9 Kelebihan Dan Kekurangan Asus Rog Phone 8, Tawarkan Banyak Perubahan!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kelebihan dan Kekurangan ROG Phone 8 - Header

Kincaimedia – Generasi kedelapan ponsel gaming dari ASUS sudah resmi diperkenalkan. Bernama ASUS ROG Phone 8, perangkat tersebut bisa menjadi pengganti pas jika Anda mau bermain secara profesional.

Di Indonesia, perangkat unik bermain game tersebut sudah dapat dipinang dengan nilai normal Rp10.999.000. Terdapat dua pilihan warna nan dapat dipertimbangkan di mana meliputi storm grey dan phantom black.

Dengan banderol nilai nan relatif sangat terjangkau untuk sebuah ponsel flagship, ROG Phone 8 menawarkan beragam macam kelebihan. Walaupun di sisi lain memang tetap mempunyai kekurangan-kekurangan nan perlu diperhatikan.

Kelebihan ASUS ROG Phone 8

1. Desain Lebih Ramping dan Kuat

Berubah dari generasi sebelum-sebelumnya, cita rasa ponsel unik gaming dibuat sedikit memudar pada ROG Phone 8. Perusahaan ASUS soalnya secara unik merancang ulang perangkat tersebut dengan kreasi nan lebih kasual.

Hasil perancangan ulang ini membikin ROG Phone 8 berubah dari ponsel gaming murni menjadi perangkat flagship dengan kreasi futuristik. Bodinya sekarang dibuat lebih ramping dan ringan dengan bingkai layar nan semakin tipis.

Kelebihan dan Kekurangan ROG Phone 8 - 1

Perusahaan ASUS apalagi menyatakan bahwa ROG Phone 8 sekarang mempunyai bodi 17 persen lebih kecil, 15 persen lebih tipis, dan 9 persen lebih ringan daripada ASUS ROG Phone 7 nan meluncur sebelumnya.

Di sisi lain, bodi ROG Phone 8 sekarang juga mempunyai keandalan pemakaian nan lebih baik. Perangkat tersebut soalnya mengemas fitur tahan percikan air dan debu tersertifikasi IP68 nan mana baru pertama kali untuk ponsel unik gaming.

Panel layar ROG Phone 8 juga sudah dibalut dengan lapisan pelindung nan menggunakan Corning Gorilla Glass Victus 2. Jadi secara teknis menawarkan perlindungan nan lebih kuat terhadap goresan maupun benturan.

2. Mesin Khas Ponsel Gaming

Sebagai sebuah mesin nan dirancang unik untuk bermain game, ROG Phone 8 pun membawa keahlian nan sangat kuat. Perangkat tersebut dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 nan bisa beraksi sampai 3,3GHz.

Chipset mutakhir dari Qualcomm ini disebut-sebut mempunyai keahlian pemrosesan info 30 persen lebih sigap dan pemroses skematis 25 persen lebih gegas jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Untuk memberikan keahlian nan lebih baik pada ROG Phone 8, ASUS memadukan chipset ini berbareng dengan RAM LPDDR5x sebesar 12GB. Media penyimpanannya menggunakan UFS 4.0 dengan kapabilitas hingga 256GB.

3. Sistem Pendingin Lebih Baik

Tidak cukup sampai di situ, sistem termal nan digunakan di dalam ROG Phone 8 juga ditingkatkan. ASUS mengangkat terobosan pendingin chipset 360 derajat generasi kedua nan kemudian diberi nama GameCool 8.

GameCool 8 secara unik menambahkan konduktor pendingin nan bisa bekerja dengan sigap di antara chipset dan logam di bagian penutup belakang. Tujuannya untuk menyebarkan panas ke lapisan pendingin grafit secara merata.

Berkat terobosan baru ini, efisiensi sistem termal pada ROG Phone 8 bisa meningkat hingga sekitar 22 persen. Lebih efisien menangani peningkatan suhu di dalam bodinya daripada perangkat generasi sebelumnya.

Belum lagi, ASUS juga merancang ulang aksesori pendingin tambahan miliknya di mana kali ini diberi nama AeroActive Cooler X. Ukurannya lebih mini dan ringan tetapi kemampuannya dalam menangani peningkatan suhu tak boleh dipandang sebelah mata.

Berdasarkan info nan disampaikan oleh Pihak ASUS, AeroActive Cooler X sekarang justru mempunyai pendingin termoelektrik 2,6 kali lebih besar dan kipas 1,1 kali lebih cepat. Kemampuannya pun meningkat menjadi 1,3 kali lebih baik.

4. Layar dengan Animasi Tertinggi Saat Ini

Seperti pendahulunya, ROG Phone 8 juga mengemas layar AMOLED dengan support refresh rate tinggi. Perangkat tersebut secara unik mendukung animasi maksimal 165Hz dengan teknologi LTPO nan dapat menyesuaikan dari 1 hingga 120Hz.

Dengan pengaturan refresh rate adaptif, ROG Phone 8 dapat menampilkan animasi sesuai kebutuhan. Dapat membikin aktivitas gambar terlihat sangat mulus saat digunakan bermain game maupun betul-betul irit daya jika sedang didiamkan.

Layar ROG Phone 8 di sisi lain juga mempunyai spesifikasi nan cukup menarik. Perangkat tersebut tercatat mengandalkan panel AMOLED dengan tingkat kecerahan hingga 2.500nit nan membentang sampai seluas 6,78 inci.

5. Dukungan Daya Bisa Diandalkan

ASUS menyebut bahwa ROG Phone 8 dapat menjadi kawan terbaik untuk mereka nan doyan bermain game berat, berselancar di bumi maya, hingga streaming film. Perangkat tersebut soalnya mengemas baterai berkapasitas besar.

Menggunakan teknologi baterai ganda, ROG Phone 8 mempunyai kapabilitas penyimpanan daya setara dengan 5.500mAh. Kita pun dapat memakainya untuk bermain game berat hingga selama 3,4 jam, mengakses IG sampai 17 jam, alias menonton video daring 23 jam secara berturut-turut.

Menemani baterai berkapasitas besar ini, ROG Phone 8 mengandalkan teknologi 65W HyperCharge. Jadi kita tidak perlu menunggu lama saat perangkat kehabisan daya. Proses pengisian bisa melangkah sangat singkat di mana kurang lebih hanya memerlukan sekitar 30 menit untuk membikin baterai terisi penuh.

Hadir sebagai tambahan, ASUS juga sudah menyematkan teknologi pengisian daya nirkabel dengan kecepatan sampai 15W. Memungkinkan kita mengisi baterai secara lebih elastis di beragam macam kondisi pemakaian.

6. Kamera Lebih Baik

Sektor kamera sekarang juga semakin baik. Meskipun dirancang sebagai ponsel unik bermain game, ASUS tampaknya tidak melupakan support nan satu ini setelah beberapa generasi sebelumnya mendapat kritikan pedas dari penggemar.

Kelebihan dan Kekurangan ROG Phone 8 - 2

Kini pada ROG Phone 8 apalagi secara unik menggunakan kamera utama dengan sensor Sony IMX890. Perangkat tersebut makanya dapat melakukan pengambilan gambar dengan resolusi sampai 50MP.

Sensor kamera utama ROG Phone 8 juga mempunyai fitur 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0. Dikombinasikan berbareng OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization), memotret alias merekam video bisa dilakukan dengan lebih stabil.

Ditambah lagi, ROG Phone 8 untuk pertama kalinya dilengkapi lensa telefoto beresolusi 32MP dengan pembesaran optik hingga 3x. Kamera ini menariknya juga dilengkapi dengan OIS untuk memberikan kestabilan saat melakukan pengambilan gambar.

Terdapat juga lensa ultrawide 13MP nan cocok untuk mengambil gambar dengan perspektif pandang lebih lebar sebagai tambahan. Di bagian depan, ROG Phone 8 pun sudah membawa kamera beresolusi 32MP.

7. Fitur Gaming Semakin Lengkap

Tak hanya mempertahankan fitur nan sebelumnya sudah ada seperti AirTrigger, ASUS sekarang juga menambahkan beberapa support lebih pandai ke dalam perangkat lunak mereka. Di dalamnya termasuk X Sense 2.0, X Capture, hingga AI Grabber.

X Sense 2.0 memungkinkan perangkat secara pandai mendeteksi peristiwa penting, melanjutkan percakapan dan mengumpulkan item secara otomatis, hingga meningkatkan pengontrol di dalam permainan.

X Capture memungkinkan perangkat merekam momen-momen krusial saat bermain game secara otomatis. AI Grabber memberikan keahlian untuk mengidentifikasi kata-kata kunci dalam perbincangan sehingga memudahkan kita mencari tips dan trik di internet.

Selain itu, terdapat juga Background mode nan memungkinkan permainan tetap melangkah di belakang layar tanpa terjeda alias dimatikan oleh sistem. Vibration Mapping pun datang untuk memberikan opsi umpan kembali berbeda-beda pada setiap tombol virtual.

Kekurangan ASUS ROG Phone 8

1. Layar Kini Menggunakan Lubang Kamera

Sayangnya dengan perombakan kreasi nan dilakukan pihak ASUS, ada beberapa bagian nan ikut terkena dampaknya. Ukuran bingkai layar nan semakin mini misalnya membikin mereka kudu menempatkan lubang kamera di bagian panelnya.

Penempatan lubang kamera depan di bagian layar ini tentu bakal sedikit mengganggu saat kita menikmati beragam macam konten di dalam permainan. Kenapa Pihak ASUS tidak mencoba menggunakan lensa di bawah layar seperti kompetitornya?

2. Layar Hanya Full HD+

Dibandingkan dengan ponsel gaming dari kompetitornya, resolusi layar nan digunakan ROG Phone 8 juga sedikit ketinggalan. Perangkat tersebut soalnya tetap mengandalkan panel Full HD+ (2400 x 1080 piksel) sementara perangkat lain sudah ada nan menawarkan support lebih tinggi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Kincaimedia nan aktif membikin konten tentang pedoman teknologi mulai dari langkah menggunakan hingga membahas istilah-istilah unik di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap