Ramaikan Pasar Laptop Ai, Advan Ai Gen Resmi Dirilis

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Telset.id, Jakarta – Advan resmi meluncurkan laptop AI pertamanya di pasar Indonesia. Dipanggil Advan AI Gen, laptop ini mempunyai prosesor AMD Ryzen AI di dalam daftar spesifikasi.

Dalam aktivitas peluncurannya di Jakarta pada Rabu (15/05/2024), Chandra Tansri sebagai CEO Advan menjelaskan bahwa perusahaan sadar dengan kebutuhan bakal teknologi AI di kalangan masyarakat.

“Saat ini teknologi AI sangat marak digunakan di beragam sektor pekerjaan, dan kami sadar bakal kebutuhan perihal tersebut. Maka dari itu kami menghadirkan Advan AI Gen nan mempunyai prosesor memumpuni untuk memproses AI,” ungkap Chandra.

BACA JUGA:

  • Siap Saingi ROG Ally, Advan Luncurkan PC Handheld X Play
  • Advan Luncurkan 3 Laptop Baru, Ada Laptop Gaming PixelWar

Chandra juga menyoroti pentingnya aspek kehadiran NPU (Neural Processing Unit), lantaran menurutnya dengan adanya NPU, CPU dan GPU tidak terlalu terbebani secara langsung saat pengguna melakukan tugas AI.

Selain itu, tolak ukur dari NPU adalah TOPS (Tera Operations Per Second). Chandra menyatakan bahwa prosesor AMD Ryzen 7 nan digunakan pada Advan AI Gen mempunyai total 38 TOPS.

Untuk spesifikasi sendiri, laptop Advan AI Gen ini menggunakan panel layar berjenis IPS LCD nan mendukung resolusi Full HD dengan rasio aspek layar 16:10, serta mencakup warna hingga 100% sRGB.

Di sektor dapur pacu, laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7 8845HS nan sudah mempunyai konfigurasi CPU, NPU, dan GPU bawaan. Untuk GPU bawaannya menggunakan AMD Radeon 780M nan bisa diandalkan untuk mengolah kebutuhan.

Untuk menunjang kebutuhan multitasking para penggunanya, laptop AI Advan ini menggunakan memori RAM LPDDR5x berkapasitas 16GB dan penyimpanan SSD PCIe 4.0 berukuran 512GB. Jika penyimpanan SSD dirasa tetap kurang luas tersedia pula 1 slot tambahan.

Laptop ini juga dibekali beberapa fitur tambahan seperti webcam HD 720p, WiFI 6 2.4 dan 5GHz, Bluetooth 5.1, serta keyboard dengan LED backlight. Untuk kelengkapan portnya antara lain 2x USB 3.2, 1x USB 2.0, 2x USB Type C (Full Function), 1x 3.5mm Audio Jack, dan 1 port HDMI.

BACA JUGA:

  • Advan WorkPlus Tawarkan Spesifikasi AMD Ryzen 6000 Series
  • Advan 360 Stylus, Laptop Para Konten Kreator di Harga Rp 5 Jutaan

Laptop Advan AI Gen bakal dibanderol dengan nilai harga normal Rp11.499.000 . Namun lantaran ada nilai promo untuk setiap pembelian laptop Advan AI Gen, maka laptop ini dijual Rp9.999.000. [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi