Amd Rilis Ryzen 8000 Berteknologi 4nm, Ada Tambahan Npu

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Telset.id, Jakarta – AMD baru saja meluncurkan prosesor terbarunya nan mempunyai fitur AI, ialah AMD Ryzen 8000. Prosesor ini menggunakan teknologi 4nm dan ada tambahan konfigurasi NPU.

Saat ini banyak prosesor nan sudah dilengkapi dengan konfigurasi NPU, nan membikin chipset terdiri dari CPU, GPU, dan NPU. Bagi nan belum tahu, NPU adalah rangkaian untuk memproses kepintaran buatan agar lebih cepat.

AMD Ryzen 800 merupakan prosesor pertama dengan NPU nan dibuat berasas arsitektur XDNA dari AMD.

BACA JUGA:

  • PC EK Gaming Battle Star Race Rilis, Tawarkan Rig Simulator
  • AMD dan Nvidia Garap Prosesor Windows Berbasis Arsitektur Arm

Dari segi spesifkasi, AMD Ryzen 8000 dibangun dengan proses 4nm terbaru dengan menggabungkan CPU Zen 4, GPU arsitektur RDNA 3, dan NPU arsitektur XDNA.

Dengan membawa spesifikasi tersebut, AMD Ryzen 8000 diklaim bisa memberikan daya komputasi AI hingga sebanyak 39 TOPS, dengan NPU-nya sendiri bisa memberikan sebesar 16 TOPS.

Untuk dukungannya, chip ini mendukung konektivitas PCIe Gen 4 berkecepatan tinggi dengan 20 jalur transfer data, dan support terhadap memori dual-channel berjenis DDR5 dengan kecepatan 5600 dan fitur ECC.

Dari sisi visual, prosesor AMD Ryzen terbaru ini pun diklaim bisa menampilkan hingga 4 layar dengan resolusi 4K di masing-masing layar. Prosesor ini pun mendukung codec video nan biasa digunakan seperti AV1, H.264, dan H.265 agar pemrosesan video menjadi lebih mulus.

BACA JUGA:

  • AMD Luncurkan Prosesor Ryzen 9 7945HX3D untuk Laptop Gaming
  • AMD Garap Fitur FreeSync Panel Replay Bikin Laptop Hemat Daya

Nantinya Ryzen 8000 ini bakal mempunyai 4 jenis berbeda. AMD pun berkolaborasi dengan pemasok motherboard Advantech, ASRock, dan iBASE untuk menghadirkan ekosistem prosesor ini, sebagaimana dilansir Telset dari Gizmochina pada Rabu (3/04/2024). [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi