Qualcomm Ungkap Skor Performa Npu Snapdragon X Elite, Ini Detailnya!

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Telset.id, Jakarta – Qualcomm baru saja mengumumkan skor performa NPU (Neural Processing Unit) dari prosesor terbarunya Snapdragon X Elite. Berikut detailnya!

Sebagai pengingat, Qualcomm baru-baru ini telah meluncurkan prosesor terbarunya, Snapdragon X Elite nan diperuntukkan untuk perangkat berbasis Windows. Sekarang, perusahaan mengungkap perincian dari prosesor tersebut.

Untuk diketahui, Snapdragon X Elite X1E-80-100  dilengkapi dengan konfigurasi CPU 12 core berkecepatan hingga 4.0GHz, dan NPU Hexagon nan bisa memberikan keahlian hingga 45TOPS.

BACA JUGA:

  • Qualcomm Isyaratkan Tanggal Peluncuran Snapdragon X Elite
  • Qualcomm Siapkan Prosesor Snapdragon X Plus Varian Baru, Lebih Bertenaga

Melansir Gizmcohina, Snapdragon X Elite X1E-80-100 meraih skor 1787 pada pengetesan UL Procyon AI. Skor ini bisa dibilang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan prosesor milik Intel dan Apple.

Secara detail, prosesor Apple M3 sukses mendapatkan skor 898 poin, sedangkan Intel Core Ultra 7 155H mendapatkan skor performa NPU 480 poin. Dari skor ini, prosesor Intel kalah jauh dibandingkan Snapdragon X Elite, sementara itu chip Apple juga tetap kalah kencang dibandingkan chip Qualcomm tersebut.

Snapdragon X Elite Kinerja NPU

Qualcomm sendiri menyatakan bahwa NPU Hexagon bisa melangkah dengan konsumsi daya nan jauh lebih rendah dibandingkan para pesaingnya. Chipset ini menawarkan pengurangan 22% dibandingkan dengan M3 dan peningkatan 31% dibandingkan Ultra 7 155H.

Qualcomm juga menyebut Snapdragon X Elite sebagai prosesor nan punya keahlian NPU per watt tertinggi. Ini menunjukan kelebihan efisiensi daya sebanyak 2,6 kali lipat jika dibandingkan M3 dan 5,4 kali lipat dibandingkan Intel Core Ultra 7.

Tetapi, perlu dicatat bahwa Qualcomm melakukan pengetesan NPU alias AI ini pada kreasi dan laptop tertentu nan membikin potensi dari Snapdragon X Elite ketika memproses AI lebih terlihat efisien.

BACA JUGA:

  • Saingi MacBook, Laptop Snapdragon X Plus Punya Fitur Ini
  • Qualcom Luncurkan Snapdragon 8s Gen 3, Banyak Fitur Flagship

Dalam pengetesan ini, Qualcomm memamerkan keahlian pemrosesan gambar mentah GIMP + Stable Diffusion 1.5 dari Snapdragon X Elite. Di sini, NPU memberikan kecepatan 3 kali lipat dibandingkan dengan Core Ultra 7 155H, nan mengisyaratkan potensinya untuk aplikasi bumi nyata. [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi