Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 Di Word Dan Excel

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

• Diperbaharui 24-03-2024

Kertas F4, sering juga disebut Folio, merupakan salah satu ukuran kertas nan terkenal digunakan dalam beragam keperluan manajemen dan kantor. Ukurannya sedikit lebih panjang dari kertas A4, ialah sekitar 210 mm x 330 mm (8.27 inci x 13 inci), meskipun dimensi spesifik dapat bervariasi sedikit tergantung pada negara alias produsen kertas.

Kertas F4, nan juga dikenal dengan Legal, sering dipilih untuk arsip nan memerlukan ruang tambahan, seperti tabel, grafik, alias teks nan panjang. Namun, gimana langkah mengatur ukuran kertas F4 di aplikasi pengolah kata dan spreadsheet seperti Microsoft Word dan Excel? Berikut adalah panduannya.

Cara Mengatur Kertas F4 di Word

Mengatur ukuran kertas F4 di Microsoft Word mungkin tidak langsung tersedia di pengaturan standar, lantaran Word biasanya menyediakan ukuran kertas nan lebih umum seperti A4, A3, Letter, dan Legal. Namun, Anda bisa mengatur ukuran kertas secara manual dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka Microsoft Word dan arsip nan mau Anda atur ukurannya.
  • Navigasi ke tab "Layout".
  • Klik pada "Size" untuk membuka menu dropdown ukuran kertas. Jika F4 tidak ada di opsi, pilih "More Paper Sizes" di bagian bawah menu.
Word 1
  • Di jendela "Page Setup" nan muncul, pilih tab "Paper".
  • Dalam pilihan "Paper size", pilih "Custom Size".
  • Masukkan lebar (Width) 8.27” dan tinggi (Height) 13.00” untuk ukuran F4, kemudian klik "OK".
Word 2

Dengan langkah-langkah tersebut, arsip Word Anda sekarang sudah diset ke ukuran kertas F4. Anda bisa mulai mengetik alias menyesuaikan arsip sesuai kebutuhan.

Cara Mengatur Kertas F4 di Excel

Di Microsoft Excel, mengatur ukuran kertas untuk cetak juga memungkinkan, meskipun prosesnya sedikit berbeda lantaran sifat aplikasi nan berorientasi pada data. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur ukuran kertas F4 pada arsip Excel:

  • Buka Microsoft Excel dan buka workbook nan mau diatur ukuran kertasnya.
  • Navigasikan ke tab "Page Layout".
Excel 1
  • Klik "Size" untuk membuka menu dropdown ukuran kertas.
  • Sama seperti di Word, jika F4 tidak tersedia, pilih "More Paper Size" di bagian bawah menu untuk mengatur ukuran kertas secara manual.
Excel 2
  • Selanjutnya, pilih “Page” dan lanjutkan ke menu “Options”.
Excel 3
  • Klik “Custom”, lampau masukkan dimensi lebar (Width) 8.27” dan tinggi (Height) 13.00” untuk ukuran F4 dan klik "OK".
Excel 4

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, lembar kerja Excel Anda sekarang sudah disesuaikan dengan ukuran kertas F4. Ini sangat berfaedah untuk menyesuaikan tampilan info alias diagram sebelum mencetak, memastikan semuanya muat dengan baik pada kertas F4.

Dalam kedua kasus, baik Word maupun Excel, krusial untuk memeriksa pengaturan printer Anda sebelum mencetak untuk memastikan printer mendukung dan diatur untuk kertas F4, agar hasil cetak sesuai dengan pengaturan dokumen.

FAQ

Sejumlah pertanyaan mengenai ukuran kertas F4 di Microsoft Word dan Microsoft Excel ini mungkin bisa menjadi jawaban bagi Anda nan juga punya pertanyaan nan sama.

1. Apakah ukuran kertas A4 dan F4 sama?

Ukuran kertas A4 dan F4 tidak sama; F4 lebih panjang daripada A4.

2. Apakah kertas F4 sama dengan folio?

Ya, kertas F4 sering kali sama dengan kertas Folio, namun terdapat perbedaan mini dalam ukurannya tergantung pada produsen.

Selengkapnya
Sumber Info Teknologi
Info Teknologi