Cara Memunculkan Ruler Di Microsoft Word

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

• Diperbaharui 25-03-2024

Ketika menggunakan software sejenis Microsoft Word, kepresisian dalam mengatur layout dan format arsip sangatlah penting. Ruler alias penggaris dalam Microsoft Word merupakan perangkat bantu nan sangat berfaedah untuk memastikan teks dan objek lain dalam arsip Anda rapi dan teratur.

Ruler membantu pengguna dalam mengukur dan mengatur jarak antar paragraf, tab, margin, dan beragam komponen lainnya secara akurat. Namun, tidak jarang pengguna menemukan kesulitan dalam memunculkan alias mengatur ruler ini, terutama bagi mereka nan baru menggunakan Word.

Di tulisan ini, Carisinyal bakal mengulas secara komplit gimana langkah memunculkan ruler di Word serta langkah mengubah satuan ukuran pada ruler tersebut.

Cara Memunculkan Ruler

Pada umumnya, ruler bakal ditampilkan di laman kerja Word dengan sendirinya. Namun, ada kalanya ruler ini tidak muncul dan Anda kudu melakukan sedikit pengaturan untuk menampilkan ruler. Berikut adalah tutorial langkah memunculkan ruler:

  • Buka Dokumen Word: Pertama, buka arsip Microsoft Word nan mau Anda kerjakan.
  • Pergi ke Tab View: Di bagian atas jendela Word, klik pada tab “View”.
Muncul 1
  • Aktifkan Ruler: Dalam grup “Show”, cari dan centang kotak nan bertuliskan “Ruler”. Setelah itu, ruler bakal muncul di sisi atas dan kiri jendela arsip Anda.
Muncul 2

Ruler mendatar bakal muncul di bagian atas dokumen, sementara ruler vertikal bakal muncul di sisi kiri. Kedua ruler ini sangat membantu dalam mengatur layout dokumen, seperti mengatur lebar margin, indentasi paragraf, dan posisi tab.

Cara Mengubah Satuan Ukuran Ruler

Pengguna Word mungkin mau mengubah satuan ukuran pada ruler untuk menyesuaikan dengan preferensi alias kebutuhan arsip tertentu. Berikut adalah langkah untuk mengubah satuan ukuran pada ruler di Word:

  • Buka Options: Klik “File” di pojok kiri atas, kemudian pilih “More…” dan lanjutkan dengan mengklik “Options” untuk membuka jendela Word Options.
Ukuran 1
  • Pilih Advanced: Dalam jendela Word Options, pilih “Advanced” nan berada di sisi kiri.
  • Cari Display: Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian nan bertuliskan “Display”.
  • Ubah Unit of Measurement: Dalam bagian “Display”, cari opsi nan bertuliskan “Show measurements in units of” dan pilih satuan ukuran nan Anda inginkan dari dropdown menu nan tersedia. Anda bisa memilih antara centimeter, inci, milimeter, dan lain-lain.
Ukuran 2
  • Simpan Perubahan: Setelah memilih satuan ukuran nan diinginkan, klik “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.

Perubahan satuan ukuran pada ruler ini memudahkan Anda dalam menyesuaikan arsip sesuai dengan sistem pengukuran nan lebih familiar alias sesuai dengan standar pengukuran nan diperlukan dalam sebuah proyek alias tugas.

Menggunakan ruler di Word memungkinkan pengguna untuk lebih mudah dalam mengatur dan menyesuaikan layout dokumen, dari margin hingga penempatan objek, sehingga hasil akhir arsip menjadi lebih ahli dan rapi.

Dengan memahami langkah memunculkan dan mengatur ruler, serta gimana mengubah satuan ukurannya, Anda bakal lebih leluasa dalam mengelola arsip Word sesuai dengan kebutuhan.

Selengkapnya
Sumber Info Teknologi
Info Teknologi