Apa Fungsi Mode Pesawat? Ini Penjelasannya!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Apa Fungsi Mode Pesawat - Header

Kincaimedia – Kita umumnya bakal menemukan sebuah support bawaan berjulukan mode pesawat alias airplane mode pada beragam macam perangkat seluler mulai dari ponsel, tablet, hingga laptop.

Sesuai dengan namanya, mode unik ini memungkinkan kita berjalan menggunakan pesawat secara lebih aman. Kita tidak perlu cemas ponsel, tablet, maupun laptop bakal mengganggu jalannya penerbangan.

Meskipun awalnya dirancang untuk keamanan penerbangan, mode pesawat menariknya sekarang bisa difungsikan untuk melakukan sejumlah hal. Termasuk di antaranya untuk mengatasi sejumlah masalah nan muncul di dalam perangkat.

Bagi Anda nan belum tahu, mode pesawat merupakan sebuah support nan memungkinkan kita menonaktifkan beragam fitur nirkabel di dalam sebuah perangkat. Kadang-kadang disebut juga dengan aeroplane mode, flight mode, offline mode, alias standalone mode.

Fitur ini secara unik bakal mematikan teknologi transmisi sinyal radio milik perangkat nan mana dapat memengaruhi beragam macam peralatan di pesawat. Termasuk di antaranya meliputi Bluetooth, Wi-Fi, maupun jaringan seluler.

Saat mengaktifkan mode pesawat, perangkat mengenai bakal kehilangan fungsi-fungsi nirkabel tersebut. Kita kelak makanya tidak bakal dapat memakai fitur-fitur seperti menelepon, mengirim alias menerima pesan SMS, hingga mengakses sambungan internet.

Perlu dicatat bahwa kita tetap bisa menyalakan satu per satu kegunaan Bluetooth, Wi-Fi, maupun jaringan seluler secara manual saat mode pesawat diaktifkan. Contohnya mengaktifkan Wi-Fi untuk mengakses sambungan internet pesawat nan disediakan maskapai penerbangan.

Selain untuk menempuh penerbangan dengan lebih aman, mode pesawat sekarang bisa difungsikan untuk melakukan sejumlah hal. Adapun sebagian di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyegarkan Jaringan

Kita salah satunya dapat memanfaatkan mode pesawat untuk mengatasi masalah sambungan di dalam perangkat. Dukungan tersebut dapat dipakai untuk menyegarkan jaringan seluler, Wi-Fi, maupun Bluetooth agar hubungan kembali lancar.

Misalnya saat kita berada di wilayah nan susah sinyal, kita dapat mengaktifkan mode pesawat selama beberapa saat lampau kemudian mematikannya. Perangkat pun kelak bakal memindai ulang jaringan dari operator untuk mendapatkan sambungan nan lebih baik.

2. Memperpanjang Siklus Pemakaian Harian

Mode pesawat pun dapat menjadi solusi bagi kita nan memerlukan perangkat dengan siklus pemakaian panjang. Dukungan tersebut memungkinkan konsumsi baterai menjadi lebih hemat lantaran tidak perlu menyediakan daya untuk WiFi, Bluetooth, maupun jaringan seluler.

Seperti apa nan kita tahu, konsumsi daya untuk menggunakan WiFi, Bluetooth, maupun jaringan seluler umumnya sangat besar. Terlebih lagi andaikan perangkat berada di wilayah nan susah untuk mendapat sinyal dari kegunaan terkait.

3. Menghemat Konsumsi Data

Dengan menggunakan mode pesawat, kita juga dapat menghemat pemakaian info seluler. Layanan dan aplikasi nan beraksi memakai internet soalnya sama sekali tidak bakal tersambung ke jaringan selama support tersebut diaktifkan.

Hal ini tentu bakal sangat berfaedah saat kita melakukan perjalanan jauh misalnya keluar negeri. Kita tidak bakal langsung terkena tarif roaming nan mana sangat mahal jika belum berlangganan paket khusus dari operator seluler bersangkutan.

4. Alternatif Mode DND

Mengaktifkan mode pesawat juga dapat membatasi gangguan nan dapat muncul dari beragam macam layanan. SMS, panggilan, e-mail, hingga pemberitahuan dari aplikasi media sosial nan terpasang soalnya tidak bakal masuk ke dalam perangkat.

Mirip seperti kegunaan Mode DND (Do Not Disturb) nan sekarang disediakan oleh beragam macam model ponsel. Hanya saja tidak bakal sekadar membatasi bunyi dan notifikasi melainkan langsung dari sambungan baik seluler maupun internet.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Kincaimedia nan aktif membikin konten tentang pedoman teknologi mulai dari langkah menggunakan hingga membahas istilah-istilah unik di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap