Hands-on Acer Predator Helios Neo 16 (phn16-72) Dan Nitro V 15 Special Edition

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Hands-On Acer Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) dan Nitro V 15 Special Edition

Kincaimedia – Acer Indonesia secara resmi telah meluncurkan Acer Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) terbaru nan menggunakan prosesor Intel Core i9 generasi ke-14 di Tanah Air.

Dalam aktivitas tersebut, saya berkesempatan untuk melakukan hands-on Acer Predator Helios Neo 16 generasi baru tersebut. Tak hanya sampai di situ saja, saya pun turut mencoba juga laptop gaming Acer seri lainnya nan berjulukan Acer Nitro V 15 Special Edition.

Tentunya Acer Predator Helios Neo 16 terbaru ini membawa peningkatan spesifikasi hardware dan performa dibandingkan laptop sebelumnya. Sementara Nitro V 15 Special Edition dihadirkan untuk memperingati 25 tahun Acer telah datang di Indonesia dengan peningkatan hardware dibandingkan jenis standarnya.

Acer Predator Helios Neo 16 (PHN16-72)

Dibandingkan generasi sebelumnya, Acer Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) terlihat futuristik lantaran menyematkan garis-garis menyala nan membentuk logo Predator pada bagian cover alias cangkangnya.

Tak hanya sampai di situ saja, pada bagian cangkangnya pun terdapat kode-kode PredatorVerse pada bagian kanan bawah cover nan menambah menarik dan misterius dari kreasi laptop ini.

Pada saat laptop ini dibuka, saya langsung dapat memandang layar nan luas bisa menampilkan konten dengan bening dan menghadirkan aktivitas transisi nan lembut sehingga nyaman di mata.

Acer Predator Helios Neo 16 - Feature New

Lebih lengkapnya, Acer Predator Helios Neo 16 ini mempunyai layar 16 inci dengan resolusi WQXGA,100% DCI-P3, tingkat kecerahan hingga 500 nits, aspek rasio 16:10, dan refresh rate 240Hz.

Sementara laptop ini menggunakan keyboard RGB nan dapat menampilkan beragam warna dengan empat area sehingga memudahkan pengguna untuk mengetik maupun memainkan game di kondisi redup alias gelap.

Susunan tata letak tombol-tombol keyboard di laptop ini juga membikin saya nyaman ketika mengetik. Sementara touchpad mempunyai area nan luas sehingga memudahkan untuk menggeser cursor, memilih beragam menu, dan menavigasi di layar.

Dengan support prosesor Intel Core i9-14900HX, membikin laptop gaming ini mempunyai performa berkekuatan untuk melahap beragam aplikasi dan game berat sekalipun dengan lancar.

Dukungan RAM DDR5 berkapasitas 16 GB, bisa membikin aktivitas multitasking dapat melangkah dengan mulus di laptop ini. Dengan hadirnya SSD 1 TB, membikin laptop gaming dapat menampung banyak game, aplikasi, dan file sekaligus.

Produk ini juga mempunyai support GPU NVIDIA GeForce RTX 4070 alias RTX 4060 nan dapat menampilkan skematis dengan bagus untuk game, aplikasi video editor, sistem operasi, dan lainnya. Didukung fitur Ray Tracing nan bisa membikin layar menampilkan game dengan pencahayaan natural seperti bumi nyata.

Acer Predator Helios Neo 16 New - Sticker

Apalagi GPU dari NVIDIA ini mempunyai support DLSS (Deep Learning Super Sampling) 3.5 nan merupakan penemuan dengan support AI (Artificial Intelligence) nan bisa meningkatkan keahlian skematis secara signifikan, seperti fps (frame per second) nan tinggi serta stabil, sehingga dapat menghadirkan pengalaman bermain game nan lebih mulus dan imersif di Acer Predator Helios Neo 16.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan teknologi 3D Fan Aeroblade generasi ke-5, termal logam cair, dan pipa transfer panas agar dapat membikin suhu tetap stabil ketika memainkan game dalam waktu lama.

Terdapat 12 lubang pembuangan angin dengan kombinasi 6 lubang di sisi bagian belakang, 3 lubang di sisi bagian kiri, dan 3 lubang di sisi bagian kanan agar panas dari laptop dapat dikeluarkan dengan baik.

Pada sisi belakangnya, datang juga dua port USB Type-C Thunderbolt, port HDMI, dan lubang power connector. Sementara sisi kanannya, terdapat 2 port USB 3.2. Beralih ke sisi kirinya, terdapat port USB 3.2, port Ethernet LAN (RJ-45), slot microSD, dan port jack audio 3,5mm.

Acer Predator Helios Neo 16 ini sudah dilengkapi dengan speaker nan didukung DTS X sehingga mempunyai pengalaman audio nan imersif, terutama ketika menjalankan game First Person Shooter (FPS), Strategy, Role Playing Game (RPG), dan lainnya.

Seperti biasanya, Acer Predator Helios Neo 16 ini dilengkapi dengan tombol keyboard berlogo Predator nan dapat mengakses fitur PredatorSense dengan beragam fungsi, seperti memantau sistem, overclock, menyesuaikan preferensi RGB, mengatur kipas pendingin, dan tetap banyak lagi sehingga dapat membikin keahlian serta penggunaan fitur laptop ini menjadi lebih optimal.

Sebagai laptop generasi terbaru, Acer Predator Helios Neo 16 ini mempunyai tombol keyboard unik berlogo Copilot sehingga dapat mengakses fitur Microsoft Copilot nan merupakan asisten digital pandai berasas AI (Artificial Intelligence) nan dapat membantu beragam tugas dan kebutuhan penggunanya.

Acer Indonesia telah membuka pre-order Acer Predator Helios Neo 16 terbaru mulai dari tanggal 7 hingga 31 Maret 2024 dengan potongan nilai Rp2.500.000, dimana jenis dengan GPU NVIDIA GeForce RTX4070 dari nilai Rp33.499.000 menjadi Rp30.999.000 dan NVIDIA GeForce RTX4060 dari nilai Rp29.499.000 menjadi Rp26.999.000.

Acer Nitro V 15 Special Edition

Pada bagian cover alias cangkang dari ini terlihat logo N nan berfaedah Nitro ditambah dengan garis berwarna-warni secara diagonal nan biasa muncul di beberapa game nan menegaskan bahwa Acer Nitro V 15 Special Edition merupakan laptop gaming.

Pada saat saya memegang dan mengangkatnya, terasa bahwa Acer Nitro V 15 Special Edition ini lebih ramping dan ringan dibandingkan dengan Acer Predator Helios Neo 16 (PHN16-72).

Setelah laptop dibuka, saya langsung dihadapkan pada layar 15,6 inci dengan teknologi IPS, dan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) nan bisa menampilkan konten secara luas sehingga saya dapat melihatnya dengan leluasan.

Acer Nitro V 15 Special Edition - Display

Adapun refresh rate 144Hz, membikin layarnya bisa menampilkan aktivitas transisi perpindahan menu dengan halus. Tentunya kecepatan refresh rate nan tiinggi ini juga bakal terasa ketika memainkan game dengan FPS nan tinggi.

Meskipun tidak mempunyai lampu RGB empat zona, namun keyboard dari Acer Nitro V 15 Special Edition ini juga mempunyai backlit dengan sinar nan berwarna putih sehingga memudahkan untuk mengetik, memainkan game, maupun beraktivitas dalam kondisi redup.

Apalagi tombol-tombol keyboard dari laptop ini juga terasa nyaman ketika ditekan sehingga proses mengetik ataupun memainkan game terasa lancar. Touchpad nan dihadirkan pada Acer Nitro V 15 Special Edition mempunyai area nan luas sehingga memudahkan dalam proses navigasi di layarnya.

Acer Nitro V 15 Special Edition - Sticker

Terdapat juga tombol keyboard berlogo N nan ketika ditekan bakal masuk ke NitroSense. Fitur nan satu ini dapat digunakan memantau sistem, mengendalikan kipas pendingin, memonitor suhu, dan mengatur performa agar Acer Nitro V 15 Special Edition dapat digunakan dengan optimal.

Hal nan paling mencolok dibandingkan jenis standarnya, Acer Nitro V 15 Special Edition ini sudah menggunakan prosesor Intel Core i9-13900H nan bisa menjalankan beragam aplikasi dan game nan berat dengan mulus.

Untuk menunjang keahlian multitasking dari Acer Nitro V 15 Special Edition, RAM GDDR5 berkapasitas 16 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya pun terasa lega lantaran sudah menggunakan SSD 512 GB.

GPU NVIDIA GeForce RTX 4060 nan dibenamkan pada Acer Nitro V 15 Special Edition bisa menghadirkan pengalaman game nan memanjakan mata lantaran menghadirkan skematis berbobot bagus berkah hadirnya beragam fitur, seperti Ray Tracing, NVIDIA DLLS 3.5, dan NIVIDIA Max-Q.

Tak ketinggalan, speaker dengan support DTS X nan dapat menghasilkan bunyi menggelegar untuk beragam konten, seperti film, game, musik, dan tetap banyak lagi. Pada sisi belakangnya terdapat lubang pembuangan angin.

Acer Nitro V 15 Special Edition - Front

Pada sisi kirinya, terdapat power connector, port Ethernet LAN (RJ-45), port HDMI, 2 port USB 3.2, dan port USB Type-C Thunderbolt. Sementara pada sisi kanannya terdapat port jack audio 3,5mm, port USB 3.2, dan lubang pembuangan angin.

Sebagai laptop gaming jenis unik untuk memperingati 25 tahun Acer di Indonesia, Acer Nitro V 15 Special Edition ini sudah dijual dengan nilai resmi Rp22.499.000. Namun untuk saat ini sedang ada potongan nilai mencapai Rp2.500.000 sehingga harganya menjadi Rp19.999.000.

Sebagai catatan, kedua laptop gaming ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Home Student 2021 dan sistem operasi Windows 11 Home. Semua produk ini juga mendapatkan agunan 3 tahun dari Acer Indonesia (3 tahun spare part dan 3 tahun service) serta tambahan Acer Priority Care.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Kincaimedia nan biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal beragam kelebihan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap