Realme Gt 6 – Kembalinya Sang Flagship Killer Dengan Teknologi Ai

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

realme GT 6 - Kembalinya Sang Flagship Killer dengan Teknologi AI

Kincaimedia – Setelah sempat vakum, realme kembali menghadirkan realme GT 6 di Indonesia nan membawa karakter unik ketangguhan performa dari realme GT Series.

Dijuluki “New Flagship Killer Powered by AI”, handphone ini dipersenjatai dengan teknologi terkini seperti Snapdragon 8s Gen 3 dan beragam fitur kepintaran buatan nan memperkaya pengalaman pengguna sehari-hari.

Tak hanya itu, handphone ini juga dilengkapi dengan layar nan mempunyai tingkat kecerahan maksimal hingga 6.000 nit nan sangat tinggi, kamera belakang nan mumpuni, serta pengisian daya super sigap 120W SUPERVOOC.

Desain

realme GT 6

realme GT 6 mempunyai ukuran nan tergolong standar untuk handphone masa sekarang dengan berat 199g. Memang tidak ringan namun tidak terlalu berat juga. Handphone ini tersedia dalam dua pilihan warna menawan ialah Razor Green dan Fluid Silver—yang dipakai oleh tim Gadgetren.

Desainnya memancarkan kesan premium dengan sisi melengkung dan bebatan warna perak matte di nyaris seluruh bodinya. Ditambah lagi handphone ini menggunakan material metal untuk frame dan kaca untuk bagian depan maupun belakang sehingga membuatnya kokoh.

Yang menarik, area sekitar kamera dilapisi dengan material sangat mengkilap nan bisa berfaedah sebagai cermin, membantu saat selfie menggunakan kamera utama.

realme GT 6

Bagian bawah realme GT 6 dilengkapi dengan port USB Type-C, slot kartu SIM ganda, serta lubang speaker dan mikrofon, memberikan kelengkapan nan diperlukan untuk penggunaan sehari-hari. Di sisi kanan terdapat tombol power dan volume nan mudah dijangkau.

Yang menarik, bagian atas handphone ini dilengkapi dengan sensor infra merah nan memungkinkan kita mengontrol perangkat elektronik rumah seperti TV dan AC nan kompatibel, menjadikan realme GT 6 lebih dari sekadar handphone biasa.

Layar

realme GT 6

Salah satu kelebihan realme GT 6 terletak pada sektor layarnya nan menggunakan panel AMOLED 6,78 inci dengan 6.000 Nits Ultra Bright Display. Ini memastikan tampilan layar tetap terlihat jelas meskipun di bawah terik sinar mentari siang hari. Cocok untuk nan sering beraktivitas di luar ruangan.

Tak hanya menawarkan kecerahan tinggi, layar ini juga mempunyai resolusi 2780 x 1264 piksel, saturasi warna 100% P3, kedalaman warna 10 bit, dan mendukung HDR 10+. Hal ini memungkinkan layar menampilkan konten dengan perincian tajam dan warna nan memukau. Selain itu, support untuk Dolby Vision dan Pro-XDR memastikan pengalaman menonton video menjadi lebih memuaskan.

Layar realme GT 6 mendukung refresh rate hingga 120Hz, nan dapat beradaptasi secara bergerak dari 1Hz hingga 120Hz berkah teknologi LTPO 8T. Ini tidak hanya membikin tampilan lebih mulus tetapi juga menghemat daya, setara dengan penambahan kapabilitas baterai sebesar 300mAh.

Untuk melindungi mata kita saat menggunakan handphone di kondisi gelap seperti sebelum tidur, realme GT 6 dilengkapi dengan SGS Eye-Protection Display dan peredupan PWM 2160Hz. Teknologi PWM nan sigap ini mengurangi flicker pada layar sehingga mata tidak sigap lelah.

realme juga melindungi layar handphone ini dengan Corning Gorilla Glass Victus 2, teknologi nan sering digunakan pada handphone kelas flagship, untuk memastikan ketahanan layar terhadap goresan dan benturan.

Performa

realme GT 6

Sebagai bagian dari realme GT Series, realme GT 6 dilengkapi dengan chipset berperforma tinggi Snapdragon 8s Gen 3. Chipset terbaru dari Qualcomm ini menawarkan performa nan nyaris setara dengan kakaknya, Snapdragon 8 Gen 3, terlihat dari skor AnTuTu nan mencapai 1.517.093.

Dalam uji benchmark lainnya seperti Geekbench, realme GT 6 juga mencatat skor impresif ialah 1.931 untuk single core dan 4.822 untuk multi core. Kencangnya performa handphone ini juga tidak lepas dari penggunaan RAM LPDDR5X sebesar 12GB nan dapat diperluas secara virtual menjadi total 24GB.

Selain itu handphone ini mempunyai kapabilitas penyimpanan internal nan luas ialah 256GB dengan teknologi UFS 4.0 Overclock, memastikan kecepatan dan kelancaran dalam menyimpan dan mengakses data.

Dalam penggunaan sehari-hari, performa realme GT 6 terasa sangat lancar tanpa kendala. Saat digunakan untuk bermain game berat seperti Genshin Impact, handphone ini bisa menjalankannya dengan mudah. Resolusi layar nan tinggi membikin skematis Genshin Impact terlihat tajam dan memuaskan.

Saat bermain game tersebut selama 1 jam nonstop dengan setelan skematis tertinggi, suhu handphone ini tetap hangat dan nyaman serta performanya tetap lancar sepanjang permainan.

Pengalaman serupa dirasakan saat memainkan PUBG Mobile. Pada setelan skematis Ultra HDR dan Ultra Frame Rate, performanya sangat lancar. Respon sentuhan layar juga sangat cepat, membikin tindakan dalam permainan terasa lebih responsif.

Untuk game balapan seperti Real Racing 3, performa juga sangat mulus ditambah dengan refresh rate tinggi pada layar nan meningkatkan pengalaman bermain.

realme GT 6

Menariknya, realme GT 6 menyediakan fitur Geek Power Tuning nan dapat diakses dengan mengusap perspektif kiri atas layar saat bermain game. Fitur ini memungkinkan kita mengatur kecepatan performa CPU dan GPU dengan leluasa, mirip dengan overclocking pada komputer desktop alias laptop.

Untuk mengatur panas, realme GT 6 menggunakan 9 lapisan pendinginan nan salah satunya adalah vapor chamber dobel dengan luas 10,014mm².

Menemani performanya nan gegas, speaker stereo dalam realme GT 6 nan Hi-Res Audio Certified dapat menghasilkan keluaran bunyi nan tergolong memuaskan di kelasnya sehingga pengalaman bermain game menjadi lebih menyenangkan.

Baterai

realme GT 6

Meskipun performanya cepat, ketahanan baterai realme GT 6 nan berkapasitas 5.500mAh sangatlah tangguh. Tim Kincaimedia mencatat screen on time selama 4 jam 56 menit dari baterai penuh hingga 10% untuk penggunaan sehari-hari.

Dalam pengetesan menggunakan aplikasi PCMark dengan kecerahan layar 50% dan refresh rate 60Hz, realme GT 6 mencatat skor tinggi ialah 19 jam 42 menit. Bahkan saat diuji dengan refresh rate 120Hz, skor ketahanan baterainya tetap memuaskan ialah 18 jam.

Selain mempunyai ketahanan baterai nan baik, pengisian daya realme GT 6 juga sangat cepat. Menggunakan charger bawaan GAN 120W dengan teknologi fast charging 120W SUPERVOOC, baterainya dapat diisi dari 10% hingga 100% dalam waktu hanya 30 menit.

Mungkin ada nan cemas bakal akibat pengisian daya super sigap terhadap umur baterai dalam jangka panjang. Nah realme memastikan bahwa kapabilitas baterai realme GT 6 bakal tetap di atas 80% setelah diisi penuh sampai 1.600 kali. Secara kasar, ini berfaedah baterai realme GT 6 bakal tetap optimal selama 4 tahun dengan dugaan satu kali pengisian penuh setiap hari.

Kamera

realme GT 6

realme GT 6 menawarkan sistem kamera belakang nan mengesankan nan terdiri dari tiga lensa: lensa utama SONY LYT-808 50MP dengan OIS, lensa telefoto Samsung JN5 50MP, dan lensa ultrawide Sony IMX355 8MP. Di bagian depan, terdapat kamera 32MP untuk memenuhi kebutuhan selfie.

Kemampuan canggih kamera ini diperkuat oleh teknologi HyperTone Image Engine, nan tidak hanya meningkatkan kejernihan foto tetapi juga mengurangi noise melalui AI RAW fusion. Hasil foto dari kamera utama realme GT 6 sangat memuaskan, menampilkan warna nan mendekati aslinya dan perincian nan jelas.

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

Di mode portrait, hasil foto nan dihasilkan oleh realme GT 6 sangat memukau dengan pengaruh bokeh nan lembut dan teratur. Keberadaan lensa telefoto juga memberikan keahlian untuk mengambil portrait dengan karakter nan berbeda dibandingkan dengan lensa utama.

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

Lensa telefoto ini tentunya juga cocok digunakan untuk memotret pemandangan alias objek di kejauhan. Memanfaatkan resolusi lensa telefoto nan tinggi, handphone ini bisa melakukan pembesaran lebih jauh lagi ialah 4x tanpa penurunan kualitas foto nan signifikan.

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

Dengan support teknologi AI, kamera realme GT 6 bisa menghasilkan foto pada malam hari nan sama memuaskannya dengan foto di siang hari. Selain itu proses pengambilan dan pemrosesan foto pada malam hari berjalan sigap tanpa memerlukan waktu nan lama.

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

Untuk kamera depannya, realme GT 6 bisa menghasilkan foto selfie nan tajam dengan menangkap warna dan tekstur wajah subjek dengan perincian nan baik. Mode portrait juga menghasilkan pengaruh bokeh nan halus, memisahkan subjek dengan latar belakang secara rapi.

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

Dalam perihal perekaman video, realme GT 6 bisa merekam hingga resolusi 4K pada 60FPS. Aplikasi kamera bawaannya dilengkapi dengan beragam fitur nan dapat dimanfaatkan, seperti Ultra Steady untuk menjaga stabilitas video, mode HDR untuk warna nan lebih hidup, dan AI Night Vision untuk meningkatkan kejernihan video saat malam hari.

Untuk mengaktifkan mode AI Night Vision, kita perlu mengatur resolusi video ke FHD pada 30FPS dan menekan tombol unik nan bakal muncul di sisi kiri bawah aplikasi kamera bawaan jika sistem mendeteksi lingkungan redup.

Fitur

realme GT 6

Kamera nan canggih tentunya tidak cukup ketika kita memotret tapi ada objek nan mengganggu. Nah untuk itu realme GT 6 mempunyai fitur AI nan berfaedah ialah AI Smart Removal.

Fitur ini memungkinkan kita untuk menghapus objek nan tidak diinginkan dalam sebuah foto, dan realme GT 6 secara otomatis mengisi kekosongan dengan pandai untuk menjaga kesempurnaan komposisi foto.

Tidak hanya itu, AI Smart Removal juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat alias noda pada wajah seseorang, membantu menghasilkan foto nan sempurna tanpa perlu melakukan editing manual nan rumit.

realme GT 6 - Before AI Smart Removal

Sebelum AI Smart Removal

realme GT 6 - After AI Smart Removal

Setelah AI Smart Removal

realme GT 6 juga dilengkapi dengan fitur AI Smart Loop nan memungkinkan pengguna untuk menyeret konten nan ditampilkan di layar ke bagian kanan atas handphone untuk dibagikan dengan sigap ke aplikasi lain. Fitur ini sangat praktis, baik untuk membagikan quote buletin melalui WA maupun untuk berbagi foto IG story kepada teman.

realme GT 6 AI Feature

Kiri: AI Smart Loop. Kanan: AI Screen Recognition

Melalui fitur Screen Recognition, smartphone ini dapat menganalisis konten pada layar seperti teks alias foto untuk kemudian disimpan alias dibagikan. Namun, perlu dicatat bahwa saat ini belum semua aplikasi mendukung fitur AI Screen Recognition seperti browser Chrome.

realme GT 6

Secara keseluruhan, realme GT 6 adalah handphone flagship killer nan mengesankan dengan performa cepat, kamera berbobot tinggi, dan layar nan sangat cerah.

Tidak hanya itu, handphone ini dilengkapi dengan beragam fitur AI nan mempermudah aktivitas sehari-hari. Baterainya pun tahan lama dan dapat diisi dayanya dengan sangat cepat.

Smartphone realme GT 6 bisa dibeli dengan nilai unik pada periode Flash Sale pada tanggal 25 Juni 2024 eksklusif di realme.com, Shopee, dan Akulaku. Pada pembelian di saluran offline seperti realme Brand Store dan toko mitra, pengguna dapat memperoleh cuma-cuma realme Buds Air 5 serta beragam akomodasi pembayaran senilai hingga Rp3.500.000, pada periode 25 Juni – 31 Juli 2024.

Pada setiap pembelian realme GT 6, Anda juga dapat memperoleh jasa purnajual eksklusif seperti 1 Tahun Proteksi Layar, Dedicated Spare Phone, 1-Hour Quick Repair, Free Round-Trip Shipping for Repairs, Send-In Repair Surprises, realme Care 50% Discount, dan Priority Service Channel*.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap