Apple Rilis Pembaruan Ios 18, Apa Saja Yang Baru?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Telset.id, Jakarta – Apple resmi mengumumkan pembaruan perangkat lunak iOS 18 untuk beragam iPhone terbaru di WWDC 2024. Lantas, fitur baru apa sama nan bakal dihadirkan pada pembaruan iOS kali Ini?

Meskipun sudah diumumkan, para pengguna iPhone rupanya tetap kudu menunggu hingga musim gugur kelak untuk melakukan pembaruan. Pembaruan pun baru bakal tersedia untuk seri iPhone 15, seri iPhone 14, seri iPhone 13, seri iPhone 12, seri iPhone 11, iPhone XS, XR, XS Max, serta model iPhone SE generasi kedua dan ketiga.

Melansir Engadget, salah satu perubahan terbesar nan datang di iOS 18 adalah fitur RCS alias Rich Communication Service. Ini adalah sebuah fitur perpesanan nan lebih kondusif dan menawarkan banyak perbaikan dibandingkan SMS termasuk enkripsi end-to-end, berbagi media nan lebih baik, dan support untuk obrolan grup nan tepat.

BACA JUGA:

  • Makin Canggih! Aplikasi Utama iOS 18 Bakal Dibekali Fitur AI
  • Assassin’s Creed Mirage Hadir di iPhone dan iPad Bulan Depan

Awalnya, Apple menegasakan bakal mengangkat support untuk RCS pada tahun 2024 untuk mematuhi peraturan UE, sehingga tidak mengherankan jika ini disebutkan dalam fitur iOS 18 yang bakal datang.

Sementara itu, di aplikasi Message juga mempunyai keahlian baru untuk membalas dengan menggunakan emoji dan stiker, format dan pengaruh teks, serta keahlian mengirim pesan melalui satelit.

Pengguna iPhone juga bakal mempunyai kontrol lebih besar atas layar beranda mereka di iOS 18 lantaran sistem grid tidak lagi terkunci. Pengguna bakal dapat memindahkan ikon aplikasi dengan langkah nan lebih bebas, ditambah lagi mereka juga dapat mengubah warna ikon aplikasi menggunakan pemilih warna rona.

Dari sisi kreasi dan tata letak, salah satu perubahan terbesar datang pada layar beranda iPhone dimana para pengguna bakal mendapatkan fitur serupa nan sudah lama dimiliki pengguna Android.

Lalu, Pusat Kontrol perangkat bakal diperbarui di iOS 18 dengan menyertakan lebih banyak opsi penyesuaian dan memungkinkan pengguna memprogram kontrol sigap dari aplikasi pihak ketiga selain aplikasi asli.

Aplikasi Foto di iPhone juga mengalami perombakan kreasi ulang secara besar-besaran di iOS 18, dengan berfokus pada kumpulan foto nan terorganisir secara pandai seputar kenangan, perjalanan, dan aktivitas besar lainnya.

Desain baru ini menghilangkan tata letak tab lama dan bakal menghadirkan kreasi satu laman saat pengguna memandang semua foto Anda satu per satu, alias melihatnya berasas Koleksi.

Pengguna juga bakal dapat menyeleksi hal-hal seperti tangkapan layar dan tanda terima nan bakal muncul dalam format kronologis, namun ini bisa membikin acak-acakan kumpulan foto liburan nan sudah dikurasi dengan ketat.

Dari sisi privasi, iOS 18 bakal punya keahlian mengunci dan menyembunyikan aplikasi. pengguna dapat mengunci aplikasi sehingga info pribadi dilindungi oleh Face-ID alias Touch-ID, sedangkan aplikasi bisa disembunyikan di berkas tersembunyi unik nan tidak dapat dilihat orang lain.

Aplikasi Kalkulator juga mengalami perombakan besar-besaran di iOS 18, termasuk peningkatan konversi unit, sidebar nan menampilkan aktivitas terkini, dan integrasi dengan aplikasi Notes.

Aplikasi Kalkulator nan baru tidak hanya tersedia di iPhone dan Mac saja, tetapi datang pertama kalinya untuk iPad melalui pembaruan iPadOS 18.

Di dalam aplikasi Kalkulator iPadOS terdapat fitur baru nan disebut Math Notes nan memungkinkan pengguna menulis persamaan matematika dengan Apple Pencil dan aplikasi tersebut bakal menyelesaikan banyak persamaan matematika secara instan.

Di sisi lain, iPadOS 18 juga bakal menampilkan Tab Bar baru, nan terlihat mirip dengan Dynamic Island di iPhone. Tab ini bakal mempermudah pengguna mengakses kontrol-kontrol krusial apalagi ketika mereka sedang membuka aplikasi. Selain itu, Aplikasi Notes juga mendapatkan fitur Smart Scrippt, nan membikin tulisan menjadi lebih mudah dibaca.

BACA JUGA:

  • Bocoran Ini Klaim Baterai iPhone 16 Pro Max Lebih Awet
  • Apple Rilis iPad Pro Bertenaga Chip M4, Ukuran Lebih Tipis

Berbagai fitur baru di atas tampaknya dihadirkan untuk meningkatkan pengalaman penggunanya. Nah,  tertarik untuk menjajal beragam fitur tersebut di iPhone baru kalian, sob? [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi