8 Kelebihan Dan Kekurangan Iqoo Z9, Tidak Hanya Untuk Gaming!

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Kelebihan dan Kekurangan IQOO Z9 - Header

Kincaimedia – Jika memerlukan sebuah ponsel nan bisa memberikan pengalaman bermain game lebih baik, iQOO Z9 nan telah meluncur dapat menjadi salah satu pilihan menarik untuk dipertimbangkan.

Perangkat menengah tersebut dapat dipinang dengan nilai lumayan terjangkau. Tergantung pada jenis memori nan dipilih, kita hanya perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp3.999.000 untuk membawanya pulang ke rumah.

Di samping itu, perangkat tersebut juga membawa spesifikasi unik iQOO nan mengedepankan sektor keahlian maupun fitur untuk bermain game sebagai unggulan. Kita tentu bisa mempertimbangkannya walaupun tetap mempunyai beberapa kekurangan.

Kelebihan iQOO Z9

1. Layar Menawan

Bagian layar menjadi salah satu kelebihan nan ditawarkan oleh iQOO Z9. Perangkat tersebut tidak hanya menggunakan teknologi panel nan tergolong sangat baik di kelasnya, melainkan juga menawarkan resolusi maupun pengaturan refresh rate di atas rata-rata.

Layar iQOO Z9 sudah menggunakan panel AMOLED nan diklaim bisa menangani tingkat kecerahan maksimal hingga 4.500 nits. Menjanjikan tayangan konten nan senantiasa dapat terlihat jelas di beragam macam kondisi pencahayaan.

Membentang hingga seluas 6,78 inci, layar iQOO Z9 mempunyai resolusi gambar hingga 1,5K (2800 × 1260 piksel). Tampilan gambar saat bermain game alias sekadar menonton video bakal terlihat secara lebih sempurna dengan menggunakannya.

Belum lagi, pengaturan refresh rate panel iQOO Z9 bisa sampai 144Hz. Animasi dari konten game maupun video bakal ditayangkan secara lebih mulus sehingga pergerakan karakter alias perpindahan setiap segmen bisa terlihat lebih mengalir.

Kita nan doyan bermain game dengan lama lama pun tak perlu khawatir. Layar iQOO Z9 mendukung gelombang PWM sangat tinggi serta sudah mendapat sertifikasi dari SGS untuk Low Blue Light dan Low Flicker nan bakal memastikan mata pengguna tetap nyaman.

2. Kinerja Mumpuni

Seperti apa nan sudah disinggung di bagian atas, sektor keahlian juga menjadi kelebihan utama dari perangkat menengah tersebut. iQOO Z9 telah dilengkapi dengan chipset generasi baru berjulukan Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3.

Diproses menggunakan manufaktur 4nm dengan pedoman inti ARM Cortex-A715 dan ARM Cortex-A510, chipset ini menawarkan keahlian tinggi dan efisien. Skor pengetesan AnTuTu untuknya apalagi tercatat bisa menembus nomor lebih dari 820 ribuan.

Pihak iQOO menggabungkan chipset ini dengan RAM dan media penyimpanan internal nan sangat besar. Varian terendahnya apalagi sudah mengemas konfigurasi 8GB dan 128GB. Sementara jenis paling tinggi menawarkan hingga 12GB dan 256GB.

Untuk memastikan keahlian nan stabil apalagi saat digunakan dalam jangka waktu lama, iQOO Z9 juga dilengkapi dengan sistem pendingin nan baik. Perangkat tersebut mempunyai Vapor Chamber berukuran hingga seluas 6043 mm² nan dikombinasikan berbareng sembilan sensor pandai untuk pengendalian suhu.

3. Kamera Khas Sony

Meskipun dirancang dengan konsentrasi utama pada keahlian tinggi, iQOO Z9 menariknya tidak mengabaikan sektor kamera. Perangkat tersebut tetap dilengkapi dengan sensor utama nan tergolong sangat baik.

Dalam perihal ini, iQOO Z9 menggunakan Sony IMX882. Sensor berukuran ½ inci ini memungkinkan kameranya menghasilkan foto maupun video berbobot tinggi alias setidaknya sangat layak untuk dibagikan di media sosial.

4. Baterai dan Pengisian Daya Unggulan

Dengan banderol nilai kurang dari Rp5 juta, iQOO Z9 juga menawarkan baterai nan lebih besar daripada perangkat sekelasnya. Ponsel menengah tersebut mempunyai kapabilitas penyimpanan daya sampai 6.000mAh.

Pengguna pun tidak perlu cemas saat perangkat kehabisan daya. Meskipun berkapasitas besar, kita tidak perlu menunggu lama untuk melakukan pengisian lantaran iQOO Z9 sudah dilengkapi teknologi 80W FlashCharge.

Teknologi pengisian sigap ini memungkinkan kita menggunakan perangkat tanpa perlu menunggu lama. Kita misalnya hanya perlu mengisi selama 5 menit untuk melakukan panggilan telepon hingga 4 jam, 10 menit untuk mengakses media sosial hingga 5 jam, alias 15 menit untuk menonton hingga 6 jam.

Yang tak kalah menarik, iQOO Z9 juga menjanjikan sistem ketahanan baterai nan sangat baik. Kesehatan baterainya apalagi diklaim tidak bakal turun lebih dari 20 persen setelah perangkat digunakan selama empat tahun.

5. Bodi Tangguh

Menggunakan iQOO Z9 di beragam kondisi pun bisa dilakukan dengan tenang. Bodi perangkat tersebut dirancang untuk keandalan pemakaian nan tinggi. Salah satu di antaranya dibuktikan dengan hadirnya sertifikasi IP64.

Kelebihan dan Kekurangan IQOO Z9

Dibandingkan dengan perangkat di rentang harganya, sertifikasi IP64 tergolong sangat tinggi. Ini menunjukkan bahwa iQOO Z9 bisa lebih diandalkan saat digunakan pada beragam macam kondisi pemakaian seperti saat gerimis alias di lingkungan basah.

Ditambah lagi, iQOO Z9 juga sukses melewati beragam macam uji ketahanan nan sangat ketat sebelum didistribusikan. Termasuk di antaranya meliputi 32.000 kali tes jatuh dari ketinggian rendah, 300 kali tes jatuh berguling, alias 500 kali tes putaran bodi.

Kekurangan iQOO Z9

1. Kamera Kurang Lengkap

Sebagai perangkat menengah dengan banderol nilai Rp4 jutaan, iQOO Z9 sayangnya mempunyai beberapa kekurangan. Ponsel tersebut salah satunya tercatat membawa support kamera nan kurang lengkap.

Belum ada kamera ultrawide nan menawarkan pengambilan gambar dengan perspektif pandang lebih lebar untuk menghasilkan foto 0.5x. Kamera iQOO Z9 hanya dilengkapi dengan sensor kedalaman beresolusi 2MP sebagai tambahan.

Selain itu, kamera utamanya juga belum mendukung sensor OIS (Optical Image Stabilization). Kemampuan pengambilan gambar pada iQOO Z9 hanya bakal mengandalkan support EIS (Electronic Image Stabilization) sebagai stabilisasi.

2. Jack Audio dan Slot Kartu Eksternal Tidak Tersedia

Jack audio dan slot kartu eksternal juga sudah tidak tersedia lagi pada iQOO Z9. Kita nan tetap terbiasa dengan kedua support ini pun terpaksa menyesuaikan diri andaikan mau membeli perangkat tersebut.

Kita misalnya perlu membeli kabel konverter alias peranti bunyi nirkabel untuk mendengarkan musik, bermain game, alias menonton video. Kita juga perlu mengelola penggunaan info secara lebih baik agar ruang penyimpanan internal tidak sigap penuh.

3. Jaminan Pembaruan Tergolong Singkat

Jaminan pembaruan nan ditawarkan oleh iQOO Z9 juga lebih singkat jika dibandingkan dengan beberapa ponsel di kelasnya. Perangkat tersebut hanya menjanjikan dua kali pembaruan sistem operasi dan tiga tahun untuk keamanan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Kincaimedia nan aktif membikin konten tentang pedoman teknologi mulai dari langkah menggunakan hingga membahas istilah-istilah unik di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap