Apple Siapkan Sistem Ai, Namanya Apple Intelligence!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Telset.id, Jakarta – Apple akhirnya resmi mengungkap rencananya untuk menghadirkan teknologi AI ke dalam sistem operasinya. Teknologi ini disebut sebagai Apple Intelligence.

Di antara raksasa teknologi di dunia, Apple menjadi salah satu perusahaan nan belum meluncurkan keahlian AI di beragam perangkatnya. Namun, sesuai dengan beragam bocoran sebelumnya, perusahaan bakal mengungkapkannya di arena WWDC 2024.

Dilansir Telset dari Engadget pada Selasa (11/06/2024), Apple Intelligence dipastikan bakal menjadi AI generatif baru dan bakal datang di iOS 18, iPad 18, serta macOS Sequia dalam corak praktis.

BACA JUGA:

  • Bocoran Ini Klaim Baterai iPhone 16 Pro Max Lebih Awet
  • Siap Bersaing, Apple Siapkan Berbagai Fitur AI di iOS 18

Fitur nan datang di Apple Intelligence ini bakal mencakup perangkat tulis baru nan dapat membantu pengguna menulis ulang, mengoreksi dan meringkas hal-hal seperti email dan pesan lainnya, emoji original dan pembuatan gambar, dan banyak lagi.

Selain itu, ini juga bakal menghadirkan Gemoji nan disebut sebagai perangkat membikin gambar, nan memungkinkan pengguna membikin emoji uniknya sendiri dengan mengetikkan penjelasan sesuai keinginannya. Sebagai contoh, emoji “T-rex mengenakan tutu di papan selancar.

Sementara itu, melalui Apple Intelligence, Siri juga mendapatkan fitur AI lantaran sudah didukung oleh model bahasa besar. Berkat fitur AI di Apple Intelligence, pengguna bisa meminta asisten virtual untuk meringkas tulisan dan laman web di Safari dan apalagi mengekstrak info pribadi dari gambar ID sehingga dapat mengisi blangko online.

Meski begitu, Apple juga menyoroti gimana sebagian besar keahlian fitur AI layanannya dalam melakukan beragam permintaan agar tetap berfokus pada privasi penggunanya.

Untuk pertanyaan nan tidak dapat dilakukan secara lokal, pertanyaan tersebut bakal dikirim ke pusat pemrosesan Apple. Perusahaan juga menciptakan Private Cloud Compute, sebuah fitur nan semestinya memanfaatkan cloud untuk pemrosesan AI nan lebih canggih sekaligus memastikan info Anda tetap aman.

Di sisi lain, OpenAI juga sudah tergabung dalam Apple Intelligence nan memungkinkan pengguna memberikan izin kepada Apple untuk membagikan pertanyaan mereka dengan ChatGPT jika berguna.

ChatGPT ini bakal bekerja dengan perangkat penulisan AI nan datang di iOS dan iPadOS 18 dalam fitur penulisan nan baru. Integrasi ChatGPT dengan iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia dijanjikan bakal diluncurkan akhir tahun ini.

BACA JUGA:

  • Makin Canggih! Aplikasi Utama iOS 18 Bakal Dibekali Fitur AI
  • Assassin’s Creed Mirage Hadir di iPhone dan iPad Bulan Depan

Perlu dicatat Apple juga berupaya untuk mendapatkan support untuk model AI lainnya di masa depan. Dengan begitu, ada kemungkinan model AI seperti Gemini AI alias Bing juga bakal datang di perangkat Apple. Ini juga menunjukan kemitraannya dengan OpenAI tidak berkarakter eksklusif dalam jangka panjang. [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi