Review Galaxy Fit3 – Smartband Terjangkau Yang Bertabur Fitur

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Review Galaxy Fit3 - Smartband Terjangkau nan Bertabur Fitur

Review Samsung Galaxy Fit3

  • Rating

Kesimpulan

Dengan layar AMOLED nan nyaman di mata, strap nan nyaman di kulit, 100 Watch Face, daya tahan baterai lama, dan beragam fitur menarik membikin Samsung Galaxy Fit3 dapat digunakan untuk menunjang aktivitas kebugaran dan kesehatan sehari-hari.

Yang Disukai

  • Layar AMOLED
  • Bertabur fitur kebugaran dan kesehatan
  • Daya tahan baterai lama
  • Antarmuka nan sederhana dan nyaman
  • Proses lepas pasang strap mudah

Yang Tidak Disukai

  • Absennya GPS bawaan
  • Kabel pengecasan khusus
  • Jenis strap tidak umum

Kincaimedia – Galaxy Fit3 merupakan smartband besutan Samsung nan telah didukung dengan beragam fitur untuk menunjang aktivitas kesehatan dan kebugaran dari penggunanya.

Mengikuti tren saat ini, Samsung Galaxy Fit3 ini mempunyai corak persegi panjang. Dan untuk membuatnya terlihat stylish, smartband ini mempunyai layar melengkung di beragam sisinya.

Secara bawaan smartband ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur umum seperti pemantau debar jantung, aktivitas tidur, dan tingkat stress. Tak ketinggalan terdapat juga fitur SpO2 nan dapat memonitor kadar oksigen dalam darah sehingga dapat menjadi parameter penggunanya terkena COVID-19 alias tidak.

Samsung Galaxy Fit3 - SpO2

Samsung Galaxy Fit3 ini datang dengan dimensi 42,9mm x 28,8mm x 9,9mm nan ukurannya tidak terlalu besar dan berat 36,8 gram sehingga terasa nyaman dan ringan ketika disematkan pada pergelangan tangan saya.

Dengan material aluminium, membikin bodi smartband ini terasa kokoh ketika sedang digunakan. Kebetulan saya sendiri menggunakan Galaxy Fit3 nan berwarna Silver dengan strap alias tali berwarna putih.

Menurut saya kombinasi warna antara bodi dan strap ini membikin smartband ini terlihat menawan. Strap dari smartband ini menggunakan bahan karet FKM (Fluorine Kautschuk Material) nan terasa nyaman ketika berada di pergelangan tangan saya.

Samsung Galaxy Fit3 - Strap Open

Meskipun menggunakan sistem penguncian khusus, namun strap dari Galaxy Fit3 dapat dengan mudah untuk dilepas pasang lantaran saya hanya menekan tombol di bagian bawah untuk melepas strap.

Setelah terlepas, saya dapat menyematkan strap lain buatan Samsung alias pihak ketiga hanya dengan menempelkan pin pengait dari strap ke lubang di bagian pinggir Galaxy Fit3. Namun tentunya perihal ini membikin Anda tidak dapat menggunakan strap alias tali dari jam biasa di Galaxy Fit3 lantaran sistem pemasangan dan pengunciannya nan berbeda.

Kebetulan saya juga mendapatkan Galaxy Fit3 Sport Band nan merupakan strap buatan Samsung nan digunakan unik untuk olahraga. Dengan warnanya nan gelap kehijauan, saya merasa strap olahraga ini tetap terasa cocok jika dipadukan dengan bodi Galaxy Fit3 nan berwarna perak.

Samsung Galaxy Fit3 - All Band

Bodi pada frame Galaxy Fit 3 ini didominasi oleh warna Silver nan terlihat berkilau ketika terkena pantulan cahaya. Secara kasat mata, smartband ini sudah menggunakan layar lengkung 2,5D dengan lebar 1,6 inci dan resolusi 256 x 402 piksel nan bisa menampilkan konten berwarna dengan terang serta jernih.

Saya sendiri merasa nyaman terhadap konten nan ditampilkan pada layar Galaxy Fit3. Apalagi smartband ini menggunakan sistem operasi RTOS nan tampilan antarmukanya nan sederhana dibuat mirip seperti One UI sehingga saya memandang beragam ikon serta teks aplikasi layaknya di handphone Samsung.

Saya dapat menyentuh layar untuk navigasi antar menu dan memilih aplikasi pada smartband ini. Apabila melakukan swipe layar dengan satu jari dari bagian atas layar ke bawah, maka bakal memunculkan Quick Settings.

Pada saat swipe layar dari kiri ke kanan bakal memunculkan notifikasi pesan maupun aplikasi. Sementara swipe layar dari kanan ke kiri bakal memperlihatkan tampilan fitur utama (Tiles) pada smartband ini.

Untuk swipe layar dari bawah ke atas bakal memperlihatkan daftar aplikasi nan datang pada Galaxy Fit3. Bagi Anda nan sedang mengakses aplikasi pada smartband ini dan mau keluar, maka dapat melakukan swipe layar dari kiri ke kanan.

Samsung Galaxy Fit3 - Home Button

Terdapat juga tombol bentuk Home di sebelah kanan nan kegunaan utamanya untuk kembali ke laman Home Screen alias Watch Face. Namun tombol bentuk ini mempunyai fitur dua kali klik nan secara bawaan berfaedah untuk menuju laman Exercise alias olahraga.

Menariknya dua kali klik pada Home Button dapat juga diganti fungsinya melalui aplikasi Galaxy Wear di handphone untuk membikin aplikasi nan sering digunakan alias untuk membuka aplikasi nan lebih spesifik, seperti Camera Remote, Find my Phone, Media Controller, dan lainnya.

Sementara andaikan Home Button ditekan sebanyak lima kali, maka dapat mengaktifkan panggilan SOS pada handphone nan terhubung dengan Galaxy Fit3. Hal ini tentunya dapat membantu kita ketika sedang terjadi suatu musibah nan tidak diinginkan.

Samsung Galaxy Fit3 - Galaxy Wearable

Untuk bisa membikin Galaxy Fit3 terhubung dengan handphone, Anda dapat menggunakan aplikasi berjulukan Galaxy Wearable nan dapat diunduh melalui Samsung Store alias Google Play Store. Sementara untuk pemantau aktivitas kebugaran dan kesehatannya, Anda memerlukan Samsung Health.

Namun saya sendiri menggunakan Samsung Galaxy A55 5G sehingga aplikasi Galaxy Wearable dan Galaxy Health sudah terpasang secara langsung sejak handphone pertama kali diaktifkan.

Selanjutnya, Galaxy Fit3 dapat dihubungkan menggunakan hubungan Bluetooth dengan handphone. Pada Galaxy Wearable ini, saya dapat langsung menemukan smartband tersebut dan minta dihubungkan.

Setelah sukses terhubung, maka aplikasi Galaxy Wearable bakal menampilkan beragam pengaturan krusial seperti Watch Faces, Apps Screen, Tiles, Quick Panel, Band Settings, Find My Band, dan Tips and user guide.

Samsung Galaxy Fit3 - Band Smartphone

Perlu dicatat bahwa Galaxy Wearable dan Samsung Health memerlukan Samsung Account nan sama di mana Anda dapat membikin akun terlebih dulu alias menggunakan Google Account.

Berkat penggunaan Samsung Account ini, membikin aplikasi Galaxy Wearable memberikan pengaturan agar info diberikan aplikasi Samsung Health setiap smartband melakukan pemantauan debar jantung, aktivitas tidur, olahraga, SpO2, tingkat stress, dan lainnya.

Pada Galaxy Wearable ini juga saya dapat memilih 100 Watch Face nan tersedia sesuai dengan selera. Menurut saya sendiri, Watch Face nan dihadirkan Samsung ini banyak nan mempunyai kreasi menarik sehingga membikin tidak jenuh ketika menggunakan Galaxy Fit3 setiap harinya.

Secara bawaan, laman Tiles bakal menampilkan beragam info penting, seperti aktivitas harian, multi-workouts, pemantau aktivitas tidur, cuaca, event harian, media controller, pendeteksi debar jantung, cycle tracking untuk periode haid, pengukur SpO2, pemantau tingkat stress, dan langkah kaki.

Samsung Galaxy Fit3 - Sleep

Pemantau tidur pada Galaxy Fit3 ini tergolong komplit lantaran bisa menampilkan beragam info seperti REM, tidur ringan, tidur lelap, bangun, dan pengukuran oksigen di dalam darah. Selain itu, pengukuran debar jantung dan tingkat stress dapat melangkah otomatis secara berkala.

Menariknya pada saat saya melangkah dalam jarak nan cukup jauh, maka secara otomatis fitur olahraga Walking pada Galaxy Fit3 bakal diaktifkan sehingga bakal menghitung langkah kaki, jarak nan ditempuh, lama waktu, kecepatan rata-rata, kalori terbakar, dan lainnya.

Namun kita juga dapat mengaktifkan lebih dari 100 Exercise alias latihan olahraga nan dapat dipilih secara langsung di Galaxy Fit3, seperti Running, Bike, Running Coach, Track Run, Hiking, Pool Swim, Treadmill, dan tetap banyak lagi.

Samsung Galaxy Fit3 - Exercise

Fitur lain nan dihadirkan pada perangkat ini pun cukup membantu untuk menunjang aktivitas sehari-hari, seperti Media Controller untuk mengendalikan pemutar lagu, video streaming, dan lainnya.

Pada saat memilih fitur Camera Remote, maka aplikasi kamera bawaan di handphone bakal dibuka. Namun tombolnya sederhana hanya Shutter dan Timer saja sehingga cocok bagi Anda nan mau mengabadikan momen dari jarak jauh.

Selanjutnya, terdapat juga Calculator nan tetap dapat dengan nyaman untuk digunakan pada layar Galaxy Fit3, seperti penjumlahan, perkalian, pembagian, pengurangan, pengakaran, dan lainnya.

Samsung Galaxy Fit3 - App List

Pada Samsung Galaxy Fit3 dihadirkan fitur Find My Phone nan dapat digunakan untuk mencari handphone nan sedang terhubung ketika lupa disimpan. Sementara pada aplikasi Galaxy Wear nan terpasang di handphone terdapat fitur Find My Band nan dapat digunakan untuk smartband tersebut.

Tak ketinggalan, sertifikasi IP68 pun sudah dihadirkan pada perangkat ini sehingga membuktikannya telah tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter dengan waktu maksimal 30 menit. Bahkan menurut info dari Samsung, smartband ini juga mempunyai sertifikasi 5 ATM sehingga kondusif ketika digunakan berenang di kolam air tawar hingga kedalaman 50 meter.

Samsung Galaxy Fit3 - All Display

Dengan baterai 208mAh, Samsung menyatakan bahwa Galaxy Fit3 ini dapat memperkuat lama mencapai 13 hari. Namun berasas pemakaian saya, smartband ini bisa memperkuat dari kondisi 100% pada tanggal 15 Maret 2024 ke 1% pada tanggal 26 Maret 2024.

Terlihat bahwa perangkat ini bisa memperkuat lama hingga mencapai 11 hari dalam penggunaan nyata. Bisa dibilang daya tahannya cukup mendekati klaim dari Samsung nan hanya berbeda dua hari saja.

Sementara untuk pengisian daya baterainya bisa melangkah dengan cukup sigap hanya 1 jam dari kondisi 0% pada pukul 10.50 ke 100% pada pukul 11.50. Namun perangkat ini menggunakan kabel port dengan dua PIN nan terhubung ke Galaxy Fit 3 ke port USB Type-C ke kepala adaptor.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Fit3 - All Box

Setelah digunakan sehari-hari, saya merasa bahwa Samsung Galaxy Fit 3 ini terasa nyaman ketika digunakan untuk menunjang aktivitas kebugaran dan kesehatan saya. Bahkan juga dapat digunakan untuk memandang waktu, notifikasi, dan cuaca  dengan baik.

Selain desainnya nan terlihat premium, Samsung Galaxy Fit3 ini mempunyai layar AMOLED nan bisa menampilkan konten berwarna dengan terang serta jernih. Sentuhan jari pada layar pun terasa responsif. Menariknya, produk ini mempunyai beragam Watch Face, jenis latihan olahraga,  hingga fitur nan dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan.

Namun perlu dicatat bahwa strap smartband ini menggunakan kreasi unik sehingga tidak bisa menggunakan tali jam biasa. Built-In GPS pun tidak tersedia pada smartband nan satu ini. Selain itu, Anda memerlukan kabel unik untuk bisa mengecas daya baterai perangkat ini.

Bisa dibilang Galaxy Fit 3 ini cocok digunakan oleh Anda nan sedang mencari smartband di bawah Rp1 jutaan, namun mempunyai banyak fitur untuk menunjang aktivitas kesehatan dan kebugaran. Sementara untuk harganya sendiri hanya mencapai Rp899.000 di Indonesia.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Kincaimedia nan biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal beragam kelebihan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap