Review Infinix Hot 40i, Ponsel Anak Muda Harga Terjangkau?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Infinix Hot 40i (1)

Review Infinix Hot 40i

  • Rating

Kesimpulan

Infinix Hot 40i semakin meramaikan ponsel di segmen Rp1 jutaan dengan menawarkan nilai nan bisa dikatakan cukup lumayan lewat kreasi modern dan keahlian nan mumpuni.

Yang Disukai

  • Performa oke untuk gaming
  • RAM dan penyimpanan besar
  • Desain nan sudah modern
  • Layar mulus 90Hz
  • Ada NFC dan fingerprint samping

Yang Tidak Disukai

  • Kamera nan kurang memadai
  • Magic Ring tetap terasa gimik

Kincaimedia – Infinix Mobility belakangan ini cukup gencar meluncurkan ponsel-ponsel nan cukup kompetitif di pasaran, khususnya lewat lini Hot Series.

Di awal tahun 2024, Infinix Hot 40i datang di Indonesia seharga Rp1.699.000 dalam empat jenis warna nan dapat dipilih meliputi Horizon Gold, Starlit Black, Palm Blue, dan Starfall Green.

Sebagai ponsel dengan nilai nan bisa dikatakan sangat terjangkau, Infinix Hot 40i tentunya membawa perihal nan cukup menarik untuk ditelusuri lebih lanjut.



Desain Cantik nan Terlihat Modern

Infinix Hot 40i secara mengejutkan sudah membawa kreasi nan sangat modern nan mana membuatnya semakin memikat untuk sebuah ponsel di nilai Rp1 jutaan.

Tampilan depannya sudah menggunakan layar penuh dengan style punch hole untuk tempat tersematnya kamera depan. Sementara dari belakang sekilas terlihat seperti iPhone berkah modul kamera kotak besar dengan tiga lingkaran di dalamnya.

Infinix Hot 40i (3)

Untuk jenis Starlit Black nan diuji, Infinix Hot 40i tampil kalem dengan campuran warna hitam dan biru nan ditemani bintik-bintik mini layaknya gemerlap bintang di langit malam. Alhasil warna nan dipancarkan lebih terlihat menarik lantaran tidak hitam monoton.

Tekstur permukaan bagian belakangnya pun tidak mudah terlihat kotor ketika terkena minyak tangan. Namun untuk modul kamera mempunyai permukaan glossy nan mana bakal perlu sering dibersihkan jika tidak menggunakan case silikon nan sudah disediakan pada paket penjualan.

Secara keseluruhan, bodi Infinix Hot 40i lebih mengotak dengan perspektif presisi nan terasa kokoh untuk kelas harganya. Bahkan bisa dikatakan bahwa Infinix Hot 40i dari segi kreasi terlihat seperti ponsel kelas menengah, bukan ponsel Rp1 jutaan.

Infinix Hot 40i (4)

Apalagi selain sudah membawa port USB-C, ponsel besutan Infinix ini memberikan sensor pindai jari di samping nan juga berfaedah sebagai tombol Power. Tak ketinggalan tentunya mendukung dua SIM dan microSD nan sering dibutuhkan oleh pengguna.

Fitur Magic Ring nan Mirip Dynamic Island

Yang menarik, Infinix Hot 40i membawa fitur baru berjulukan Magic Ring nan terlihat cukup mirip seperti fitur Dynamic Island di iPhone. Magic Ring memungkinkan adanya animasi nan muncul untuk memberikan info singkat seperti saat mengisi daya alias maupun Face Unlock tengah aktif.

Infinix Hot 40i (6)

Magic Ring nan dikombinasikan dengan XOS 13 memberikan pengalaman penggunaan baru nan tidak ada di seri Hot generasi sebelumnya. Di samping itu tentunya tersedia pula fitur-fitur lain nan tidak kalah pentingnya seperti NFC dan split screen.

Menyasar kaula muda nan senang mengonsumsi konten hiburan, Infinix Hot 40i dibekali layar luas berukuran 6,56 inci nan mempunyai resolusi HD+ 720p dan rasio layar-ke-bodi mencapai 89,7%. Layarnya pun sudah mendukung refresh rate hingga 90Hz.

Performa Oke, Ga Ketinggalan

Oleh lantaran itu tidak heran ponsel ini terasa responsif terhadap sentuhan jari dan aktivitas animasi dari sistem pun terlihat mulus. Infinix tentunya menyediakan opsi bergerak nan mana refresh rate bakal disesuaikan dengan konten nan tampil.

Resolusi nan dihadirkan memang tetap HD+ 720p, namun tidak menghalang sama sekali saat menikmati konten visual seperti nonton YouTube. nan lebih penting, layarnya tetap jelas ketika dilihat di bawah terik sinar matahari.

Untuk menjalankan beragam aktivitas dan aplikasi sehari-hari, Infinix Hot 40i kemudian diotaki chipset Unisoc T606 nan cukup sering ditemukan pada ponsel kelas ini. Menemani chipset tersebut ada penyimpanan 256GB dan RAM 8GB dengan tambahan fitur RAM extension hingga 8GB.

Infinix Hot 40i Performa

Kombinasi tersebut diklaim dapat membikin peluncuran aplikasi dan multitasking lebih cepat. Untuk memandang kinerjanya, Infinix Hot 40i tentu saja diuji menggunakan aplikasi benchmark seperti AnTuTu 10 dan Geekbench 6.

Hasilnya, Infinix Hot 40i sukses meraih skor mencapai 272.203 poin pada AnTuTu 10 nan mana cukup bersaing dengan ponsel seperti Samsung Galaxy A05, realme C67, dan OPPO A38 jika memandang dari info review nan tim Kincaimedia miliki.

Infinix Hot 40i AnTuTu

Sementara untuk Geekbench 6 terlihat mendapatkan skor 392 poin untuk Single-Core dan 1.399 poin untuk Multi-Core. Angka nan bisa dikatakan tetap dalam ekspektasi untuk ponsel di kelas ini.

Walaupun nomor tersebut memang tidak terlalu tinggi saat dibandingkan ponsel kelas menengah alias atas, Infinix Hot 40i pastinya dapat menunjang aktivitas digital sehari-hari maupun kebutuhan hiburan. Selama pengujian, ponsel dapat membuka aplikasi-aplikasi terkenal secara lancar.

Melakukan picture-in-picture untuk browsing sembari nonton video pun tidak jadi masalah pada Infinix Hot 40i. Performa nan dihadirkan sudah cukup untuk melakukan perihal tersebut. Berkat kapabilitas RAM nan besar, aplikasi nan ada di latar pun tidak sering dipaksa tutup sehingga bisa dengan nyaman melakukan multitasking.

Udah Sanggup Dibawa Main Game

Infinix Hot 40i pun diberikan fitur XBOOST Gaming terbaru untuk mendorong kinerjanya lebih maksimal lagi ketika dibutuhkan. Layaknya game launcher kebanyakan nan sudah ada di ponsel masa kini, fitur ini bakal melangkah secara otomatis ketika menjalankan game.

Hal ini pun membikin Infinix Hot 40i cukup bisa diajak bermain game-game populer. Misalnya saja pada Mobile Legends tidak masalah jika mau mengaktifkan pengaturan skematis Ultra dan HD Mode dengan Frame Rate Super. Begitu pula untuk Arena of Valor bisa dinikmati pada setelan skematis Extreme.

Infinix Hot 40i Mobile Legends

Lalu untuk aliran Battle Royale, ponsel ini cukup sanggup memberikan pengalaman bermain nan lancar untuk PUBG Mobile pada skematis HD dan Frame Rate High tanpa hambatan di beragam medan pertempuran.

Infinix Hot 40i PUBG Mobile

Sementara pada game nan lebih berat lagi, Infinix Hot 40i menariknya tetap bisa menjalankan Genshin Impact pada skematis Low. Namun secara bawaan bakal langsung disetel pada opsi Lowest untuk memberikan pengalaman bermain nan lebih mulus

Infinix Hot 40i Genshin Impact

Infinix Hot 40i seperti kebanyakan ponsel masa sekarang telah dibekali baterai berkapasitas 5.000mAh untuk menjamin daya tahan penggunaan nan lama. Digabungkan dengan dapur pacu nan terbilang tidak royal daya.

Ketahanan Baterai Cukup Bersaing

Pihak Infinix menyatakan bahwa ponsel ini bakal bisa digunakan untuk melakukan video streaming selama 30 jam. Daya tahan baterai dari Infinix Hot 40i pun kemudian diuji menggunakan PCMark for Android dengan parameter kecerahan layar 50% dan baterai dari 100%.

Hasilnya, Infinix Hot 40i bisa mendapatkan skor 14 jam 23 menit pada mode layar Dinamis dan 13 jam 18 menit pada mode layar 90Hz. Angka nan terbilang tinggi dan sangat bersaing dengan ponsel pesaing di kelasnya.

Infinix Hot 40i Baterai

90Hz (kiri) – Dinamis (kanan)

Sementara saat digunakan secara nyata dalam keseharian, baterai dari Infinix Hot 40i tetap tersisa sebanyak 35% di malam hari dengan screen-on-time di kisaran 9 jam 56 menit. Oleh lantaran itu Infinix Hot 40i dipastikan bisa menemani aktivitas sepanjang hari dalam sekali pengisian daya untuk kondisi penggunaan nan tetap wajar.

Soal pengisian daya, Infinix Hot 40i dilengkapi teknologi pengisian sigap 18W sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama ketika kudu mengisi ulang baterainya. Hanya saja selama masa pengetesan proses pengetesan terkadang berakhir mendadak walaupun tetap terhubung dan beberapa kali cukup lambat dari seharusnya.

Kamera Resolusi Besar Tapi….

Untuk urusan fotografi dan videografi, Infinix Hot 40i dipersenjatai kamera utama 50MP nan ditemani kamera AI sekunder serta kamera selfie 32MP. Berbagai mode pengambilan pun telah didukung oleh aplikasi kamera bawaan seperti Portrait, Super Night, Slow mo, dan lainnya.

Walaupun membawa resolusi kamera nan terbilang besar, perlu tetap menjaga ekspektasi dalam perihal kualitas fotografi mengingat nilai nan dibanderol untuk Infinix Hot 40i. Secara keseluruhan foto nan dihasilkan cukup memadai jika hanya sebatas foto biasa dalam keseharian.

Walaupun begitu, ketika memotret di area nan terang menghasilkan foto nan overekspos dan rentang bergerak kurang baik. Hal ini pun membikin warna menjadi kurang akurat, misalnya seperti baju nan tadinya merah maroon malah menjadi terlihat seperti pink.

Infinix Hot 40i (2)

Kelemahan dari kamera Infinix Hot 40i pun kembali terlihat ketika mengambil foto dalam kondisi nan lebih menantang. Pada mode Portrait misalnya, pengaruh bokeh nan dihasilkan tidak rapi nan mana tentu mengurangi estetika.

Begitu juga pada malam hari, foto dengan menggunakan mode Auto terlihat gelap sementara pada mode Super Night memang terlihat lebih terang namun noise turut banyak terlihat. Lalu pada saat mengambil foto pada Mode 50MP, ponsel pun cukup lama dalam memproses foto sehingga perlu menunggu sebelum bisa memandang hasil alias lanjut memotret.

Tidak hanya soal foto saja, rekaman nan diambil pun kurang bagus lantaran absennya OIS sehingga guncangan sangat terlihat maupun Auto Focus nan kebingungan menentukan target. Hal-hal tersebut pastinya bakal mengganggu kenyamanan saat merekam.

Infinix Hot 40i - Kamera 05

Infinix Hot 40i - Kamera 11

Infinix Hot 40i - Kamera 08

Infinix Hot 40i - Kamera 12a

Infinix Hot 40i - Kamera 04 Portrait

Portrait

Infinix Hot 40i - Kamera 03 50MP

50 MP

Infinix Hot 40i - Selfie 01

Selfie Auto

Infinix Hot 40i - Selfie 01 Portrait

Selfie Portrait

Infinix Hot 40i - Selfie 04

Selfie Auto

Infinix Hot 40i - Selfie 04 Portrait

Selfie Portrait

Ponsel Modern Untuk Anak Muda?

Infinix Hot 40i nan dijual seharga Rp1.699.000 menawarkan nilai nan bisa dikatakan cukup lumayan, khususnya dalam perihal kreasi lantaran sudah sangat modern dan kekinian. Kinerja dari chipset Unisoc T606 memang biasa saja, namun untungnya tertutupi oleh RAM dan penyimpanan internal nan besar.

Pastinya secara keseluruhan Infinix Hot 40i sudah bisa untuk memberikan pengalaman penggunaan nan nyaman dalam keseharian. Hanya saja ada beberapa perihal nan perlu dipertimbangkan, apakah sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.

Sebagai ponsel baru di kelas ini, Infinix Hot 40i menghadapi persaingan nan cukup sengit. Namun ini berfaedah semakin banyak ponsel nan bisa dipilih sehingga tinggal memilih mana nan cocok dengan biaya nan dimiliki.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Kincaimedia nan telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama dia geluti lantaran memang tertarik memandang perkembangan teknologi nan semakin canggih dari tahun ke tahun.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap