Ini Cara Salin Teks Dari Gambar Di Android Dan Ios, Gak Perlu Ngetik!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Telset.id – Anda pasti pernah mengalami kesulitan kudu menyalin teks nan ada di foto alias gambar. Sekarang masalah itu bisa dengan mudah diatasi, lantaran sudah ada langkah menyalin tulisan di foto menggunakan aplikasi, baik di HP maupun laptop.

Pada saat mengikuti presentasi nan menampilkan infografis berupa gambar-gambar, Anda mungkin merasa kesulitan untuk menyalin teks tulisan nan ada di gambar-gambar tersebut

Tentu saja Anda bakal merasa direpotkan jika kudu mengetik ulang materi nan ada di gambar tersebut, apalagi jika jumlahnya banyak. Tentu bakal merepotkan dan melelahkan untuk menyalin ulang semua teks itu.

Tapi tenang, lantaran sekarang Anda tidak perlu repot-repot mengambil tulisan dari gambar dengan “cara jadul”, ialah menulis ulang teks di gambar. Anda sekarang bisa copy tulisan di gambar dengan mudah, dan memindahkannya ke dalam corak arsip nan kita mau, baik ke Word alias notepad.

Untuk bisa menyalin alias memindahkan tulisan/ text pada sebuah gambar, Anda bisa menggunakan beberapa metode nan bakal kami beritahu caranya. Yuk simak tipsnya di berikut ini:

Baca juga:

  • Cara Memperbaiki Windows 10 Crash, Panduan Lengkap 2023
  • 5 Cara Screenshot HP Samsung untuk Semua Tipe Terbaru 2023

1. Menyalin Teks dalam Foto dengan Google Lens

cara copy tulisan di gambar

Cara mengakses Google Lens ini sangat mudah. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka Google Photos dan pilih foto nan terdapat teks
  2. Pilih fitur ‘Lens’
  3. Sorot > teks
  4. Pilih opsi > ‘Copy Text’

2. Menyalin Teks dalam Foto dengan Live Text

Cara kedua ini bisa digunakan pada pengguna perangkat iOS (iPhone dan iPad) nan sudah menjalankan iOS 15 dan iPadOS 15. Seperti diketahui, Apple menambahkan fitur baru berjulukan Live Text nan dapat digunakan untuk copy paste teks dari sebuah foto.

Fitur Live Text bisa mengenali teks nan ada di foto pengguna secara jeli dan pengguna dapat melakukan banyak perihal dengan teks tersebut. Nah ikut langkah-langkahnya berikut ini:

cara mengambil tulisan dari gambar

  1. Buka aplikasi Photos di iPhone alias iPad
  2. Pilih foto nan mau disalon pada gambar
  3. Perbesar ke bagian teks dari foto nan mau kita copy paste
  4. Tekan dan tahan pada teks nan mau kita salin
  5. Kemudian seret ujung pemilihan untuk memilih teks nan mau kita copy.
  6. Lalu pilih opsi > ‘Copy’ dari pop up menu.
  7. Paste teks nan telah kita copy di aplikasi tujuan.

Cara Menyalin Teks dari Gambar dengan Aplikasi

Cara menyalin tulisan di foto nan pertama kali kudu Anda lakukan adalah dengan install aplikasi berjulukan Text Fairy (OCR Text Scanner) nan sudah tersedia di Google Play Store.

mengambil tulisan dari gambar menggunakan aplikasi

  • Jika sudah, jalankan aplikasi menyalin teks dari foto ini dan kemudian izinkan aplikasi untuk bisa mengakses media penyimpanan pada smartphone dengan menekan tombol Allow.
  • Selanjutnya, pilih salah satu langkah copy tulisan di gambar ialah dengan memotretnya alias mengambil gambar nan sudah tersimpan di media penyimpanan. Oh ya, pada aplikasi ini juga tersedia fitur download bahasa di dalamnya, termasuk Bahasa Indonesia.
  • Di sini kami menggunakan opsi memotret gambar dengan menekan tombol seperti kamera. Arahkan kamera ke gambar nan mau Anda ekstrak tulisannya. Agar mengambil teks di dalam gambar menjadi maksimal.

mengambil tulisan dari gambar

  • Jika sudah, kemudian Anda kudu crop gambar nan mau diambil tulisannya, kemudian piliih bahasa dari tulisan tersebut. Selanjutnya tunggu beberapa saat hingga proses pengenalan huruf oleh aplikasi selesai.

  • Setelah muncul tulisannya, maka Anda bisa mulai salin teks dari gambar tersebut, membagikannya alias menjadikannya file berekstensi .pdf.

Baca juga:

  • Microsoft Word Sekarang Bisa Transkrip Suara Jadi Teks
  • Cara Pakai Fitur Handwriting to Text di Samsung Galaxy Note 20

Itulah langkah menyalin teks dari gambar! Mulai sekarang jika Anda malas mengetik catatan, pakai saja langkah salin teks dari foto alias gambar seperti di atas.

Selamat mencoba langkah mengcopy tulisan di gambar dari kami, ya! [FHP/HBS]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi