8 Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab Active5

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Pekerja lapangan perlu perangkat nan bisa diandalkan di beragam kondisi. Tahan debu dan air saja rasanya belum cukup. Mereka perlu perangkat nan tahan tumbukan serta bisa dioperasikan di kondisi ekstrem.

Salah satu perangkat nan bisa dipertimbangkan adalah tablet Samsung Galaxy Tab Active5. Tablet ini datang secara resmi di Indonesia per Maret 2024 nan dikhususkan untuk kebutuhan bisnis. Galaxy Tab Active 5 punya layar 8 inci nan menurut saya pas buat pekerja lapangan.

Ukuran tersebut cukup ideal di tangan, sehingga tidak mengganggu mobilitas. Ia juga punya beragam kelebihan nan cocok untuk aktivitas outdoor. Anda bisa mengintip kelebihan-kelebihan nan dimilikinya pada tabel berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping

Galaxy Tab Active5 rilis dengan nilai Rp8 jutaan. Harga nan tinggi untuk sebuah tablet dengan SoC Exynos 1380. Namun, tablet ini memang dihadirkan untuk kalangan bisnis. Tujuan utamanya untuk perusahaan nan mau membelikan perangkat bagi tenaga kerja untuk tugas lapangan.

Baca tulisan ini sampai akhir agar tahu kenapa tablet ini sepadan dengan harganya!

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab Active5

Samsung Galaxy Tab Active5
Layar PLS LCD 8 inci
Chipset Exynos 1380
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 5050 mAh

Kelebihan Samsung Galaxy Tab Active5

Berikut ini adalah delapan poin kelebihan Galaxy Tab Active5 nan saya rangkum. Seluruh nan dimiliki menndefinisikan seberapa worth it sang tablet.

1. Durabilitas Juara, Punya IP68

Galaxy Tab Active5 menggunakan material back cover polikarbonat. Material ini memang kalah elegan dibanding aluminium alias kaca. Namun, jika soal durabilitas, polikarbonat adalah juaranya.

Material ini menjadi argumen kenapa Galaxy Tab Active5 lolos sertifikasi ketahanan militer MIL-STD-810H. Sertifikasi tersebut salah satunya mencakup ketahanan terhadap benturan.

Menurut klaim Samsung, tablet ini tahan terhadap tumbukan ke permukaan keras dari ketinggian 1,5 m. Jika case bawaannya dipasang, dia tahan tumbukan dari ketinggian 1,8 m.

Selain tahan terhadap benturan, Galaxy Tab Active5 juga andal dioperasikan di kondisi ekstrem. Misalnya seperti lingkungan dengan kelembaban tinggi dengan suhu rendah. Tablet ini tentu saja juga mengantongi sertifikasi IP68.

Ia tahan debu dan tahan air tawar hingga kedalaman 1,5 selama 30 menit. Jika tablet ini kotor, jangan ragu untuk mencucinya pada air mengalir.

Terkait ergonomi, Galaxy Tab Active5 cukup nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Hal ini sebagaimana dinyatakan di kanal YouTube Fishbee Productions. Ukuran layar 8 inci terasa pas.

Permukaan bodi tablet ini juga tidak licin. Di bagian belakang dan frame terdapat garis-garis bertekstur nan menambah cengkeraman.

Beberapa perihal nan bisa Anda temukan dari Galaxy Tab Active5 adalah tiga tombol navigasi (recent apps, home, dan back) di sisi bawah layar. Tombol home di tablet ini berfaedah juga sebagai sensor sidik jari. Di sisi atas layar terdapat earpiece dan kamera depan.

Lanjut ke bagian frame, ada lubang mikrofon di sisi atas. Di sisi kanan terdapat active key, tombol volume, dan tombol power. Di sisi bawah ada lubang speaker, audio jack 3.5 mm, mikrofon, dan port USB C.

Di sisi kiri ada slot kartu microSD dan kartu SIM, serta port POGO Pin. Catatan nan menurut saya menarik dari kreasi bodi tablet ini adalah back cover bisa dilepas.

Sementara slot kartu SIM dan microSD pun bisa dilepas tanpa support jarum ejector. Anda dapat mencongkel slot tersebut cukup dengan kuku.

2. Layar Cerah, Mampu Respons Sentuhan Meski Pakai Sarung Tangan

Galaxy Tab Active5

Galaxy Tab Active 5 dibekali layar 8 inci dengan panel PLS LCD. Resolusi layar dengan rasio 16:10 ini adalah 1200 x 1920 piksel. Menggunakan panel PLS LCD bagi saya adalah keputusan tepat.

Pasalnya, PLS LCD tidak mempunyai akibat burn in seperti AMOLED. Hal ini membikin usia pakai tablet jadi panjang. Memang betul PLS LCD punya kualitas visual di bawah AMOLED. Namun, menurut kanal YouTube Fishbee Productions, kontras layar Galaxy Tab Active 5 sudah cukup baik.

Jadi untuk sekadar nonton video di YouTube bukan masalah. Tablet ini apalagi punya sertifikasi Widevine L1 nan membuatnya bisa memutar movie Netflix di HD ke atas.

PLS LCD sendiri merupakan panel layar besutan Samsung nan kualitasnya mirip dengan panel IPS.

Hal nan patut diapresiasi dari layar Galaxy Tab Active5 adalah sudah mendukung refresh rate 120 Hz. Refresh rate-nya meningkat pesat dari Galaxy Tab Active3 nan hanya 60 Hz. Dengan refresh rate tinggi, navigasi di layar tablet ini terasa lebih mulus.

Samsung bilang bahwa layar Galaxy Tab Active5 punya tingkat kecerahan 600 nit. Itu tandanya visibilitas layar tetap cukup terjaga saat digunakan di kondisi outdoor.

Satu fitur menarik dari layar tablet ini adalah bisa merespons sentuhan meski tangan menggunakan sarung tangan. Kemampuan satu ini sangat penting, karena sebagian pekerja tidak luput dari sarung tangan saat menjalankan tugasnya.

Kemampuan ini bisa didapat dengan meningkatkan sensitivitas layar tablet. Caranya ialah dengan masuk ke menu settings>display>touch sensitivity. Adapun layar Galaxy Tab Active5 mendukung navigasi dengan S Pen dan sudah dilapisi kaca perlindungan Gorilla Glass 5.

3. Performa Exynos 1380 nan Memadai

Galaxy Tab Active5

Dapur pacu Galaxy Tab Active5 diperkuat SoC Exynos 1380, RAM 6 GB, dan penyimpanan internal 128 GB. SoC tersebut sama dengan nan dipakai Samsung Galaxy A35 5G dan Galaxy A54 5G. Keduanya merupakan smartphone kelas menengah.

Sekilas soal komponennya, Exynos 1380, didukung delapan inti CPU. Formasi CPU-nya ialah empat inti Cortex-A78 (2,8 GHz) serta empat inti Cortex-A55 (2,0 GHz). GPU nan dipakai adalah Mali-G68 (lima inti; 950 MHz).

Exynos 1380 adalah SoC nan bagus di kelas menengah. Namun, sebagian dari Anda mungkin berpikiran bahwa SoC ini kurang sip mengingat banderol nilai Galaxy Tab Active5 nan nyaris Rp9 juta (saat rilis).

Saya pikir Anda perlu merevisi dugaan seperti itu lantaran sebuah perangkat nan utuh tidak dinilai dari SoC saja. Bagi saya pribadi, Exynos 1380 adalah SoC nan kompeten. Berdasarkan apa nan saya amati di kanal YouTube FishBee Productions dan SammyTabGuy, SoC 5 nm ini dapat hasilkan performa mantap.

Galaxy Tab Active5 terlihat gesit, baik saat navigasi, multi-tasking, hingga main gim. Dua kanal YouTube di atas memperlihatkan bahwa tablet ini bisa jalankan gim Asphalt 9 dengan lancar pada setelan skematis tertinggi.

Gameplay juga lancar saat tablet menjalankan PUBG Mobile pada setelan skematis "Balanced" dengan frame rate "Medium". Para pengulas merasa puas dengan performa Galaxy Tab Active5.

Bahkan, tablet ini memberikan rasa nyaman saat main gim berkah ukurannya nan tak besar. Selain itu, adanya bezel layar nan tebal bikin tangan punya sandaran, sehingga meminimalkan kejadian salah pencet. Adapun Galaxy Tab Active5 punya skor Geekbench 6 1015 pada skenario single-core dan 2913 di skenario multi-core.

4. Konektivitas dan Sensor Lengkap

Galaxy Tab Active5

Galaxy Tab Active5 punya konektivitas dan sensor nan lengkap. Untuk masalah konektivitas, tablet ini mendukung jaringan seluler 5G, WiFi 6, NFC. Audio jack pun tetap ada.

Keberadaan NFC membikin tablet ini bisa dipakai buat mengecek dan mengisi saldo kartu e-money. Sementara itu, sensor nan dimilikinya meliputi akselerometer, proksimitas, cahaya, kompas, giroskop, dan pemindai sidik jari (di tombol home).

5. Baterai Cukup Awet dan Bisa Diganti Sendiri

Galaxy Tab Active5

Galaxy Tab Active5 dibekali baterai 5050 mAh. Kapasitasnya nyaris mirip dengan smartphone 6,5 inci era sekarang. Karena itu, kapabilitas baterai si tablet relatif kecil.

Kendati demikian, berasas pengalaman kanal YouTube FishBee Productions, tablet ini bisa memperkuat 1-2 hari untuk penggunaan normal. Samsung mengeklaim bahwa Galaxy Tab Active5 bisa tahan 16 jam untuk memutar video lokal.

Baterai tablet ini disokong fast charging 15 Watt nan lama pengisiannya sekitar 2 jam (0-100 persen). Hal menarik dari baterai si tablet ialah Anda bisa menggantinya sendiri tanpa support teknisi.

Hal tersebut bisa Anda lakukan lantaran penutup belakang Galaxy Tab Active5 bisa dicopot dan baterainya tidak disolder. Mekanisme penutup belakang nan bisa dicopot dan baterai lepas-pasang sudah jarang ditemukan. Terlebih sejak seluruh smartphone mengadopsi konsep unibody.

Mekanisme baterai lepas-pasang menguntungkan pengguna. Sebab Anda bisa menyediakan baterai persediaan jika sewaktu-waktu diperlukan. Biaya perawatan juga jadi murah lantaran Anda tak perlu datang ke tempat servis untuk sekadar mengganti baterai.

Nah, nan unik dari Galaxy Tab Active5 adalah punya mode tanpa baterai. Anda bisa menyalakan tablet ini sekalipun baterai tidak terpasang, asalkan tersambung ke sumber daya. Sumber daya bisa dari power bank alias listrik rumah.

6. Fitur Fungsional: Active Key dan POGO Pin

Galaxy Tab Active5

Dari sekian fitur menarik nan ada pada Galaxy Tab Active5, ada dua nan perlu saya telaah di sini. Dua fitur itu adalah active key. Active key adalah tombol pintasan. Letaknya di sisi kanan tablet, mempunyai aksen hijau, dan ada di bawah tombol power.

Fungsi tombol ini ialah sebagai pintasan untuk membuka aplikasi tertentu. Anda bisa menyetel aplikasi apa nan dibuka sesuai preferensi. Maksimal dua aplikasi nan bisa dibuka. Sekali pencet untuk aplikasi pertama, dan pencet lama untuk aplikasi kedua.

Sementara itu, POGO pin adalah konektor berbentuk pin nan ada di sisi kiri tablet. Anda bisa menghubungkan beragam aksesori pada konektor tersebut. Misalnya seperti keyboard dan charger.

Fitur ini saya rasa krusial ketika tablet dipakai sebagai perangkat tetap seperti penampil info rekam medis, alias bisa juga sebagai GPS di mobil. Untuk dua skenario pemakaian tersebut, Idealnya tablet disandarkan pada docking charger dengan orientasi landscape (horizontal).

7. Upgrade OS 4 Kali

Galaxy Tab Active5

Laman resmi Samsung menyatakan bakal memberikan upgrade OS sebanyak 4 kali serta pembaruan security patch selama 5 tahun. Saat rilis, Galaxy Tab Active5 membawa sistem operasi Android 14 dengan antarmuka OneUI 6.

Dengan begitu, tablet ini siap mencicipi Android 18 berikut pembaruan security patch hingga tahun 2029. Sebagaimana software gawai Samsung lainnya, software Galaxy Tab Active5 bersih dari iklan dan minim bloatware.

8. Paket Penjualan Lengkap, Ada S Pen di Boks

Galaxy Tab Active5

Galaxy Tab Active5 mendapat perlakuan istimewa. Pasalnya, tablet ini beredar dengan paket penjualan lengkap. Ada macam-macam aksesori nan ada di dalam boks-nya.

Anda bisa menemukan case, kabel USB C, charger 15 Watt, apalagi S Pen! Ya, Anda tidak salah baca, pena stylus S Pen disertakan dalam paket penjualan sang tablet. S Pen bawaan Galaxy Tab Active5 mengantongi IP68 sehingga tahan debu dan tahan air.

Namun, S Pen tablet ini berbeda dari nan ada pada Galaxy Tab S Series. S Pen bawaan Galaxy Tab Active5 tak perlu dicas. Fungsinya juga lebih simpel dibanding S Pen bawaan Galaxy Tab S Series.

Meski begitu, S Pen Galaxy Tab Active5 sudah mendukung pressure sensitivity untuk membedakan arsiran tipis dan arsiran tebal, serta fitur Air Command.

Menurut pengalaman kanal YouTube SammyTabGuy, S Pen bawaan Galaxy Tab Active5 lebih responsif daripada S Pen bawaan Galaxy Tab Active3. S Pen milik Tab Active5 punya latensi 9 milidetik, wajar jika lebih responsif dan lezat buat menggambar alias menulis.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab Active5

Sebagaimana nan sudah saya nyatakan di awal pembahasan, Galaxy Tab Active5 adalah perangkat nan ditujukan untuk segmen tertentu. Tablet ini bisa jadi kurang cocok bagi Anda nan mempermasalahkan beberapa catatan berikut.

1. Belum Mendukung USB Display Out

Galaxy Tab Active5

Galaxy Tab Active5 mendukung mode DeX. Hal ini merupakan berita baik lantaran antarmuka tablet ini bisa berubah layaknya PC saat diperlukan, misalnya untuk aktvitas produktif. Sayangnya mode DeX hanya bisa dimanfaatkan secara wireless.

Itu artinya, Galaxy Tab Active5 tidak mendukung USB display out. Di satu sisi, wireless memang praktis. Namun, mode DeX bakal sia-sia lantaran tablet tak bisa tersambung ke TV alias monitor nan tak punya fitur WiFi.

Selain itu, sambungan via wireless mempunyai latensi lebih besar dibanding sambungan dengan kabel. Akan selalu ada jarak (entah sekian detik) saat tablet memproyeksikan tampilan ke monitor eksternal.

Ketiadaan fitur USB display out merupakan sebuah downgrade. Pasalnya, fitur ini dimiliki pendahulunya ialah Galaxy Tab Active3.

2. Speaker Masih Mono

Galaxy Tab Active5

Downgrade kembali terjadi pada Galaxy Active5. Kali ini menyasar aspek audio. Sang tablet hanya mempunyai speaker tunggal namalain mono. Ia tak seperti Galaxy Active3 nan speaker-nya stereo.

Menurut ulasan kanal YouTube SammyTabGuy, karakter bunyi speaker tablet ini tipis. Walaupun begitu, untuk keperluan intermezo standar seperti nonton video di YouTube sudah mencukupi.

3. Catatan Soal Desain: Tempat S Pen dan Kamera Depan

Galaxy Tab Active5

Galaxy Tab Active5 tak punya tempat untuk menampung S Pen bawaannya. Namun, Samsung sudah menyediakan tempat buat S Pen pada sisi atas case bawaan. Jadi mau tidak mau Anda mesti memasang case agar tak ribet membawa S Pen.

Hanya saja, tempat S Pen pada case tablet ini agak seret (kesat). Kedua talent di kanal YouTube Fisbee Productions dan SammyTabGuy terlihat agak kesusahan mencabut S Pen dari tempatnya. Sisi positifnya, sih, S Pen jadi tidak mudah jatuh. Namun, Anda perlu tenaga ekstra untuk mengambilnya.

Catatan lain mengenai kreasi tablet ini adalah posisi kamera depannya. Saya pikir Galaxy Tab Active5 adalah tablet dengan orientasi vertikal (seperti ponsel). Oleh lantaran itu, Samsung menempatkan kamera depan di bezel nan ukurannya pendek (atas).

Saya pribadi lebih suka kamera depan di bezel dengan sisi terpanjang. Alasannya tak lain lantaran tablet bakal sering dipakai dalam mode berebahan (horizontal). Dengan posisi di sisi terpanjang bezel, kamera bisa menyorot wajah dengan titik konsentrasi nan tepat.

Ngomong-ngomong soal kamera, tablet ini dibekali kamera utama 13 MP (f/1.9, autofokus, LED flash) dan kamera depan 5 MP (f/2.2, fixed focus). Kamera belakang bisa hasilkan video hingga resolusi 4K, kamera depan 1080p.

Hasil foto dan videonya mencukupi untuk keperluan pengarsipan standar. Namun, kualitas tangkapan kamera belakang lebih baik lantaran resolusinya lebih tinggi.

Simpulan

Galaxy Tab Active5 dijual di Indonesia per Maret 2024 dengan nilai Rp8.999.000. Untuk sebagian orang, nilai tablet ini cukup tinggi. Namun, saya pikir banderol nilai tersebut jadi masuk logika jika jmelihat peruntukan dan fitur nan dimilikinya si tablet.

Terlebih tablet ini memang dihadirkan untuk kebutuhan upaya dan produktivitas. Perusahaan nan mungkin butuh tablet untuk kebutuhan lapangan dan tahan di kondisi tertentu, memang sangat cocok memilih tablet ini. Terlebih tablet ini membawa fitur nan bisa jadi krusial buat para pekerja lapangan. Misalnya, keahlian layar merespons sentuhan saat tangan menggunakan sarung tangan.

Lalu back cover dan baterainya bisa dibongkar sendiri, punya active key untuk pintasan aplikasi tertentu, dan dibekali dengan S Pen dan mode DeX. Performa tablet ini juga oke untuk menangani beragam macam pekerjaan.

Adanya pembaruan software hingga 5 tahun menjamin Galaxy Tab Active5 bisa digunakan dalam waktu lama. Di sisi lain, saya agak menyayangkan fitur USB display out nan absen. Fitur tersebut padahal krusial untuk mendukung produktivitas dengan mode DeX.

Galaxy Tab Active5 memang bukan perangkat sempurna. Namun, tablet ini perlu dilirik jika Anda alias perusahaan Anda butuh perangkat outdoor untuk pemakaian jangka panjang.

Selengkapnya
Sumber Info Teknologi
Info Teknologi