Qualcom Luncurkan Snapdragon 8s Gen 3, Banyak Fitur Flagship

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Telset.id, Jakarta – Qualcomm resmi meluncurkan Snapdragon 8s Gen 3. Chipset baru ini datang dengan membawa beragam fitur jagoan seperti Ray Tracing di dalam game.

Bagi nan belum tahu, kode S di chipset Snapdragon sendiri biasanya diartikan sebagai jenis lite dari jenis utamanya. Dan ini pun bertindak untuk Snapdragon 8s Gen 3 nan menjadi jenis lite dari Snapdragon 8 Gen 3.

Meskipun menjadi jenis irit dari Snapdragon 8 Gen 3, chipset Snapdragon terbaru ini tetap menawarkan fitur ray tracing nan dipercepat melalui sistem hardware dari chipset.

BACA JUGA:

  • Snapdragon Generasi Baru Siap Meluncur di Tanggal 18
  • Ini Fitur Unggulan Snapdragon 7s Gen 2 nan Diusung Poco X6 5G

Fitur ini pada dasarnya membantu kalkulasi nan cukup rumit nan diperlukan oleh Ray Tracing dalam menciptakan pencahayaan, bayangan, dan gambar nan lebih realistis di dalam game alias aplikasi lainnya.

Selain itu, fitur Adreno Frame Motion Engine 2.0 juga datang di prosesor ini. Fitur ini dibekali dengan teknologi untuk menggandakan FPS (Frame Per Second) dari 60FPS ke 120HPS, sehingga membikin pergerakan gambar di game menjadi lebih mulus.

Snapdragon 8s Gen 3 mempunyai spesifikasi CPU, nan terdiri dari CPU utama Cortex-X4 nan melangkah di 3,0Ghz, 4 core Cortex A720 dengan kecepatan clock 2,8GHz, dan tiga core Cortex-A520 dengan clockspeed 2,0Ghz. Selain itu, chip ini juga akan kompatibel dengan RAM LPDDR5x hingga 24GB, dengan clock 4.200MHz.

Snapdragon 8s Gen 3

Dari sisi fotografi, prosesor ini menyertakan fitur 18-bit triple cognitive ISP nan bekerja untuk menangani aktivitas pemrosesan gambar dan video di smartphone nan menggunakan chipset ini.

Fitur fotografi ini meliputi keahlian always-on camera, photo enhancement, semantic segmentation, Snapdragon low light vision (LLV), and 2x sHDR (Super High Dynamic Range). Untuk perekaman videonya mendukung hingga resolusi 4K HDR 60FPS dan perekaman video 1080p hingga 240FPS.

Sementara itu, prosesor ini mempunyai sistem konektivitas seluler FastConnect 7800 dan Wi-Fi 7 dengan HBS (High Bandwidth Spectrum), berbareng dengan Sistem RF Modem Snapdragon X70 5G, prosesor AI 5G, beserta Release 17 5G, nan merupakan peningkatan terbaru dengan performa dan jangkauan nan diklaim lebih baik.

Bukan sebuah rahasi bahwa AI menjadi fitur jagoan dari beragam prosesor kelas atas. Begitu pula dengan Snapdragon 8s Gen 3, chip ini dibekali AI generatif nan menawarkan pembuatan gambar dengan AI dengan support 10 miliar parameter.

BACA JUGA:

  • Selain Kencang, Ini Keunggulan Snapdragon 7+ Gen 2 di Poco F5
  • Snapdragon 8 Gen 3 Debut, Didukung AI dan Refresh Rate Tinggi

Dilansir Telset dari Gizmochina pada Selasa (19/03/2024), Qualcomm telah menyatakan bahwa perusahaan kreator smartphone seperti HONOR, iQOO, realme, Redmi, dan Xiaomi, bakal mengangkat platform Snapdragon 8s Gen 3.

Peluncuran perangkat pertama diharapkan pada terjadi di bulan Maret ini, sehingga kita bisa mengetahui gimana performa aktual dari chipset dalam waktu dekat ini. [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi