Inilah 8 Kelebihan Dan Kekurangan Xiaomi 14

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

• Diperbaharui 23-03-2024

Xiaomi 14 datang resmi di Indoensia pada Maret 2024. Xiaomi 14 pertama kali diperkenalkan ke pasar dunia pada Februari melalui Mobile World Congress (MWC) di Barcelona berbareng dengan Xiaomi 14 Ultra. Hanya saja, nan masuk resmi Indonesia adalah Xiaomi 14 saja.

Xiaomi 14 datang menawarkan kelebihan di beragam sektornya, mulai dari desain, layar terang, chipset gahar dengan memori luas, serta kamera nan menjadi nilai jual utamanya. Nah, agar lebih yakin, simak beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi 14 secara singkat di dalam tabel berikut, kemudian lanjut ke pembahasannya.

*Tabel ini bisa digeser ke samping

Desain kompak nan elegan

Ada kombinasi tangan leica di kamera

Harga nan melambung tinggi

Stereo speaker dan empat mic array

Performa chipset powerful Snapdragon 8 Gen 3

Sudah dengan HyperOS nan efisien

Baterai awet dengan pengisian daya cepat

Konektivitas dan sensor lengkap

Spesifikasi Xiaomi 14

Xiaomi 14
Layar LTPO OLED 6.36 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 50 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4610 mAh

Kelebihan Xiaomi 14

Xiaomi 14 tampaknya bakal menjadi kandidat HP flagship terbaik tahun 2024. Daripada penasaran, simak beberapa kelebihan nan ditawarkan Xiaomi 14 berikut ini.

1. Desain Kompak nan Elegan

Xiaomi 14

Sama seperti generasi sebelumnya ialah Xiaomi 13 Series, Xiaomi 14 tetap menggunakan kreasi mirip dengan modul kamera persegi. Namun, modulnya perseginya tampak sedikit lebih tebal alias menonjol. Hal ini wajar mengingat mesin alias hardware yang digunakannya pun lebih besar.

Selain itu, kreasi bodi belakangnya pun tetap menggunakan kombinasi lengkung dan sisi datar. Namun, tidak sedikit orang nan kurang menyukai kombinasi ini, salah satunya adalah lantaran kurang pas dengan sisi datar dan modul kamera menonjol.

Terlepas dari itu, sisi bodinya nan sedikit melengkung ini bisa meningkatkan kenyamanan saat menggenggam. Apalagi Xiaomi 14 jadi salah satu HP flagship nan punya ukuran bodi kompak dengan dimensi 152,8 x 71,5 x 8,2 mm. Kesan genggaman nan diberikannya cukup nyaman apalagi untuk waktu lama dengan berat hanya 193 gram saja.

Sayangnya, Xiaomi 14 mempunyai akhiran bodi nan glossy sehingga terasa licin saat digenggam. Selain itu, bodinya juga lebih mudah menimbulkan noda sidik jari. Salah satu langkah untuk mengatasi perihal ini adalah dengan menggunakan case sekaligus sebagai perlindungannya.

Di generasi sebelumnya ialah Xiaomi 13, terdapat jenis unik nan juga masuk ke pasar dunia ialah menggunakan silicon polymer dengan tekstur kulit. Sedangkan Xiaomi 14 hanya menyediakan jenis unik tersebut untuk pasar China. Dengan kata lain, jenis warna Xiaomi 14 nan tersedia untuk pasar dunia adalah Jade Green, White, dan Black.

Hal menarik dari bodi Xiaomi 14 ini adalah bagian frame atasnya nan terlihat bersih. Xiaomi memindahkan semua hardware untuk loudspeaker ke dalam lubah earpiece. Sedangkan infrared-nya dipindahkan ke dalam notch kamera. Selain itu, frame-nya sudah menggunakan material metal aluminium sehingga terlihat lebih mengkilap dan lebih kokoh.

Di sisi lain, Xiaomi 14 tetap menggunakan sertifikasi sama dengan generasi sebelumnya ialah IP68. Sertifikasi ini membuatnya sudah tahan debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Tidak perlu cemas lagi jika terkena hujan alias tercebur ke dalam air.

2. Ada Campur Tangan Leica di Kamera

Xiaomi 14

Kamera menjadi salah satu sektor nan diunggulkan oleh Xiaomi 14 dengan beragam peningkatannya. Lensa nan digunakan tetap sama seperti generasi-generasi sebelumnya ialah dengan bekerja sama dengan Leica. Sebuah perusahaan kamera ternama di bumi asal Jerman nan sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Xiaomi 14 mempunyai konfigurasi triple camera 50 MP nan mirip dengan model di atasnya ialah Xiaomi 14 Pro. Bedanya, Xiaomi 14 Pro mempunyai aperture variable dari f/1.4–f/4.0. Selain itu, keduanya tidak dibekali kamera periskop telefoto nan datang eksklusif di Xiaomi 14 Ultra.

Kamera utama Xiaomi 14 menggunakan sensor OmniVision OVX9000 alias Light Fusion 900 nan memulai debut pertamanya. Sensornya ini mempunyai ukuran cukup besar ialah 1/1.31 inci dengan focal length 23 mm dan rentang bergerak 13,5EV. Kedalaman warna 14-bit nan dimilikinya bisa menangkap perincian lebih banyak dalam sinar alias bayangan.

Xiaomi 14 datang dengan aperture generasi terbaru dari Leica nan disebut Leica Summilux Optical Lens. Ukuran aperture-nya lebih besar dibanding generasi sebelumnya ialah menjadi f/1.6. Lensa ini mempunyai kecepatan tinggi nan tidak hanya bisa menangkap banyak cahaya, tapi juga mereproduksi warna, kontras, dan resolusi nan luar biasa.

Kamera selanjutnya adalah telefoto dengan aperture f/2.0 dan focal length hingga 75 mm. Kamera ini sudah merangkap dua tugas sekaligus ialah untuk memotret objek alias barang jauh dan dekat. Kamera ini bisa melakukan hingga 3,2x optical zoom dengan perbesaran paling jauh hingga 60x. Sedangkan untuk memotret objek jarak dekatnya bisa sampai 10 cm.

Xiaomi menjanjikan bahwa Xiaomi Imaging Engine bakal memastikan tone nan dihasilkan semua kamera terlihat konsisten. Pasalnya, pengaturan white balance dan exposure-nya dari kamera utamanya bakal selalu aktif. Kamera utama dan telefotonya juga sudah didukung oleh OIS (Optical Image Stabilization) agar proses pengambilan gambar jadi lebih stabil.

Terakhir adalah kamera ultrawide nan mempunyai aperture f/2.2 dengan focal length 14 mm. Kamera ini digunakan untuk memotret banyak objek sekaligus di dalam satu frame. Tenang saja, FoV nan dimilikinya sudah cukup luas ialah hingga 115 derajat. Sayangnya, bukan OIS nan membantu menstabilkan kamera ini, tapi hanya EIS saja.

Kemampuan kamera Xiaomi 14 menjadi salah satu nan terbaik di HP flagship tahun 2024. Berikut beberapa hasil foto Xiaomi 14 nan diambil langsung oleh Antoine Angels dari nextpit.

Xiaomi 14 sampel fotoSumber: nextpit3.2x Telefoto camera
Xiaomi 14 sampel fotoSumber: nextpitTelefoto camera 60x zoom

Kualitas kamera utamanya betul-betul bisa diandalkan untuk beragam kondisi cahaya. Kualitasnya sudah lengkap, termasuk ketajaman, detail, rentang bergerak lebar, warna akurat, dan konsistensi. Menariknya, perihal ini juga didapatkan oleh kamera ultrawide-nya nan tetap terlihat bersih tanpa ada noise.

Xiaomi 14 sampel fotoSumber: GSMArena3.2x Telefoto camera Low Light

Merujuk pada hasil foto nan diambil GSMArena, Xiaomi 14 tampaknya mempunyai kualitas pengambilan gambar nan tidak jauh berbeda antara night mode dan foto biasa. Hal ini justru jadi sebuah kelebihan, lantaran ketajaman, detail, serta peresapan sinar nan dihasilkannya sudah sangat baik.

Bahkan, kamera telefotonya menampilkan hasil nan mengesankan. Kualitasnya tidak jauh berbeda dari kamera utamanya soal detail, ketajaman, hingga rentang dinamisnya nan luas.

Beralih ke bagian depan, Xiaomi 14 dibekali kamera selfie 32 MP dengan aperture f/2.0 dan focal length 22 mm. Sebenarnya, tidak ada nan spesial dari kamera ini, apalagi Xiaomi sendiri pun tidak mengiklankannya di situs resminya. Warna nan dihasilkannya ini terlihat lebih natural dengan rentang bergerak nan tepat. Namun, tidak jarang juga warnanya justru menjadi pucat.

Kemampuan kamera Xiaomi 14 tidak hanya ada pada fotografinya saja. Xiaomi juga menawarkan pengalaman videografi profesional. Kamera belakangnya bisa merekam hingga 8K 24 fps dengan HDR. Anda juga bisa menikmati kualitas Dolby Vision, HDR10+, dan 10-bit LOG pada perekaman 4K 60 fps.

Xiaomi 14 juga mendukung fitur perekaman mode movie ala cinematic videography dengan aspek rasio 2,39:1. Aspek rasio ini sering digunakan dalam industri perfilman saat merekam. Di dalamnya juga terdapat pengalihan konsentrasi secara otomatis agar terasa lebih sinematik.

Sedangkan kamera depannya bisa merekam video hingga 4K 60 fps. Agar mendapatkan pengalaman lebih menarik saat merekam, ada fitur gyro-EIS untuk kamera depan dan belakangnya. Fitur ini bisa meredam guncangan saat merekam sembari berjalan.

3. Kualitas Layar Memukau

Xiaomi 14

Xiaomi 14 datang dengan ukuran layar cukup luas ialah 6,36 inci dengan resolusi 1,5K CrystalRes alias sekitar 1200 x 2670 piksel. Ukuran layarnya ini cukup kompak dan nyaman meski digunakan oleh satu tangan saja. Selain itu, ukuran bezel nan mengelilinginya juga terlihat tipis dan seimbang dengan rasio layar ke bodi mencapai 89,3 persen.

Jenis layar panel nan digunakan Xiaomi 14 ini adalah LTPO OLED dengan tambahan support kedalaman warna 12-bit. Jenis panel ini bisa membikin kecepatan refresh rate-nya jadi lebih variatif. Misalnya, HP bakal menurunkan refresh rate-nya hingga 10 Hz saat layar dalam keadaan diam. Sebaliknya, jika layar bergerak sigap refresh rate bakal naik ke 120 Hz.

Kemampuannya tersebut bakal memengaruhi tingkat efisiensi daya baterainya. Anda juga bisa memilih salah satu dari tiga mode refresh rate nan disediakan. Mulai dari mode default nan bakal mengatur refresh rate secara otomatis, 60 Hz untuk menjaga kecepatan agar lebih irit daya, dan 120 Hz nan mirip dengan mode default.

Fitur-fitur premium lainnya juga turut datang untuk meningkatkan kualitas layar Xiaomi 14 ini. Misalnya HDR10+, Dolby Vision, hingga tingkat keamanan WideVine L1 untuk melakukan streaming video dengan kualitas tinggi.

Selain itu, jenis panel LTPO nan digunakannya ini merupakan kustomisasi oleh Xiaomi menggunakan bahan C8 luminescent. Hal ini membikin kecerahan layar puncaknya jadi lebih tinggi ialah 3000 nit. Angka ini berbeda jauh dengan Xiaomi 13 nan hanya 1900 nit saja.

Sedangkan kecerahan layar typical-nya berada di nomor 1000 nit. Menurut GSMArena, kecerahan maksimum saat dalam mode otomatisnya tidak melampaui 1175 nit, tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Angka ini sudah cukup untuk kenyamanan saat menggunakan HP di luar ruangan.

Berbicara soal kenyamanan, layar Xiaomi 14 ini sudah mendukung peredupan DC dimming dari 1–3000 nit. Fitur adjustment brightness ini berfaedah untuk Anda nan mempunyai mata sensitif. Selain itu, ada sertifikasi TUV Rheinland untuk perlindungan mata. Terdiri dari sertifikasi low blue light (hardware), circadian friendly, dan flicker free.

4. Stereo Speaker dan Empat Mic Array

Xiaomi 14

Demi meningkatkan pengalaman menonton alias bermain game, Xiaomi dibekali dua speaker atau stereo speaker. Tidak seperti biasanya, speaker bagian atasnya ini tidak disimpan di atas bodi, tetapi di dalam lubang earpiece. Sedangkan speaker lainnya ada di bodi bawah seperti biasanya.

Tidak hanya mengandalkan bunyi lantang, kejernihan serta warna bunyi nan kaya. Hal ini berasal dari teknologi Dolby Atmos nan memberikan pengalaman bunyi surrounded.

Menariknya, Xiaomi 14 juga dibekali empat jumlah microphone Array. HP ini bisa menangkap bunyi hingga 360 derajat sehingga bisa merekam audio spatial dengan nuansa 3D.

5. Performa Chipset Powerful Snapdragon 8 Gen 3

Xiaomi 14

Xiaomi 14 Series sama-sama ditenagai oleh chipset handal dari Qualcomm ialah Snapdragon 8 Gen 3. Hal ini membikin ketiga HP ini mempunyai performa nan tidak jauh berbeda, baik itu Xiaomi 14, 14 Pro, alias 14 Ultra. Xiaomi juga menjanjikan performa nan powerful untuk beragam jenis penggunaan, seperti multitasking berat alias bermain game.

Qualcomm juga menawarkan beberapa peningkatan dari Snapdragon 8 Gen 3 jika dibandingkan generasi sebelumnya ialah Snapdragon 8 Gen 2. Misalnya peningkatan performa AI hingga 98 persen nan juga diimbangi dengan efisiensi penggunaan daya nan naik 40 persen.

Selain itu, Xiaomi juga mengeklaim chipset dengan fabrikasi 4 nm nan digunakannya mengalami peningkatan performa CPU hingga 32 persen. Sedangkan untuk peningkatan GPU-nya sebesar 34 persen. Dengan kata lain, efisiensi daya baterai sudah meningkat ke level dengan optimasi baru.

Untuk spesifikasinya, Snapdragon 8 Gen 3 dibekali delapan inti CPU dengan susunan 1 inti prima, 5 inti performa, dan 2 inti efisiensi. Inti performanya ini lebih banyak daripada Snapdragon 8 Gen 2 nan hanya 4.

Susunan CPU-nya terdiri dari 1 core Cortex-X4 (x3.3 GHz) sebagai inti primanya, 5 core Cortex-A720 (3.2 GHz dan 3,0 GHz) untuk performa, dan 2 core Cortex-A520 (2.3 GHz) untuk efisiensinya. Selain itu, chipset ini juga didukung oleh GPU Adreno 750 (770 MHz), ISP Spectra, dan modem 5G X75.

Xiaomi 14 memadukan Snapdragon 8 Gen 3 ini dengan RAM LPDDR5x dengan kecepatan transfer info hingga 8533 Mbps. Sedangkan memori internalnya berjenis UFS 4.0 dengan kecepatan baca hingga 4,0 GB/s. Varian memori nan ditawarkan oleh Xiaomi 14 adalah RAM 12 GB dan internal 256 GB alias 512 GB.

Merujuk pada database Nanoreview, Snapdragon 8 Gen 3 ini bisa mendapatkan skor AnTuTu v10 2.078.477 poin. Sedangkan GeekBench 6, skornya ialah 2211 poin untuk single-core dan 7345 poin untuk multi-core-nya. Lebih lanjut untuk 3DMark Wild Life Performance-nya mencapai nomor 16.526 poin.

Sementara itu, Chigz Tech Reviews mendapatkan skor nan berbeda saat mengujinya langsung pada Xiaomi 14. Skor AnTuTu v10 nan sukses diraihnya ialah 2.003.547 poin. Sedangkan untuk GeekBench 6, skornya ialah 2097 poin untuk single-core dan 6519 poin untuk multi-core-nya.

Menariknya, skor tersebut tidak jauh berbeda dengan hasil pengetesan langsung nan dilakukan GSMArena pada Xiaomi 14. Skor AnTuTu v10 nan diraihnya ialah 2.003.429 poin. Sedangkan untuk GeekBench , skornya ialah 2125 poin untuk single-core dan 6810 poin untuk multi-core-nya.

6. Sudah dengan HyperOS nan Efisien

Xiaomi 14

Hal menarik lain dari Xiaomi 14 adalah menjadi salah satu HP Xiaomi nan tidak ketinggalan untuk menggunakan HyperOS. Berarti Anda bisa langsung menikmati beragam fitur HyperOS saat pertama kali dinyalakan, tanpa kudu menunggu update.

Meski tidak ada perbedaan nan terlalu kentara, terdapat beberapa perihal nan membikin HyperOS ini lebih menarik dibanding MIUI sebelumnya. Salah satunya adalah tampilannya nan terlihat lebih sederhana. Misalnya pada bagian control panel-nya nan tidak menampilkan teks dari label pada tiap ikonnya, hingga menu settings nan lebih minimalis.

Selain itu, tampilan pada layar kunci dan layar depannya jadi bisa lebih mudah dipersonalisasi alias diatur. Hal ini memungkinkan Anda membikin tampilan HP Anda senyaman mungkin sesuai selera.

Lebih lanjut, fitur floating windows yang dimilikinya juga jadi lebih mudah diatur dan mudah digunakan. Sebenarnya, tetap banyak fitur baru nan ditawarkan oleh HyperOS ini, misalnya fitur baru di dalam galeri, kamera, privasi, hingga Game Turbo. Bagaimanapun, produk original bakal memberikan fitur nan lebih banyak dan beragam.

Sayangnya, HyperOS tetaplah antarmuka nan dibuat dan dimiliki oleh Xiaomi. Keberadaan iklan dan bloatware tetap ditemukan saat menggunakannya. Tapi tenang, Anda bisa menghilangkan iklan dan bloatware di HP Android dengan mudah, kok.

7. Baterai Awet dengan Pengisian Daya Cepat

Xiaomi 14

Kelebihan lain dari Xiaomi 14 adalah mempunyai ketahanan daya baterai nan cukup bagus. Kapasitas baterai nan disematkannya ialah 4610 mAh, lebih besar dari Xiaomi 13 nan hanya 4500 mAh. Kapasitasnya nan mini ini terbilang wajar apalagi untuk HP kelas flagship nan menawarkan kelebihan merata di beberapa sektor utamanya.

Meski kapasitasnya kecil, Xiaomi 14 menawarkan ketahanan baterai nan sudah sangat baik. Padahal, HP kelas flagship biasanya mempunyai ketahanan baterai nan kurang. Ketahanannya ini disebabkan oleh beberapa sektor lain seperti penggunaan HyperOS, Snapdragon 8 Gen 3, hingga panel jenis LTPO nan digunakannya.

Xiaomi sendiri mengeklaim bahwa Xiaomi 14 bisa memperkuat hingga 15 jam dengan penggunaan biasa. Sementara itu, GSMArena mendapatkan skor nan sedikit lebih rendah, tapi tetap sebagai skor nan sudah sangat bagus.

Berdasarkan pengujiannya, Xiaomi 14 bisa mendapatkan skor penggunaan aktif hingga 13 jam 56 menit. Lebih lanjut, HP ini bisa memperkuat hingga 28 jam 59 menit untuk menelepon, 17 jam 44 menit untuk menonton video, 13 jam 24 menit untuk browsing, dan 7 jam 49 menit untuk bermain game.

Menariknya, skor ini berbeda jauh dari generasi pendahulunya ialah Xiaomi 13 Pro dengan baterai 4820 mAh nan hanya mendapat skor 10 jam 55 menit. Bahkan, Xiaomi 14 bisa mengungguli Samsung Galaxy S24 Ultra dengan baterai 5000 mAh nan mendapat skor 13 jam 49 menit. Serta iQOO 12 dengan baterai 5000 mAh nan mendapat skor 13 jam 30 menit saja.

Selain ketahanan, Xiaomi 14 juga dibekali fitur pengisian daya nan sudah sangat sigap ialah 90 W HyperCharge. Menurut klaimnya, HP ini bisa mengisi daya hingga 100 persen dalam mode boost sekitar 31 menit saja. Kecepatan pengisian daya wireless pun sudah sangat sigap ialah 50 W. Klaimnya mengatakan bisa mengisi daya 100 persen dalam waktu 46 menit saja.

8. Konektivitas dan Sensor Lengkap

Xiaomi 14

Sudah bukan perihal nan asing ketika Xiaomi memberikan sektor konektivitas dan sensor nan lengkap. Hal ini juga bertindak untuk Xiaomi 14 nan tidak hanya lengkap, tapi juga menggunakan teknologi nan paling baru.

Di sektor konektivitasnya, Xiaomi 14 sudah menggunakan WiFi 6e dan 7 nan paling baru. WiFi 7 nan digunakan sudah mendukung kecepatan lebih tinggi dengan mengemas lebih banyak info dalam setiap transmisinya. Anda sudah bisa menggunakan WiFi dobel antara 5G dan 2,4G dengan kecepatan puncak hingga 3,6 Gbps.

Selain itu, Xiaomi mengeklaim bahwa WiFi 7 nan digunakannya ini mengonsumsi sedikit baterai, latensi rendah, MultiLink X, hingga cakupannya nan luas.

Xiaomi 14 juga sudah menggunakan jenis Bluetooth terbaru ialah 5.4 dengan antarmuka A2DP dan LE (Low Energy). Xiaomi juga tidak lupa untuk menyematkan fitur NFC hingga infrared nan bisa membuatnya menjadi remote tanpa kudu terhubung dengan internet sama sekali. Tenang, fitur ini sudah berfaedah untuk semua jenis TV dan perangkat elektronik lainnya.

Tidak lupa, Xiaomi 14 juga dikemas dengan sensor biometrik Face Unlock dan under-display fingerprint scanner untuk membuka kunci layar dengan praktis. Kedua sensor ini bisa bekerja dengan jeli dan respons nan cepat, apalagi dalam beberapa mili detik saja. Namun, kegunaan face unlock tidak begitu baik pada kondisi minim cahaya.

Kekurangan Xiaomi 14

Meski dibekali sejumlah kelebihan nan cukup menarik sebagai sebuah HP flagship. Xiaomi 14 rupanya tetap mempunyai beberapa kekurangan alias catatan nan mesti diperhatikan. Namun, kekurangan ini berkarakter relatif dan tergantung kebutuhan. Nah, berikut beberapa kekurangan Xiaomi 14.

1. Masih Ada Isu Throttling

Xiaomi 14

Tidak dapat dipungkiri bahwa Xiaomi 14 punya performa nan kencang dengan Snapdragon 8 Gen 3. Bahkan, HP ini bisa mengungguli performa beberapa HP lain dengan chipset nan sama. Namun pertanyaannya, seberapa baikkah dia dalam pertahankan peak performance dalam lama pemakaian intens nan panjang?

Pengujian GSMArena menyebut bahwa Xiaomi 14 tidak begitu baik dalam mempertahankan performa berkelanjutan, namalain sustained performance. Hal ini menyebabkan ponsel condong mengalami rumor throttling alias pengurangan performa untuk menurunkan suhu perangkat.

Selain itu, Xiaomi 14 juga disebutkan mengalami penurunan performa nan cukup parah dalam waktu 10-15 menit setelah pengujian. Kecepatannya menurun cukup drastis setiap satu menit alias lebih secara berkala. Hal ini mengakibatkan keahlian alias performanya menurun saat digunakan aktivitas berat seperti multitasking alias bermain game berat dalam waktu nan lama.

Namun nan perlu diingat, ini adalah pengetesan nan betul-betul membikin HP mencapai pemisah tertingginya. Kemungkinan besar penggunaan gaming secara umum tidak bakal mendorong daya ponsel hingga sebesar itu.

Jadi, permainan gim Anda bakal terasa mulus-mulus saja, jikalau mengalami penurunan frame nantinya. Jika itu memang terjadi, Anda bisa gunakan cooling pad untuk mengatasinya.

2. Harga nan Melambung Tinggi

Xiaomi 14

Harga peluncuran Xiaomi 14 di Eropa dijual dengan nilai 999 Euro alias sekitar Rp16,9 jutaan untuk jenis RAM 12 Gb dan internal 256 GB. Sedangkan jenis lebih tingginya ialah RAM 12 GB dan internal 512 GB dijual 1.099 Euro alias sekitar Rp18,7 jutaan. Harga tersebut mirip dengan Xiaomi 13 nan rilis tahun lampau di pasar Eropa juga.

Harga nan ditawarkan Xiaomi 14 ini nyaris menyamai nilai dari iPhone 15 Pro. Bahkan, nilai tersebut jauh lebih mahal dari Samsung Galaxy S24 nan datang Januari 2024. Meski begitu, tentu Xiaomi bakal memberikan penawaran menarik saat rilis dengan untung nan cukup besar.

Kedua HP itu menjadi pesaing terdekat untuk Xiaomi 14. Misalnya Samsung Galaxy S24 nan mempunyai nilai lebih murah dengan beragam fitur AI nan ditawarkannya. Fitur kamera, tepatnya keahlian pembesarannya menjadi angan oleh beberapa pengguna HP Android. Namun, HP ini tentu saja mempunyai beberapa kekurangan.

iPhone 15 Pro menjadi HP dengan nilai nan nyaris mirip dengan Xiaomi 14. Namun, tampaknya tidak banyak pengguna HP nan mempertimbangkan Xiaomi 14 saat hendak memilih iPhone 15 Pro, apalagi pengguna Apple. Berbeda dengan pengguna Android nan mungkin bakal condong tergoda dengan iPhone 15 Pro lantaran punya nilai mirip.

Simpulan

Xiaomi 14 menjadi salah satu HP flagship dari Xiaomi nan menawarkan keahlian rata di sektor utamanya. Mulai dari tampilan desainnya nan kompak untuk sekelas HP flagship. Kamera menjadi perihal nan paling diunggulkan lantaran kembali melakukan kerja sama dengan perusahaan kamera ternama asal Jerman ialah Leica.

Kualitas layar nan ditawarkan Xiaomi 14 juga sudah cukup memukau dengan layar LTPO nan irit daya. Selain itu, HP ini juga menggunakan Snapdragon 8 Gen 3 nan tidak hanya unggul soal performa, tapi juga tingkat efisiensi nan tinggi. Penggunaan HyperOS juga membantu meningkatkan ketahanan daya baterainya untuk penggunaan harian.

Beberapa sektor tersebut membantu meningkatkan ketahanan daya baterai meski kapasitasnya hanya 4610 mAh saja. Hal ini tentu cukup menarik mengingat HP flagship biasanya punya ketahanan daya baterai nan kurang. Apalagi Xiaomi 14 dibekali fitur pengisian daya wired dan wireless nan sangat, apalagi tidak sampai satu jam.

Nah, setelah memandang beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi 14, apakah Anda merasa tertarik dan mau mempunyai HP flagship dari Xiaomi ini? Silakan tulis jawaban dan argumen Anda di kolom komentar, ya.

Selengkapnya
Sumber Info Teknologi
Info Teknologi