Microsoft Hadirkan Komputer Windows Berteknologi Ai, Copilot+ Pc

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Microsoft Hadirkan Komputer Windows Berteknologi AI, Copilot+ PC

Kincaimedia – Microsoft secara resmi telah memperkenalkan model AI baru unik untuk PC Windows nan bakal mempunyai kepintaran dan performa tercepat berjulukan Copilot+ PC. Tentunya kehadiran model AI baru ini menjadi penantang bagi Open AI melalui ChatGPT-4o. 

Sebagai kategori baru untuk laptop Windows, Copilot+ PC dibekali dengan perangkat keras dan fitur AI bawaan nan canggih. Perangkat Copilot+ PC menghadirkan prosesor baru nan menawarkan keahlian 40+ TOPS (trillion operations per second), baterai nan tahan sepanjang hari, dan akses ke model AI paling canggih.

Melalui keterangan tertulis resminya, Yusuf Mehdi selaku Executive Vice President, Consumer Chief Marketing Officer menyampaikan bahwa Windows mengimplementasikan Copilot+ PC melalui chip tercepat dari Qualcomm untuk mengoptimalkan kegunaan fitur-fitru kecerdasannya nan canggih.

Copilot+ PC bakal datang pada semua mitra utamanya alias produsen laptop seperti Dell, Lenovo, Samsung, HP, Acer, dan ASUS. Tak ketinggalan Microsoft juga bakal menghadirkan Copilot+ PC pada laptop garapannya sendiri melalui lini Surface nan terdiri dari model Surface dan Surface Pro.

Semua laptop nan mendukung Copilot+ PC bakal mempunyai Neural Processing Unit (NPU) untuk mendukung fitur AI. Laptop nan menggunakan Copilot+ PC diklaim bakal mempunyai 20x lebih kuat dan 100x lebih efisien untuk menjalankan fitur AI.

Laptop dengan Copilot+ juga disebut mengungguli Apple MacBook Air 15″ hingga 58% dalam keahlian multithreaded berkepanjangan dengan pada saat nan sama dapat memberikan masa pakai baterai sepanjang hari.

Berkat efisiensi, PC Copilot+ diklaim bisa beraksi selama 22 jam pemutaran video lokal alias 15 jam penelusuran web dengan sekali pengisian daya. Hal ini disebut 20% lebih banyak baterai untuk pemutaran video lokal dibandingkan MacBook Air 15″.

Restyle-Image.

Mengenai fitur-fitur AI nan dapat digunakan untuk memudahkan dan menyelesaikan pekerjaan dengan sigap mulai dari Recall nan memungkinkan pengguna dapat menemukan konten di PC berasas petunjuk nan diingat, menggunakan pencarian bahasa alami alias pencocokan teks dan visual. Data disimpan secara lokal dengan privasi dan kontrol bawaan.

Kemudian fitur lainnya adalah Cocreator di Paint nan memungkinkan pengguna dapat menggunakan goresan tinta pengguna dan kata-kata untuk membikin dan mengembangkan buahpikiran gambar secara real time dengan support AI untuk mengekspresikan ide-ide.

Selain itu pengguna juga dapat menggunakan aplikasi Restyle Image, nan dapat menggambarkan ulang foto pribadi dengan style baru nan menggabungkan pembuatan gambar dan penyuntingan foto langsung  dari tampilan foto.

Terakhir fitur Live Captions dan terjemahan langsung nan menggunakan audio di PC secara langsung nan dapat diubah menjadi teks dalam bahasa Inggris secara real time.

Dilansir dari The Verge, melalui pernyataan Satya Nadella selaku CEO Microsoft mengungkapkan bahwa laptop dengan Copilot+ PC bakal mempunyai spesifikasi minimum seperti penyimpanan SSD berkapasitas 256GB, NPU, dan RAM berkapasitas 16GB.

Muat lainnya DETIL LAMPIRAN Surface-Laptop-and-Surface-Pro-Hero

Model pertama Copilot+ PC bakal diluncurkan pada tanggal 18 Juni 2024 mendatang dengan chip dari Qualcomm. Sementara model dengan prosesor Intel dan AMD bakal menyusul dan bakal diinformasikan dalam waktu dekat mengenai kehadirannya. Microsoft berambisi dapat menjual 50 juta laptop dengan Copilot+ PC dalam setahun ke depan.

Sebagai tambahan informasi, Copilot+ PC menghadirkan lompatan besar dalam komputasi dengan kekuatan, kinerja, dan pengalaman AI mutakhir. Copilot+ PC bakal mulai diperkenalkan dengan chip Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus.

Kinerja ini bakal memastikan aplikasi favorit pengguna melangkah dengan sangat baik. Pada laptop Surface Pro dan Surface Laptop  nan didukung oleh chip Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus, aplikasi seperti Adobe Creative Cloud, Microsoft 365, dan Chrome disebut bakal terasa lebih sigap dan responsif.

 CapCut-AutoCutout

Kemampuan NPU juga bakal mengoptimalkan banyak aplikasi lainnya pada laptop dengan Copilot+ PC untuk dapat mempercepat beban kerja AI seperti Davinci Resolve nan memungkinkan penerapan pengaruh visual pada objek dan orang menggunakan Magic Mask nan dipercepat.

Lalu juga aplikasi CapCut untuk menghapus latar belakang dari klip video dengan sigap menggunakan Auto Cutout. Di masa mendatang, Microsoft juga memandang banyak developer di seluruh bumi untuk mempercepat aplikasinya menggunakan kekuatan NPU termasuk: WhatsApp, Luminar Neo, LiquidText, Camo, djay Pro, dan banyak lagi.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Kincaimedia nan aktif menulis seputar buletin terbaru di bumi smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap