Bawa Dukungan Ai, Asus Rilis Tuf Gaming A14 Dan A16

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Rilis TUF Gaming A14 dan A16 - Header

Kincaimedia – Di antara perangkat Copilot+ PC nan diperkenalkan oleh ASUS pada arena Computex 2024, terdapat dua laptop gaming nan ikut diluncurkan meliputi TUF Gaming A14 dan TUF Gaming A16.

Kedua perangkat tersebut sama-sama dilengkapi dengan AMD Ryzen 9 AI HX 370 nan menawarkan keahlian tinggi untuk menangani AI. Prosesor ini mempunyai NPU unik nan bisa menangani pengolahan info hingga 50 TOPS.

Sebagai pendamping, keduanya juga menggunakan kartu skematis terdedikasi NVIDIA GeForce RTX. Teknologi NVIDIA RTX AI nan ada di dalamnya memungkinkan perangkat mempunyai peningkatan unik untuk lebih dari 500 game dan aplikasi nan didukung AI.

Rilis TUF Gaming A14 dan A16 - 2

ASUS TUF Gaming A16

Bagi Anda nan belum tahu, kartu skematis NVIDIA GeForce RTX generasi baru umumnya dilengkapi dengan perangkat keras unik AI berjulukan Tensor Cores dan peranti lunak TensorRT sebagai penunjangnya.

Kombinasi dari keduanya dapat mendorong keahlian AI serta beragam fitur seperti DLSS Super Resolution, Frame Generation, dan Ray Reconstruction. Fitur tersebut dapat menjadi pendamping sempurna untuk layar TUF Gaming A14 dan TUF Gaming A16 nan mendukung teknologi NVIDIA G-SYNC.

Pihak ASUS secara unik menggunakan kartu skematis NVIDIA GeForce RTX 4060 nan mempunyai TGP maksimum hingga 100W pada TUF Gaming A14. Sementara TUF Gaming A16 memakai NVIDIA GeForce RTX 4060 nan mendukung sampai 140W.

Untuk layarnya, kedua perangkat tersebut sama-sama menggunakan panel level IPS 2.5K (WQXGA, 2560×1600) dengan support refresh rate hingga 165Hz. Hanya saja ukurannya memang sedikit berbeda di mana TUF Gaming A14 hanya membentang seluas 14 inci sedangkan TUF Gaming A16 sampai 16 inci.

Rilis TUF Gaming A14 dan A16 - 1

ASUS TUF Gaming A14

Pada bagian memori, kedua laptop tersebut sama-sama menggunakan RAM LPDDR5X dengan kapabilitas hingga 32GB. Penyimpanan internalnya terkonfigurasi dengan M.2 2280 SSD nan mendukung sampai 2TB.

Selain layar dan kartu skematis nan digunakan, kedua perangkat tersebut mempunyai perbedaan pada bagian baterainya. TUF Gaming A14 dilengkapi baterai 73Wh di mana lebih mini daripada TUF Gaming A16 nan mendukung sampai 90Wh.

TUF Gaming A16 juga membawa chiclet keyboard nan dilengkapi lampu RGB dengan papan nomor dan tombol arah berukuran penuh. Berbeda dengan TUF Gaming A14 nan hanya menggunakan chiclet keyboard standar dengan lampu berwarna putih.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Kincaimedia nan aktif membikin konten tentang pedoman teknologi mulai dari langkah menggunakan hingga membahas istilah-istilah unik di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap