Inilah 6 Perbedaan Asus Rog Phone 7 Dan Rog Phone 8

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Pada awal tahun 2024, ASUS meluncurkan HP gaming terbarunya di pasar dunia ialah ASUS ROG Phone 8 Series. Terdapat tiga model nan mengisi seri ini, salah satunya adalah ASUS ROG Phone 8 sebagai model paling regulernya. HP ini menjadi penerus langsung dari ASUS ROG Phone 7 nan datang pada April 2023 di pasar dunia dan Juli 2023 di pasar Indonesia.

Untuk pasar Indonesia sendiri, ROG Phone 8 series diumumkan kehadirannya pada Maret 2024.

Sebagai penerus, tentu saja ASUS ROG Phone 8 menyematkan beberapa peningkatan di sektor tertentu. Hal ini guna membikin aktivitas gaming terasa lebih nyaman. Lantas, apa saja kira-kira perbedaan dari ASUS ROG Phone 7 dan ROG Phone 8 ini? Anda bisa menyimak daftar perbedaannya berikut setelah info spesifikasinya.

Spesifikasi ASUS ROG Phone 7

ASUS ROG Phone 7
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini

Spesifikasi ASUS ROG Phone 8

asus rog phone 8
Layar LTPO AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 32 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 5500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini

Perbedaan ASUS ROG Phone 7 dan ROG Phone 8

Sebagai HP gaming, kedua HP ini sudah cukup mumpuni untuk memainkan beragam jenis game mobile populer. Namun, ASUS ROG Phone 8 membawa beberapa peningkatan nan membuatnya terlihat lebih menarik. Nah, berikut beberapa perbedaan ASUS Rog Phone 7 dan ROG Phone 8 nan mesti Anda tahu.

1. Sertifikasi IP54 vs IP68

asus rog phone 8 5_

ASUS ROG Phone Series jadi salah satu HP seri gaming pertama nan menghadirkan sertifikasi IP rating pada bodinya. Misalnya sertifikasi IP54 nan disematkan pada ASUS ROG Phone 7. Sertifikasi ini membuatnya bisa memperkuat dari debu dan percikan air.

Sebagai penerus, ASUS sekarang menyematkan sertifikasi nan lebih mumpuni ialah IP68 pada ASUS ROG Phone 8. Sertifikasi ini tidak hanya bisa menahannya dari percikan air saja. Namun terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Sebagai informasi, sertifikasi ini biasanya hanya datang pada HP flagship secara umum saja. Nyaris tidak pernah ada HP gaming manapun nan menyematkan sertifikasi ini. Dengan kata lain, ASUS mencatatkan sejarah pada ASUS ROG Phone 8 sebagai nan pertama memakai IP68 layaknya ponsel flagship.

Bukan tanpa argumen HP gaming tidak pernah memakai sertifikasi semacam ini. Komponen internal pada HP gaming biasanya lebih kompleks dan condong mustahil untuk mendapatkan perlindungan tersebut. Namun, ASUS membuatnya mungkin, salah caranya adalah dengan membikin konstruksinya lebih rapat, apalagi menghilangkan fitur untuk lubang ventilasi.

Di sisi lain, ASUS juga tampaknya sedikit mengurangi aksen visual ekstrem nan biasanya datang di HP gaming-nya. Hal ini membuatnya tampak lebih kalem seperti HP flagship biasa pada umumnya. Saya sendiri lebih menyukai desainnya lantaran terasa lebih elegan dan minimalis, tapi tetap gaming.

Kegarangannya tetap terasa dari tampilan logo ROG hingga tulisan “Dare to Win” nan dipertahankan. ASUS ROG Phone 8 juga mempunyai bodi nan ketebalannya cukup tipis ialah 8,9 mm. Sedangkan ASUS ROG Phone 7 terasa cukup tebal sebagai HP gaming ialah 10,3 mm.

2. Layar Lebih Cerah dan Luas

asus rog phone 8 series cover_

Beralih ke sektor layar, keduanya menawarkan keahlian layar nan cukup imersif sebagai HP gaming. Keduanya mempunyai ukuran layar 6,78 inci dengan resolusi Full HD+ nan memuaskan. Aktivitas bermain game bakal terasa lebih puas dengan perspektif pandang nan ditawarkan.

Jika diperhatikan, ASUS ROG Phone 8 mempunyai ukuran layar lebih luas dengan menghilangkan poni dan menggunakan punch hole. HP ini mempunyai rasio layar ke bodi mencapai 88,2 persen, sedangkan ASUS ROG Phone 7 hanya 82,2 persen.

Sebagai HP gaming, kedua HP ini sudah lebih baik lantaran dibekali refresh rate tinggi ialah 165 Hz. Selain mempunyai pergerakan mulus, sentuhannya juga sangat responsif dengan touch sampling rate 720 Hz.

Meski mempunyai refresh rate sama, ASUS ROG Phone 8 diklaim mempunyai penggunaan daya nan lebih awet berkah panel LTPO AMOLED. LTPO (Low Temperature Polycrystalline Oxide) merupakan teknologi nan sanggup mengatur refresh rate serendah mungkin saat tidak ada aktivitas di layar. Sedangkan ASUS ROG Phone 7 menggunakan panel AMOLED biasa.

Peningkatan lainnya adalah ASUS ROG Phone 8 menawarkan keahlian penggunaan di luar ruangan nan lebih baik. Kecerahan layar puncak nan dimilikinya bisa sampai 2500 nit. Meski begitu, ASUS ROG Phone 7 pun bisa digunakan dengan baik di luar ruangan dengan kecerahan puncak 1500 nit.

Untuk ketahanannya, ASUS ROG Phone 8 menggunakan Gorilla Glass Victus 2. Jenis perlindungan tersebut berada satu generasi di atas Gorilla Glass Victus nan digunakan oleh ASUS ROG Phone 7.Anda tidak perlu cemas bakal merusak layar ketika bermain game dengan intens, nan krusial tidak dibanting.

3. Snapdragon 8 Gen 2 vs Snapdragon 8 Gen 3

qualcomm

Peningkatan nan mungkin paling menarik nan ditawarkan ASUS ROG Phone 8 ini adalah performanya. Demi mendapatkan performa maksimal, HP ini menggunakan chipset paling handal dari Qualcomm ialah Snapdragon 8 Gen 3. Sedangkan ASUS ROG Phone 7 menggunakan generasi sebelumnya ialah Snapdragon 8 Gen 2.

Kedua chipset ini mempunyai proses fabrikasi 4 nm dari TSMC. Perbedaan nan paling terlihat ada pada komponen penyusunnya, ialah CPU dan GPU. Snapdragon 8 Gen 2 mempunyai CPU dengan susunan 1+2+2+3.

Terdiri dari satu core Cortex-X3 (3,2 GHz) sebagai inti prima, dua core Cortex-A715 (2,8 GHz) untuk performa, dua core Cortex-A710 (2,8 GHz) juga untuk performa, dan tiga core Cortex-A510 (2.0 GHz) untuk efisiensi. Sedangkan untuk kartu pengolah grafisnya ialah Adreno 740 dengan gelombang 680 MHz.

Formasi CPU pada Snapdragon 8 Gen 3 sedikit berbeda, ialah 1+5+2. Artinya, inti performanya lebih banyak dan inti efisiensinya lebih sedikit daripada Snapdragon 8 Gen 2.

CPU untuk Snapdragon 8 Gen 3 terdiri dari satu core Cortex-X4 (3,3 GHz) sebagai inti prima, lima core Cortex-A720 (3,2 GHz dan 2,9 GHz) untuk performa, dan dua core Cortex-A520 (2.3 GHz) untuk efisiensinya. Sedangkan untuk kartu pengolah grafisnya ialah Adreno 750 dengan gelombang 770 MHz.

Di sisi lain, Qualcomm juga mengeklaim bahwa Snapdragon 8 Gen 3 dibekali beberapa komponen dengan efisiensi nan ditingkatkan. Mulai dari efisiensi AI (40 persen), efisiensi CPU (20 persen), dan efisiensi GPU (25 persen). Menurut info nan dicatat Nanoreview, Snapdragon 8 Gen 3 selalu bisa mengungguli Snapdragon 8 Gen 2 di beberapa uji benchmark.

Mulai dari pengetesan benchmark AnTuTu v10, Snapdragon 8 Gen 3 bisa meraih skor sangat tinggi ialah 2.058.150 poin. Sedangkan Snapdragon 8 Gen 2 berada di bawahnya dengan skor 1.530.706 poin.

Untuk pengetesan GeekBench 6, Snapdragon 8 Gen 3 mendapatkan skor 2.177 (single-core) dan 7.262 (multi-core). Sedangkan Snapdragon 8 Gen 2 mendapatkan skor 1.988 (single-core) dan 5.292 (multi-core). Lebih lanjut untuk pengetesan 3DMark Wild Life, Snapdragon 8 Gen 3 mendapat skor 16.526, sedangkan Snapdragon 8 Gen 2 mendapat skor 12.157.

Performa nan ditawarkan oleh kedua HP ROG Phone ini memang tidak main-main. Belum lagi didukung oleh beragam fitur lain nan bisa meningkatkan kenyamanan dalam penggunaannya. Misalnya saja sistem GameCool Thermal nan bisa mendinginkan CPU dari segala arah.

Di dalamnya juga terdapat Rapid-Cycle Vapor Chamber dan Graphite Sheets nan dioptimalkan. Terakhir ada AeroActive Cooler sebagai salah satu aksesori untuk meningkatkan performa agar lebih stabil untuk penggunaan lebih lama.

4. Kehadiran Kamera Telefoto dan Gimbal OIS

asus rog phone 8_

Di sektor kamera, ASUS ROG Phone 7 dan ROG Phone 8 kompak mengandalkan kamera utama 50 MP (f/1.9) dan ultrawide 13 MP (f/2.2). Bahkan, perekaman video kamera belakangnya bisa mencapai kualitas 8K 24 fps dengan support gyro-EIS untuk stabilisasinya.

Sedangkan di bagian depannya terdapat kamera selfie 32 MP nan cukup baik. Sayangnya, perekaman video kamera depannya terbatas di kualitas 1080p 30 fps saja.

Sebagai HP gaming, keahlian kamera ini sering dianggap bukan sebagai sektor nan cukup penting. Namun, tidak dengan ASUS. Bahkan, ASUS ROG Phone 8 dibekali keahlian kamera setara HP flagship biasa dengan konfigurasi lengkap, serta fitur pendukung nan menarik.

Di bagian belakangnya, ASUS ROG Phone 8 sudah dibekali kamera telefoto 32 MP (f/2.4). Kamera ini bisa melakukan optical zoom 3x dengan cukup stabil berkah support OIS (Optical Image Stabilization). Keberadaan kamera ini bisa dibilang sebuah anomali. Sebab baru kali ini ada HP gaming nan sangat memerhatikan sektor kamera.

Selain itu, Kamera utama ASUS ROG Phone 8 juga sudah dibekali fitur pendukung gimbal OIS. Tidak hanya di HP gaming, fitur gimbal OIS ini sangat jarang dimiliki oleh HP flagship biasa. Beberapa HP nan sudah dibekali gimbal OIS sebagai stabilisasinya adalah vivo X80 Pro dan beberapa seri vivo X Pro sebelumnya, serta ASUS Zenfone 10.

Sebagai informasi, fitur gimbal OIS ini berbeda dengan fitur OIS biasa. Meski keduanya sama-sama hardware, gimbal OIS dianggap lebih mumpuni untuk meredam guncangan, apalagi saat dibawa berlari sekalipun.

Sederhananya, gimbal OIS memungkinkan lensa bergerak mengikuti titik optik sehingga lebih fleksibel. Sedangkan lensa dengan fitur OIS biasa berkarakter statis, sehingga peredaman guncangannya tidak bakal lebih sesignifikan dari gimbal OIS.

5. Baterai dan Pengisian Daya

asus rog phone 8 airtrigger 2_

Sebagai penerus, ASUS ROG Phone 8 justru malah memangkas alias memperkecil kapabilitas baterainya menjadi 5500 mAh. Sedangkan ASUS ROG Phone 7 dibekali baterai berkapasitas sangat besar ialah 6000 mAh.

Kapasitasnya nan besar ini bakal membikin ketahanan baterainya bisa awet untuk beragam aktivitas. Namun, bukan berfaedah ASUS ROG Phone 8 mempunyai ketahanan baterai nan lebih jelek. Pasalnya, ketahanannya ini didukung beberapa sektor lain seperti panel LTPO, hingga penggunaan chipset dengan efisiensi daya baik.

ASUS ROG Phone 7 dan ROG Phone 8 didukung pengisian daya 65 W. Meski kecepatannya sama, ASUS ROG Phone 8 diklaim mempunyai kecepatan pengisian daya lebih sigap ialah 39 menit untuk penuh. Sedangkan ASUS ROG Phone 7 butuh waktu sekitar 42 menit untuk mengisi daya penuh. Perbedaan waktu ini mungkin dipengaruhi lantaran kapasitasnya.

Terdapat beberapa fitur pendukung lain untuk pengisian dayanya. Misalnya reverse wired charging 10 W nan ditawarkan oleh keduanya. Serta keberadaan fitur bypass charging nan membuatnya kondusif untuk digunakan bermain game sembari mengecas.

6. Harga dan Ketersediaan

asus rog phone 7

ASUS ROG Phone 7 diluncurkan untuk pasar dunia lebih dulu ialah pada April 2023, kemudian masuk ke pasar Indonesia pada Juli 2023. HP ini menawarkan dua jenis warna nan cukup menarik ialah Phantom Black dan Storm White.

Harganya, ASUS ROG Phone 7 dijual dengan nilai Rp10,9 jutaan untuk jenis RAM 8 GB dan internal 25 GB. Sedangkan jenis nan lebih besarnya ialah RAM 12 GB dan internal 256 GB dijual dengan nilai Rp13,9 jutaan.

ASUS ROG Phone 8 sendiri datang dengan nilai nan tetap di nomor Rp10 jutaan. Untuk nilai resminya sebagai berikut

ASUS ROG Phone 8 12/256 GB Rp10.999.000
ASUS ROG Phone 8 Pro 16/512 GB Rp14.999.000
ASUS ROG Phone 8 Pro Edition 24 GB/1 TB Rp19.999.000

ROG Phone 8 standar nan datang di Indonesia datang dengan jenis Phantom Black dan StormGrey. Sementara jenis Pro dan Pro Edition hanya hadirkan jenis Phantom Black.

Simpulan

ASUS ROG Phone 8 dibekali kamera telefoto dengan OIS nan biasanya datang untuk HP flagship biasa. Bahkan, HP ini juga mempunyai fitur gimbal OIS di kamera utamanya. Kemampuan fitur ini dalam meredam guncangan lebih baik dari OIS biasa nan juga jarang dimiliki oleh HP flagship pada umumnya.

Perbedaan lainnya antara ASUS ROG Phone 7 dan ROG Phone 8 ada pada sektor kreasi nan lebih kalem. Ketahanannya pun sudah lebih baik dengan sertifikasi IP68, sedangkan sebelumnya hanya IP54 saja. Bodi ASUS ROG Phone 8 juga lebih tipis sehingga lebih nyaman saat digenggam.

Untuk kebutuhan gaming-nya, ASUS ROG Phone 8 menggunakan chipset dengan performa terbaik dari Qualcomm ialah Snapdragon 8 Gen 3. Chipset ini menawarkan performa nan jauh lebih handal dibandingkan Snapdragon 8 Gen 2 nan digunakan ASUS ROG Phone 7.

Nah, setelah memandang beberapa perbedaan dari HP gaming milik ASUS, Anda bisa memutuskan nan paling pas dengan Anda. Apakah itu ASUS ROG Phone 7 alias ROG Phone 8 nan lebih baru dengan beragam keunggulannya? Silakan tulis jawaban dan argumen Anda di kolom komentar, ya.

Selengkapnya
Sumber Info Teknologi
Info Teknologi