Bisa Nostalgia, Apple Izinkan Emulator Game Jadul Di App Store

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Telset.id, Jakarta – Anda berita menyenangkan bagi para pengguna iPhone alias iPad nan suka memainkan game jadul. Pasalnya, Apple mengizinkan emulator game retro di App Store.

Bagi nan belum tahu, beberapa waktu lampau raksasa teknologi asal Cupertino telah memungkinkan aplikasi streaming musik untuk bisa terhubung ke situs web ekstenal. Sekarang, Apple telah membikin kemungkinan emulator game di toko aplikasinya, App Store.

Hal ini pertama kali ditemukan oleh 9to5Mac. Laporan tersebut juga menyatakan bahwa emulator konsol game jadul sudah ada di Apple App Store dan pengguna bisa mengunduh game.

BACA JUGA:

  • Samsung Batal Jadi Pemasok Layar iPhone SE 4?
  • Apple Bakal Hadirkan App Store Khusus Aplikasi AI di WWDC 2024

Selain itu, Apple juga dilaporkan mengonfirmasi kepada para developer emulator melalui email bahwa mereka dapat membikin dan menawarkan emulator buatan di toko aplikasinya.

Sebelumnya, toko aplikasi milik Apple tersebut tidak mengizinkan emulator game di layanannya, walaupun para developer tetap bisa mendistribusikan aplikasi tersebut untuk para pengguna iOS.

Namun, untuk menginstalnya, pengguna biasanya perlu melakukan jailbreak dan mengunduh perangkat sideloading alias toko aplikasi pengganti nan tidak berizin terlebih dahulu.

Sekarang, pembaruan patokan ini berpotensi menghilangkan kebutuhan pengguna untuk melakukan semua perihal tersebut dan dapat menghadirkan lebih banyak jenis emulator ke iOS.

Namun Apple memperingatkan kepada developer bahwa mereka bertanggung jawab atas semua perangkat lunak nan ditawarkan di aplikasi buatannya, termasuk memastikan bahwa perangkat lunak tersebut mematuhi pedoman ini dan semua undang-undang nan berlaku.

Tentu saja, mengizinkan emulator di App Store tidak berfaedah Apple mengizinkan game bajakan juga. Aplikasi apa pun nan menawarkan game nan haknya tidak dimiliki oleh developer merupakan pelanggaran kewenangan cipta. Jadi fans konsol tertentu hanya perlu berambisi bahwa perusahaan mereka berencana merilis emulator resmi untuk iOS.

BACA JUGA:

  • iPhone 16 Bakal Punya Peningkatan Baterai, Berkat Paten Baru Apple
  • Microsoft Teams di iPhone bakal Punya Fitur Walkie-Talkie

Meskipun perubahan terbaru pada pedoman developer Apple ini tampaknya dimotivasi oleh peraturan Undang-Undang Pasar Digital Uni Eropa, nan menargetkan praktik anti-persaingan perusahaan teknologi besar, tetapi peraturan baru mengenai emulator bertindak untuk semua developer di seluruh dunia. [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi