Apakah Spotify Boros Kuota? Ini Cara Menghematnya!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Apakah Spotify Boros Kuota - Header

Kincaimedia – Agar dapat mendengarkan musik alias podcast di jasa Spotify, kita memang memerlukan hubungan internet baik itu berasal dari sambungan WiFi maupun jaringan seluler.

Tanpa hubungan internet, jasa streaming musik tersebut tidak bakal melangkah sebagaimana mestinya terutama untuk akun jenis gratis. Aplikasi maupun web pemutar miliknya perlu mengakses info dari server mereka untuk memutar lagu hingga podcast nan disediakan.

Yang jadi pertanyaan, seberapa banyak kuota internet nan diperlukan untuk menikmati beragam macam konten di jasa tersebut? Kamu nan penasaran dapat menyimak penjelasannya sebagai berikut.

Apakah Spotify Boros Kuota?

Boros alias tidaknya pemakaian kuota internet untuk mengakses Spotify tergantung pengaturan audio nan kita terapkan di dalam aplikasinya. Semakin tinggi, maka tentunya semakin banyak paket info nan bakal terpakai.

Bagi Anda nan belum tahu, Spotify menawarkan hingga lima setelan kualitas audio di dalam aplikasinya. Termasuk di dalamnya Low, Normal, High, Very High, dan Automatic. Masing-masing mempunyai bit rate alias keahlian pertukaran datanya sendiri.

Berdasarkan info nan disampaikan oleh Spotify, setelan kualitas Low di dalam aplikasinya setara dengan kurang lebih 24kbps. Normal setara dengan 96kbps. High setara dengan 160kbps. Very High setara dengan 320kbps. Sementara Automatic bakal disesuaikan berasas hubungan jaringan.

Untuk akses melalui web pemutar, setelan kualitas audio hanya tersedia secara tunggal. Hanya saja setiap pengguna bakal memperoleh pengaturan berbeda lantaran Spotify Free hanya mendukung sekitar 128kbps sementara Spotify Premium 256kbps.

Pemakaian kuota internet untuk mengakses jasa Spotify pun dapat diperkirakan berasas ketentuan setelan kualitas audio ini. Untuk mempermudah perhitungannya, kami sudah membikin kisaran info nan diperlukan untuk menikmati konten setiap menit dan jam.

Low (Setara 24kbps)

  • 0,18MB per menit
  • 10,8MB per jam

Normal (Setara 96kbps)

  • 0,72MB per menit
  • 43,2MB per jam

High (Setara 160kbps)

  • 1,2MB per menit
  • 72MB per jam

Very High (Setara 320kbps)

  • 2,4MB per menit
  • 144MB per jam

Web Spotify Free (Setara 128kbps)

  • 0,96MB per menit
  • 57,6MB per jam

Web Spotify Premium (Setara 256kbps)

  • 1,92MB per menit
  • 115,2MB per jam

Perlu dicatat bahwa kalkulasi di atas sekadar perkiraan berasas ketentuan pertukaran info dari setelan kualitas audio nan ditawarkan. Pemakaian kuota sebenarnya tentu bisa berbeda-beda tergantung gimana kita mendengarkan konten.

Misalnya jika kita sering mendengarkan lagu nan sama berulang kali, pemakaian kuota internet kemungkinan bakal lebih sedikit. Spotify soalnya mendukung sistem cache nan memungkinkan aplikasi menyimpan sebagian info ke perangkat untuk mempercepat waktu pemuatan.

Apabila pemakaian kuota internet untuk Spotify terasa boros, kita pun dapat mengatur setelan kualitas audio di dalam layanan. Kita dalam perihal ini dapat melakukannya melalui laman pengaturan aplikasi.

Cara Mengurangi Pemakaian Data Spotify

Menggunakan setelan audio ke paling rendah tentunya dapat menghemat pemakaian info internet. Jika merujuk kalkulasi sebelumnya, kita apalagi bisa memutar lagu di Spotify hingga selama kurang lebih 92,6 jam dengan info 1GB (1.000MB).

Menggunakan Fitur Hemat Data Spotify

Selain mengubah pengaturan audio ke paling rendah, kita juga dapat memanfaatkan fitur Hemat Daya nan ditawarkan oleh jasa Spotify secara bawaan. Aplikasi nantinya bakal melakukan sejumlah setelan untuk mengurangi pemakaian kuota internet.

Memanfaatkan Spotify Premium

Menghemat pemakaian kuota internet juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur download konten nan disediakan oleh layanan. Jadi kita kelak dapat mendengarnya berkali-kali tanpa menggunakan info seluler.

Hanya saja untuk memakai fitur download konten, kita memang perlu berlangganan jasa Spotify Premium. Kita dalam perihal ini dapat memilih paket nan sesuai di mana mulai dari Mini seharga Rp2.500 sehari hingga Family Rp86.900 per bulan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Kincaimedia nan aktif membikin konten tentang pedoman teknologi mulai dari langkah menggunakan hingga membahas istilah-istilah unik di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap