Di Android 15, Fitur Find My Device Bisa Temukan Hp Yang Mati

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Telset.id, Jakarta – Sebagian orang pernah kesulitan mencari HP Android nan lupa diletakan di mana alias apalagi nan paling buruk, hilang. Terlebih dalam kondisi HP mati.

Namun, fitur Find My Device dari Google di Andoid 15 bakal berfaedah untuk mencari HP nan bilang dalam posisi mati. Seperti diketahui, sebelumnya ketika perangkat tidak aktif, fitur ini tidak bisa diaktifkan.

Nantinya di Android 15, Google bakal mengatasi masalah untuk penemuan HP nan meninggal dengan memperkenalkan Powered Off Finding API nan baru.

BACA JUGA:

  • Terungkap, Android 15 Punya Kode Nama Vanilla Ice Cream
  • Chipset Google Tensor G4 bakal Punya Manajemen Daya Lebih Baik

Menurut Laporan terbaru dari Android Police, dijelaskan bahwa API baru ini dapat membantu menemukan letak perangkat apalagi ketika perangkat dalam kondisi sedang dimatikan.

Pada dasarnya, sistem API ini bakal bekerja dengan menyimpan konektivitas Bluetooth nan telah dihitung sebelumnya di dalam memori pengontrol Bluetooth.

Meski begitu, fitur Find My Device di Android 15 ini mempunyai hambatan lantaran memerlukan perangkat keras unik agar HP nan sedang meninggal bisa memberi daya pada pengontrol Bluetooth. Oleh karena itu, ini mungkin memerlukan sedikit persediaan baterai agar fitur dapat beroperasi.

Meskipun rumor awal menyebut bahwa fitur ini mungkin bakal debut pada Pixel 9, laporan Android Police sekarang menunjukkan bahwa Pixel 8 juga bakal mempunyai fitur ini saat menjalankan Android 15.

Selain persyaratan perangkat keras, upaya rekayasa perangkat lunak nan signifikan juga diperlukan untuk mendukung Bluetooth Finder HAL (Hardware abstraction layer). Pengguna juga kudu memastikan bahwa mereka telah memperbarui sistem operasi ke Android 15, nan mempunyai fitur Find My Device dari Google jenis terbaru.

Sayangnya, ponsel lama seperti seri Pixel Fold, seri Pixel 7, dan seri Pixel 6 mungkin tidak bakal mempunyai fitur ini. Masih belum jelas apakah perangkat tersebut tidak mempunyai perangkat keras nan diperlukan alias ada batas berbasis perangkat lunak.

BACA JUGA:

  • Layanan Google Pay bakal Ditutup Juni 2024, Ini Alesannya!
  • Google Chrome Kini Punya Fitur “Help Me Write”, Bisa Bantu Nulis!

Namun, ada kemungkinan fitur ini dapat diperluas ke perangkat lama tertentu di masa mendatang, terutama untuk model kelas atas terkini seperti Pixel Fold. Sehingga kita perlu menunggu hingga Android 15 diluncurkan nanti, agar mengetahui fitur ini bakal ada di ponsel apa saja. [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi