Dibekali Chipset A18 Pro, Iphone 16 Pro Bakal Punya Fitur Ai

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Telset.id, Jakarta – Saat ini rumor menyebut bahwa iPhone 16 Pro bakal punya fitur AI on device. Ini berkah menggunakan chipset teranyar Apple, A18 Pro.

Bagi nan belum tahu, fitur AI on device merupakan fitur AI nan bisa diakses secara langsung melalui perangkat, berkah chipset nan sudah mendukung fitur tersebut.

Sementara itu, iPhone 15 Series memang baru diluncurkan sekitar 7 bulan lalu, namun bocoran spesifikasi serta fitur iPhone 16 Series sudah muncul di internet. Seri ini dikatakan bakal mempunyai 4 model dengan iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

BACA JUGA:

  • Makin Banyak, Epic Games Store Bakal Hadir di iOS dan Android
  • Mirip Galaxy S24 Ultra, iPhone 17 Bakal Usung Layar Anti Reflektif

Laporan awal mengenai seri inimenunjukkan bahwa raksasa teknologi nan berbasis di Cupertino sedang mempersiapkan prosesor A18 Pro untuk jejeran iPhone mendatang dengan konsentrasi utama pada keahlian AI.

Di seri iPhone 15 nan tersedia saat ini, raksasa teknologi  asal Cupertino menggunakan chip A16 lama pada model iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, sedangkan chip A17 Pro nan semuanya baru pada model Pro.

Jeff Pu dari Haitong International Tech Research telah memberikan perincian mengenai chipset A18 Pro nan bakal menjadi jagoan Apple untuk iPhone di waktu nan bakal datang, menurut laporan 9to5Mac.

Menurut analis tersebut, Apple sedang merencanakan peningkatan signifikan pada chip A18 Pro dengan membawa keahlian AI secara langsung di perangkat. Bahkan, perusahaan meningkatkan produksi chip ini lebih awal dari biasanya.

“Menurut pemeriksaan rantai pasokan kami, kami memandang peningkatan permintaan untuk A18 Apple, sementara volume A17 Pro telah stabil sejak Februari. Kami mencatat A18 Pro Apple, jenis 6-GPU, bakal menampilkan area die nan lebih besar (dibandingkan dengan A17 Pro ), nan bisa menjadi tren komputasi edge AI”, tulis Pu dalam catatannya.

Area cetakan nan lebih besar ini menunjukkan bahwa chip tersebut bakal bisa menampung lebih banyak transistor dan komponen khusus. Hal ini bakal memberikan lebih banyak fitur AI pada perangkat di jejeran iPhone 16 Pro.

Meski begitu meningkatkan area cetakan pada sebuah chip dikatakan meningkatkan akibat abnormal dan abnormal desain. Hal ini juga dapat mempengaruhi efisiensi daya dan pembuangan panas.

Apple diperkirakan bakal mengambil pendekatan terpisah terhadap fitur AI-nya di tahun 2024 ini. Ini dapat mengandalkan prasarana cloud dalam kemitraan dengan Google untuk beberapa fitur AI sembari menjalankan fitur lainnya sepenuhnya di perangkat.

Sebagaimana dilansir Telset dari Gadgets360, seri iPhone 16 Pro diperkirakan bakal diluncurkan pada paruh kedua tahun ini dengan perubahan dan peningkatan besar dari seri sebelumnya.

BACA JUGA:

  • Microsoft Teams di iPhone bakal Punya Fitur Walkie-Talkie
  • Terobosan Apple: Paten Layar Lipat untuk iPhone & iPad!

iPhone 16 dan 16 Plus diharapkan bakal menggunakan chipset Apple A18, sedangkan iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max bakal ditenagai oleh prosesor A18 Pro. Sekedar informasi, A18 Pro telah muncul di Geekbench 6 dengan skor 3.500 poin untuk single-core dan multi-core mendapatkan skor 8.200. [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi