Cara Memindahkan Playlist Spotify Ke Akun Atau Platform Lain

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Seringkali kita menemui situasi ketika kita mau memindahkan playlist dari satu akun Spotify ke akun lainnya alias apalagi antar-platform. Untungnya, proses ini dapat dilakukan dengan cukup mudah. Dalam tulisan ini, saya bakal membujuk Anda untuk mencari tahu beragam langkah memindahkan playlist Spotify.

Ada beberapa langkah memindahkan playlist Spotify. Nah berikut serangkaian metode nan dapat Anda gunakan agar dapat mendengarkan daftar lagu kesayangan.

Memindahkan Playlist dari Akun Lama ke Akun Baru

Kini, Anda dapat  memindahkan playlist dari akun lama ke akun baru, alias akun lain milik Anda di Spotify. Cara ini dapat diaplikasikan dengan menggunakan aplikasi Spotify Web Player, serta aplikasi laptop/PC maupun di HP. Untuk langkahnya, bisa disimak caranya berikut ini.

1. Cari Playlist Publik di Akun Lama

pindah playlist spotify 1-1_

Pastikan playlist nan mau ‘dipindahkan’ adalah playlist nan bisa diakses publik. Playlist umum biasanya ditandai dengan ikon mirip bola bumi seperti pada gambar.

Di akun baru/akun lain milik Anda, cari playlist nan mau dipindahkan. Gunakan nama playlist untuk mencarinya, alias langsung kunjungi akun Spotify lama Anda.

2. Simpan Playlist ke Library Akun Baru

pindah playlist spotify 2-1_

Kalau sudah nemu playlist-nya, buka playlist dan tekan tombol hati (atau tanda (+)) yang ada di samping tombol download. Playlist bakal langsung tersimpan ke Spotify library di akun baru Anda.

Jika mau menambahkan playlist tertentu ke playlist lainnya, silakan gunakan fitur “Add to other playlist”.

pindah playlist spotify 4-12_

Anda pun dapat mengundang kawan alias apalagi menggunakan akun lain untuk menambahkan lagu favorit di playlist tertentu. Gunakan saja fitur “Invite collaborators”. Ada tautan nan dapat dibagikan ke siapa saja nan mau Anda ajak untuk bekerja-sama dalam mengedit playlist.

pindah playlist spotify 5-1_

Memindahkan Playlist Spotify ke YouTube Music

Selain dari akun Spotify lama ke nan baru, Anda bisa pindahkan playlist Spotify ke platform lain. Salah satunya adalah YouTube Music.

Memindahkan Playlist Spotify ke YouTube Music bisa dilakukan memakai jasa pihak ketiga, ialah sebuah situs Bernama TuneMyMusic. Simak caranya berikut ini.

1. Login TuneMyMusic dengan Akun Spotify

spotify tunemymusic 1-1_

Buka situs TuneMyMusic.com melalui peramban di HP alias laptop Anda. Lalu, tekan tombol “Let’s start”. Pilih Spotify di laman selanjutnya. Silakan login ke akun Spotify Anda.

spotify tunemymusic 2-1_

2. Pilih Playlist untuk Ditransfer

Setelah sukses masuk, Anda bakal dibawa ke laman selanjutnya. Di bagian ini, Anda bakal diminta memilih playlist Spotify mana nan bakal dipindah ke YouTube Music.

spotify tunemymusic 4-1_

Tekan tombol “Load from Spotify Account” untuk mencari playlist di akun Anda secara otomatis. Atau, masukkan URL playlist di kolom nan tersedia di bawahnya. Centang playlist Spotify nan mau dipindahkan. Lalu, tekan tombol “Choose destination”.

3. Login ke Akun YouTube Music

spotify tunemymusic 5-1_

Di laman selanjutnya, pilih YouTube Music dan login ke akun YouTube Anda. Kalau sudah, tekan tombol “Start Transfer”.

spotify tunemymusic 6-1_

Tunggu sampai proses pemindahan playlist selesai. Kalau prosesnya sudah selesai, playlist Spotify nan sudah sukses dipindahkan ke YouTube Music dengan TuneMyMusic bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

spotify tunemymusic 7-1_

Sekadar info, situs ini juga dapat Anda andalkan untuk memindahkan playlist Spotify ke beragam platform lain seperti Apple Music dan Deezer. Caranya juga tak jauh berbeda dari memindahkan playlist ke YouTube Music tadi.

Layanan dari situs ini bisa digunakan secara cuma-cuma. Dan memang, saya bisa memindahkan playlist Spotify ke YouTube Music kurang dari 10 menit saja. Namun, ada saja kekurangan dari situs ini. Dari 49 lagu nan saya pindahkan, hanya 45 saja nan berhasil. Ada empat lagu nan kandas dipindahkan dan alasannya pun tidak saya ketahui.

Meski begitu, jasa situs ini betul-betul membantu saya untuk memindahkan playlist antarplatform dengan mudah. Oh iya, sebelum mentransfer daftar lagu dari Spotify ke YouTube Music, pastikan Anda sudah mengaktifkan kanal YouTube di akunnya. Tak perlu langganan YouTube Premium, kok. Playlist-nya bisa langsung ditambahkan.

Demikian pembahasan saya kali ini. Cara-cara di atas diharapkan dapat membantu Anda untuk tetap bisa mendengarkan deretan lagu favorit, baik di akun baru alias antarplatform. Jika Anda mempunyai pertanyaan, silakan sampaikan melalui kolom komentar nan tersedia, ya.

Selengkapnya
Sumber Info Teknologi
Info Teknologi