p 30 FPS, pengguna mesti cari langkah agar unggahan videonya ke medsos tetap bagus dan layak ditonton.

3. Tanpa Layar AMOLED, Perlu Jadi Pertimbangan

realme 12 5g layar_

Kendati tampilan layarnya bagus, realme 12 5G belum menyajikan panel AMOLED nan dapat tampilkan konten dengan lebih cerah. Panel AMOLED selalu menjadi sebuah fitur nan tampak mewah, lantaran mulanya hanya bisa dimiliki oleh ponsel dengan nilai tinggi.

Sudah begitu banyak HP Rp2 jutaan nan menggunakan panel AMOLED seperti itel S23+, Redmi Note 12, serta Infinix Note 12 2023. Sejumlah kelebihan memakai layar AMOLED mencakup tingginya kontras rasio saat menonton film, mengurangi konsumsi baterai, hingga menampilkan warna nan lebih terang.

Kendati ada bagusnya, kekurangan HP dengan layar AMOLED adalah kecenderungannya untuk mengalami rumor lightsaber dan burn-in.

Simpulan

realme 12 5G mempunyai nilai rilis di India sebesar 16.999 rupee (Rp3,2 jutaan) untuk jenis RAM 6 GB/128 GB dan 17.999 rupee (Rp3,4 jutaan) untuk jenis RAM 8 GB/128 GB.

Dengan nilai tersebut, Anda bisa mendapatkan ponsel dengan kreasi premium, performa kencang, serta kamera nan bagus untuk pengambilan gambar jarak jauh. Tapi, realme 12 5G tetap jauh dari kata sempurna lantaran tidak mempunyai kamera ultrawide serta fitur NFC di kelas nilai mid-range.

Alternatifnya, Anda bisa memilih realme 12 Plus dan realme 12 Pro+ nan punya nilai lebih mahal namun fitur nan lebih mumpuni. Atau, jika perlu HP keluaran 2024 dengan nilai Rp3 jutaan lainnya, bisa pilih Samsung Galaxy A15 5G alias POCO X6 5G.

Selengkapnya
Sumber Info Teknologi
Info Teknologi