Pasien Implan Chip Pertama Neuralink Berhasil Main Game Catur

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Telset.id, Jakarta – Pasien pertama Neuralink nan telah sukses melewati proses implan chip di otaknya, sekarang bisa memainkan game Chess and Civilization.

Neuralink, perusahaan milik Elon Musk telah menjalankan proyek penanaman implan chip ke otak pasien nan mengalami lumpuh.

Pasien nan sukses ditanamkan chip ini berjulukan Noland Arbaugh, dan rupanya dirinya pun sukses memainkan game melalui pemikirannya sendiri.

BACA JUGA:

  • Neuralink Dapat Izin Memasukkan Chip ke Otak Manusia
  • SpaceX Bangun Jaringan Satelit Mata-mata Buat AS, Bisa Lacak Siapa Saja

Dalam siaran langsung nan diadakan oleh Neuralink, Noland memperlihatkan dirinya bisa menggerakan bidak catur di dalam layar melalui pikirannya, lapor Gizmochina.

“Jika kalian semua bisa memandang kursor di layar sedang bergerak, kursor itu digerakan oleh saya,” ungkap Noland.

Lalu, dengan percaya diri dan penuh kegembiraan, Nolan mengatakan bahwa perihal tersebut adalah perihal nan menarik dan keren.

Gerakan nan dilakukan oleh Noland ini, berkah teknologi Neuralink nan bisa menerjemahkan pola pikir menjadi sinyal digital.

Dalam demonstransi nan dilakukan Noland, dia menjelaskan bahwa dirinya menggerakkan tangan terlebih dahulu, baik itu ke kanan, kiri, depan, alias belakang. Lalu dari situ dia membayangkan kursornya bergerak.

Demonstrasi ini merupakan lompatan maju nan signifikan dalam teknologi BCI (Brain-Computer Interface). 

Keberhasilan Noland ini pun diharapkan bisa membuka jalan bagi masa depan di mana perseorangan dengan kondisi lumpuh alias kondisi neurologis lainnya dapat memperoleh kembali kendali dan kemandirian melalui kekuatan pikiran mereka. 

BACA JUGA:

  • Neuralink Berhasil Implan Chip Pertama ke Otak Manusia
  • Neuralink Siap Implan Chip ke Otak Manusia Mulai Tahun ini

Neuralink dengan tepat menamai produk pertama mereka sebagai Telepathy, nan mencerminkan ambisinya untuk menciptakan hubungan pikiran-mesin nan lancar. [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi