8 Tips Charge Iphone Yang Benar Biar Awet Dan Aman

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Charge iPhone nan Benar - Header

Kincaimedia – Mengisi daya alias melakukan charge pada iPhone kudu dilakukan dengan benar. Apabila tidak, sangat rawan lantaran tidak hanya dapat merusak perangkat tetapi juga melukai para pengguna.

Karena berinteraksi dengan listrik, proses charge pada iPhone dapat memicu kebakaran alias membikin pengguna tersetrum. Risiko nan paling mini adalah bisa mempercepat penurunan kesehatan baterai perangkat.

Untuk menghindari beberapa perihal tersebut, mengisi daya iPhone tidak cukup dengan memasangkan kabel USB ke perangkat lampau menyambungkannya ke adaptor. Kita perlu memperhatikan beberapa aspek berikut.

1. Gunakan Kabel Atau Adaptor nan Sesuai Standar

Setiap model perangkat mempunyai spesifikasi dan standar pengisian nan berbeda satu sama lain. Apabila kabel dan adaptor nan digunakan tidak sesuai, proses mengisi daya bisa melangkah kurang optimal.

Misalnya, pengisian dengan menggunakan adaptor berkekuatan lebih rendah bakal memerlukan waktu lebih lama daripada biasanya. Penggunaan kabel dengan spesifikasi di bawah standar dapat meningkatkan akibat meleleh hingga terbakar.

Untuk iPhone, Apple menggunakan teknologi pengisian berkekuatan 20W, 18W, alias 5W di mana berbeda-beda untuk setiap modelnya. Baca info lebih komplit mengenai support nan sesuai pada halaman spesifikasi perangkat.

Kita dapat menggunakan kabel alias adaptor dari pihak ketiga tetapi minimal sudah mendukung USB 2.0. Untuk keamanan nan lebih baik, kita dapat mempertimbangkan beragam macam aksesori nan membawa label “Made for iPhone”.

Selain mempertimbangkan spesifikasi perangkat, kita juga perlu memperhatikan standar keselamatan nan berlaku. Pastikan untuk menggunakan kabel dan adaptor berbobot baik seperti aksesori asli. Jangan sampai memakai peralatan palsu.

2. Jangan Menggunakan Kabel alias Adaptor nan Rusak

Menggunakan kabel alias adaptor pengisi daya nan sudah mulai rusak seperti mengelupas, pecah, alias tidak melangkah normal juga sangat berbahaya. Kita kudu menghindarinya agar proses mengisi baterai iPhone berjalan aman.

Jika memaksakan diri menggunakan aksesori nan sudah tidak normal, ada akibat proses pengisian justru dapat menyebabkan kebakaran, sengatan listrik, cedera, alias kerusakan pada iPhone serta properti lainnya.

Saat aksesori sudah rusak, sebaiknya segera diperbaiki jika memungkinkan. Pastikan untuk segera membeli penggantinya alias mencari pinjaman terlebih dulu andaikan memang sudah tidak bisa diperbaiki.

3. Hindari Mengisi Daya Saat Perangkat alias Aksesori Basah

Air merupakan salah satu konduktor alias penghantar listrik. Oleh lantaran itu, sangat rawan andaikan kita melakukan pengisian daya iPhone saat perangkat alias aksesori nan digunakan dalam kondisi basah.

Proses pengisian daya nan dilakukan pada saat kondisi basah dapat memicu terjadinya arus pendek alias korsleting. Selain bisa merusak perangkat dan aksesorinya, kejadian ini bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.

4. Pastikan Konektor Tersambung dengan Benar

Pemasangan kabel alias adaptor juga kudu dipastikan tersambung dengan baik. Pastikan konektornya betul-betul masuk dan tidak bergoyang untuk menghindari terputusnya arus pengisian secara berulang kali.

Sambungan konektor nan tidak pas juga dapat memicu percikan-percikan api mini dan menyebabkan terjadinya peningkatan suhu. Tidak jarang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan bagian dari aksesori menjadi meleleh.

5. Lakukan Pengisian Pada Tempat dengan Sirkulasi Udara nan Baik

Pengisian daya dengan arus besar memang dapat mempersingkat lama waktu nan diperlukan. Hanya saja sebagai gantinya, proses mengisi baterai umumnya bakal disertai dengan peningkatan suhu pada aksesori maupun perangkat.

Supaya peningkatan suhu tetap terkendali selama proses pengisian daya, diperlukan sirkulasi udara nan baik. Kita dalam perihal ini bisa menempatkan iPhone beserta kabel dan adaptornya di tempat terbuka alias berventilasi.

Hindari mengisi daya saat kondisi panas lantaran secara teknis dapat mempercepat peningkatan suhu perangkat. Sebagai alternatif, lakukan pengisian di tempat dingin alias sejuk seperti ruangan ber-AC.

6. Lepaskan Case Berbahan Metal Saat Memakai Fitur Wireless Charging

Bahan metal merupakan pengantar listrik dan panas nan baik. Untuk menghindari akibat seperti tersetrum alias peningkatan suhu nan tidak terkendali, disarankan untuk melepas casing nan menggunakan material tersebut saat melakukan pengisian.

Terutama ketika menggunakan fitur pengisian nirkabel, benda-benda berbahan metal secara teknis juga bisa mengganggu proses induksi antara pengisi daya dengan perangkat. Di dalamnya bukan hanya casing saja, tetapi juga barang seperti duit koin, kunci, alias jam tangan.

7. Hindari Menggunakan Perangkat Saat Mengisi Daya

Selama pengisian daya, hindari menggunakan perangkat untuk aktivitas berat seperti bermain game. Penggunaan iPhone secara intensif juga dapat menyebabkan peningkatan suhu secara lebih sigap dan signifikan.

Disarankan juga untuk menghindari pemakaian iPhone nan sedang diisi saat menjelang tidur. Jangan sampai kelak perangkat tertimbun bantal, tertutup selimut, alias apalagi tertindih tubuh sehingga sirkulasi udaranya tidak melangkah lancar.

Risiko terputusnya pengisian juga sangat tinggi saat menggunakan perangkat sembari mengisi daya. Belum lagi jika ada konektor longgar, sambungan bisa bergeser-geser sehingga membikin transfer arus tidak stabil lampau menimbulkan percikan api.

8. Manfaatkan Fungsi Optimized Battery Charging

  • Buka laman Settings.
  • Masuk ke menu Battery.
  • Pilih menu Battery Health & Charging.
  • Ketuk Charging Optimization jika diperlukan.
  • Nyalakan opsi Optimized Battery Charging.

Terakhir, kita dapat memanfaatkan kegunaan Optimized Battery Charging. Fitur ini bakal mempelajari rutinitas pengisian daya harian pengguna dengan menggunakan mesin pembelajaran untuk mencegah penurunan kesehatan baterai.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Kincaimedia nan aktif membikin konten tentang pedoman teknologi mulai dari langkah menggunakan hingga membahas istilah-istilah unik di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap