Google Rilis Veo, Ai Yang Bisa Bikin Video Dari Teks Dan Foto

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Google Rilis Veo, AI nan Bisa Bikin Video Dari Teks dan Foto

Kincaimedia – Dalam konvensi I/O, Google mengumumkan model video AI generatif terbarunya nan diberi nama Veo. AI generatif untuk video ini diklaim bisa menghasilkan video beresolusi 1080p dengan lama lebih dari satu menit dalam beragam style visual dan sinematik.

Menurut keterangan resmi dari Google, Veo bisa menggambarkan aktivitas nan lebih realistis untuk manusia, hewan, dan objek di sepanjang rekaman video secara konsisten dan koheren. Hal ini disebabkan oleh keahlian Veo dalam memahami bahasa alami dan visual sinematik, seperti pemahaman terhadap timelapse dan pengambilan gambar lanskap dari udara.

Dengan demikian Veo dapat memproduksi video beresolusi tinggi dari beragam prompts seperti teks, foto, hingga video. Veo sekarang tersedia bagi sejumlah kreator konten nan terpilih dengan langkah berasosiasi melalui tunggu.

Di masa mendatang, Veo juga bakal memperluas kemampuannya ke platform lain seperti YouTube Shorts dan produk-produk lainnya. Veo merupakan hasil pengembangan dari beragam model pembuatan video nan telah dikembangkan oleh Google selama beberapa tahun terakhir.

Mulai dari Generative Query Network (GQN), DVD-GAN, Imagen-Video, Phenaki, WALT, VideoPoet, dan Lumiere. Semua model ini dirancang dengan menggabungkan beragam arsitektur, norma skalabilitas, dan teknik-teknik inovatif lainnya untuk meningkatkan kualitas dan resolusi output.

Google juga bekerja sama dengan kreator movie dan content creator untuk melakukan penelitian dengan model ini. Selain memberikan mereka kesempatan untuk mencoba model ini secara langsung, kerjasama ini juga membantu Google dalam meningkatkan kualitas dan penerapan teknologinya.

Dengan melibatkan para pembuat dalam proses pengembangan Veo, Google berambisi dapat memastikan bahwa solusi nan dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan dan angan dari mereka nan menggunakan teknologi ini.

Veo-Build

Kolaborasi ini melibatkan kreator movie Donald Glover dan studio kreatifnya, Gilga, nan melakukan penelitian dengan Veo untuk sebuah proyek film. Hasil video kolaboratif ini juga dipublikasikan oleh Google melalui platform YouTube.

Pengembangan model video AI generatif tak hanya dilakukan oleh Google seorang. Pada bulan Februari 2024 Open AI telah menghadirkan model video AI generatif dari prompt teks dan foto ke video nan bernama Sora.

Setelah datang untuk kalangan tertentu, Sora kabarnya bakal dirilis untuk publik akhir tahun ini. Dilansir dari laporan The Verge, Sora apalagi bakal menyertakan prompt audio ke video nan memungkinkan model ini tersedia secara langsung di dalam aplikasi penyuntingan video seperti Adobe Premiere Pro.

Sedangkan untuk Veo belum diketahui lebih jauh kapan tersedia untuk publik. Baik Sora dan Veo tentu menjadi perihal nan menarik bagi kreator konten maupun movie untuk berkarya lebih jauh. Disisi developer membikin keduanya mempunyai persaingan untuk berlomba-lomba menghadirkan fitur nan lebih unggul.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Kincaimedia nan aktif menulis seputar buletin terbaru di bumi smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap