Msi Prestige 13 Ai Evo, Laptop Ringkas Dan Ringan Idaman Pekerja Digital

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Bagi para pekerja nan sering bepergian, laptop ringan dan ringkas tapi berkekuatan untuk beragam pekerjaan bisa jadi sebuah kebutuhan utama. Nah sekarang tidak perlu pusing mencari laptop nan cocok untuk itu lantaran ada MSI Prestige 13 AI Evo A1M.

Laptop terbaru dari MSI ini mengusung prosesor teranyar Intel® Core™ Ultra 7 155H nan telah tersertifikasi Intel® Evo™ Edition. Dan sesuai namanya, prosesor tersebut mempunyai NPU terintegrasi untuk mendukung fitur-fitur AI nan saat ini semakin canggih.

Seperti apa kelebihan dan kekurangan dari Prestige 13 AI Evo ini? Simak tulisan hasil uji coba tim Kincaimedia berikut ini.

Desain

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Prestige 13 AI Evo menggunakan sasis bermaterial Magnesium Aluminium Alloy nan terasa kokoh dan sekaligus memberikan kesan premium. Desain nan elegan membikin laptop ini dapat berbaur dengan baik di lingkungan kerja.

Bobot laptop ini hanya 0,99 kg saja sehingga membuatnya sangat mudah dibawa kemana-mana. Mau itu ditenteng di tangan, di tas selempang, ataupun di ransel, laptop ini tidak bakal terasa begitu memberatkan. Selain itu Prestige 13 AI Evo pun sangat ramping dengan ketebalan hanya 16,9mm.

Untuk menunjang aktivitas sehari-hari, MSI menyematkan beragam port pada laptop ini nan mencakup 2x Thunderbolt 4 USB Type-C (mendukung DisplayPort dan Power Delivery), HDMI 2.1, dan headphone jack di sisi kiri. Sedangkan di sisi kanan laptop terdapat sebuah USB 3.2 Gen1 Type-A, pembaca kartu microSD, dan Kensington Lock.

Laptop ini juga telah lolos uji ketahanan standar militer MIL-STD-810H sehingga bisa digunakan di beragam kondisi nan ekstrim seperti area bertekanan rendah hingga temperatur tinggi.

Keyboard dan Touchpad

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Walaupun Prestige 13 AI Evo berukuran ringkas, keyboard nan disediakan tergolong komplit dan menariknya untuk tombol Power mempunyai kegunaan tambahan sebagai pemindai sidik jari untuk mempermudah proses otentikasi.

Ukuran tiap tombol keyboard terasa pas di jari dan feedback nan dihasilkan ketika memencet tombol tersebut terasa memuaskan. Hanya saja untuk tombol navigasi ukurannya agak sedikit kekecilan dan berdampingan dengan tombol Page Up dan Page Down.

Guna membantu proses pengetikan ketika berada di area nan gelap, terdapat fitur backlit pada keyboard laptop ini nan dapat mengiluminasikan tiap tombol dengan sinar putih nan bisa disetel di beberapa tingkat kecerahan.

Pada jejeran tombol Function, terdapat beberapa kegunaan menarik seperti F7 nan bisa untuk mengganti mode performa laptop dengan sigap dan F12 untuk memutar balikkan konten layar.

Touchpad pada laptop ini mempunyai kegunaan standar layaknya laptop pada umumnya. Namun begitu touchpadnya dapat melakukan tugasnya dengan sangat baik berkah permukaan nan lembut sehingga jari bisa mudah berselancar di atasnya. Begitu juga dengan proses memencet touchpad terasa taktil.

Layar

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Keunggulan lain dari MSI Prestige 13 AI ini terletak pada layarnya nan menggunakan panel OLED 13.3” bersolusi QHD+ (2880×1800 piksel).

Oleh karenanya, layar laptop ini bisa menghasilkan tampilan nan sangat tajam dan juga kaya bakal warna dengan 100% DCI-P3. Kecerahan layarnya pun cukup tinggi dan dapat dengan mudah digunakan di luar ruangan tanpa kendala.

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Rasio layar laptop ini mengangkat Golden Ratio Display 16:10 nan membikin tampilan layarnya terlihat lebih luas dan nyaman dibanding layar konvensional. Manfaat ini sangat terasa ketika sedang mengedit arsip seperti Excel di mana bisa lebih banyak info nan terlihat tanpa perlu scrolling.

Layar ini juga bisa dibuka hingga 180 derajat sehingga membuatnya menjadi sejajar dengan keyboard. Dikombinasikan dengan fitur rotasi tampilan layar membuatnya bisa digunakan untuk memperlihatkan konten misal presentasi meeting ke musuh bicara dengan mudah tanpa perlu memutar laptop.

Webcam dan Audio

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Pada bagian atas layar laptop ini terdapat bezel nan terlihat lebih lebar dibanding sisi lainnya. Ini bukan tanpa argumen lantaran MSI menyematkan komponen tambahan pada area tersebut seperti webcam dan juga beragam sensor nan salah satunya berfaedah untuk memindai wajah kita untuk otentikasi.

Jadi laptop ini tidak hanya punya 1 fitur otentikasi, melainkan 2 ialah pemindaian sidik jari dan pemindaian wajah. Webcamnya dapat ditutup dengan shutter manual sehingga bagi nan mementingkan privasi mungkin bakal senang dengan fitur ini nan lebih kondusif dibanding menonaktifkan webcam secara elektronik.

Hasil rekaman webcamnya pun sangat tajam lantaran mendukung resolusi hingga 1920 x 1080 piksel. Ketika digunakan untuk meeting virtual, musuh bicara saya bisa memandang wajah saya dengan sangat jelas.

Ini ditambah dengan kualitas perekaman bunyi dari mikrofon dalam laptop nan tak kalah mumpuni. Canggihnya, terdapat fitur noise cancelling berteknologi AI untuk meredam bunyi nan tidak diinginkan.

Untuk mengeluarkan audio, terdapat speaker stereo dengan lubang terletak di bagian bawah laptop. Kualitas keluaran audio bakal lebih optimal jika laptop diletakkan di atas permukaan keras. Jika diletakkan di permukaan nan lembut seperti kasur, bunyi menjadi sedikit teredam.

Software dan Fitur

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

MSI Prestige 13 AI Evo sudah menggunakan sistem operasi Windows 11 Home nan dilengkapi dengan fitur privasi Tobii Aware. Dengan fitur tersebut, laptopnya bisa dengan pandai mengaburkan konten pada layar ketika kita sedang tidak memandang layar alias apalagi ketika ada orang lain nan memandang layar kita.

Fitur ini bakal sangat berfaedah buat nan sering mengedit arsip nan butuh privasi tinggi misalnya finansial dan perbankan apalagi jika digunakan di area terbuka seperti kafe alias kantor konsep open space. Efek sampingnya, selama fitur ini aktif maka lampu notifikasi webcam bakal terus menyala nan mungkin bakal mengganggu bagi sebagian orang.

Aplikasi Tobii Experience sekarang mendukung fitur untuk streaming seperti misalnya video bakal diganti dengan gambar nan telah diset ketika kita menjauhi laptop untuk sementara. Rekaman video webcam pun bisa diatur untuk mengikuti arah kepala sehingga wajah kita bakal tetap menjadi konsentrasi utama.

Untuk mengatur beragam macam kegunaan nan ada dalam laptop, terdapat aplikasi MSI Center nan bisa digunakan. Dari sini kita bisa mengatur mode performa laptop, mengatur fitur AI Noise Cancellation Pro untuk speaker dan mikrofon, hingga memonitor hardware laptop.

Sebagai laptop nan ditargetkan untuk produktivitas, MSI juga telah memberikan lisensi Microsoft Office Home and Student 2021 cuma-cuma sehingga kita bisa menggunakan laptop ini untuk melakukan beragam pekerjaan tanpa perlu membeli software tambahan.

Performa

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Prestige 13 AI Evo menggunakan prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H terbaru untuk dapur pacunya nan dikombinasikan dengan prosesor skematis Intel® Arc Graphics, RAM LPDDR5 32GB, dan penyimpanan internal NVMe PCIe Gen4x4 SSD 1TB.

Prosesor ini mempunyai AI NPU unik nan bisa mengoptimalkan fitur kepintaran buatan seperti Microsoft Copilot dan Stable Diffusion nan belakangan ini semakin populer.

Selama pengetesan tim Kincaimedia untuk aktivitas kerja sehari-hari, performa laptop ini sangat lancar tanpa ada kendala. Semua pekerjaan bisa dilakukan dengan baik oleh laptop ini baik itu multitasking aplikasi, membuka banyak tab di browser Chrome, hingga merancang grafis.

Hasil Benchmark

  • PCMark 10: 7.892
  • Cinebench R23: 1.712 (single core), 10.252 (multi-core)
  • 3DMark Time Spy: 3.565 (skor grafis: 3.283, skor CPU: 6.947)
  • 3DMark Fire Strike: 7.689 (skor grafis: 9.054, skor CPU: 18.043)

Performa dari laptop ini bisa diatur secara otomatis melalui fitur MSI AI Engine di aplikasi MSI Center. Fitur ini bakal menganalisa aktivitas kita dan aplikasi apa saja nan digunakan untuk kemudian ditentukan setelan performa apa nan paling pas.

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Nah dari tadi lebih banyak dibahas laptop ini untuk penggunaan bekerja, namun begitu laptop ini juga tetap dapat digunakan untuk bermain game. Genshin Impact di setelan skematis Medium dan resolusi 1920 x 1200 piksel dapat dimainkan oleh laptop ini dengan cukup lancar di mana rata-rata FPS berkisar di nomor 48.

Setelah separuh jam memainkan game tersebut di ruangan tidak ber-AC, suhu laptop tercatat di kisaran 51° di sekitar tombol WASD dan area sebelah kanan keyboard terasa lebih sejuk dengan suhu di kisaran 40°.

Menariknya area bawah laptop di mana telapak tangan bersandar tercatat hanya sekitar 41° di sisi kiri dan 35° di sisi kanan. Ya ini tetap tergolong wajar memandang corak laptopnya nan ringkas sehingga untuk pengaturan suhu tentu tidak semaksimal lini laptop gaming MSI.

Untuk konektivitas nirkabel, laptop ini menggunakan teknologi Intel® Killer™ Wi-Fi 7 BE1750(w) terbaru nan mendukung kecepatan transfer info nirkabel jauh lebih sigap dibanding generasi sebelumnya.

Baterai

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Prestige 13 AI Evo menggunakan baterai berkapasitas 75Whr sebagai sumber dayanya nan ketahanannya bisa dibilang cukup memuaskan. Tim Kincaimedia bisa menggunakan laptop ini hingga 4 jam 46 menit untuk penggunaan kerja sehari-hari hingga baterai tersisa 10%.

Ketika diuji coba menggunakan aplikasi PCMark 8 dengan parameter kecerahan layar 50%, resolusi 1920 x 1200 piksel, backlit keyboard nonaktif, dan baterai dari kondisi penuh, laptop ini mendapatkan skor 4 jam 31 menit. Angka ini tergolong baik jika dibandingkan dengan laptop lain di kelasnya.

Untuk pengisian daya baterai laptop ini dilakukan melalui kedua port USB Type-C di sisi kiri laptop. Menggunakan charger bawaan laptop ini memerlukan waktu sekitar 1 jam 27 menit untuk mengisi daya baterai dari level 10% ke 91%.

Semakin mendekati level 100%, pengisian daya baterai bakal semakin lambat nan tampaknya untuk menjaga performa baterai untuk jangka panjang.

Kesimpulan

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

MSI Prestige 13 AI Evo bisa jadi adalah laptop angan para pekerja nan mendambakan laptop ringan dan ringkas namun handal untuk beragam jenis pekerjaan mulai dari mengedit arsip Office hingga editing video.

Beratnya nan ringan membuatnya sangat mudah dibawa ke mana-mana. Buat pekerja nan sering berjalan apalagi misalnya naik kereta berjam-jam alias meeting di beragam tempat nonstop bakal sangat merasa faedah keringanan laptop ini nan tidak sigap membikin pundak pegal.

Laptop ini dibandrol dengan nilai Rp20.999.000 dan sudah bisa dibeli baik secara offline di dealer resmi MSI maupun online melalui toko resmi MSI di ecommerce. Setiap pembelian laptop ini diberikan agunan resmi selama 2 tahun nan mana cukup lama.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap