Review Maono Wm620 – Cocok Untuk Yang Senang Live Tiktok / Instagram

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Maono WM620

Review Maono WM620

  • Rating

Kesimpulan

Maono WM620 adalah mikrofon wireless nan sangat menarik digunakan bagi mereka nan sering melakukan rekaman video menggunakan handphone.

Yang Disukai

  • Ringan
  • Ada fitur noise cancelling
  • Mudah disetel

Yang Tidak Disukai

  • Desain glossy nan mudah kotor

Kincaimedia – Sekarang tren membikin konten menggunakan handphone seperti misalnya live TikTok sudah sangat populer. Biasanya ini dilakukan menggunakan kamera handphone nan makin ke sini kualitas rekaman videonya semakin baik.

Nah, tapi untuk merekam bunyi perlu perangkat tambahan lantaran jarak handphone dengan kita biasanya agak jauh. Salah satu solusi nan bisa digunakan adalah menggunakan mikrofon wireless seperti Maono WM620.

Mikrofon wireless nan satu ini unik lantaran dapat tersambung melalui port USB Type-C nan ditemukan di handphone Android alias iPhone generasi terbaru. Ada juga jenis Maono WM620 nan kompatibel dengan lightning port di iPhone generasi lama.

Maono WM620

Maono WM620 terdiri dari dua komponen utama yakni receiver nan tersambung dengan handphone dan transmitter nan bisa dikaitkan di baju host video. Kedua komponen tersebut dibungkus dalam sebuah case nan juga berfaedah untuk mengisi daya baterainya.

Di belakang case ini terdapat port USB Type-C untuk mengisi daya case dan di bagian depan terdapat 4 lampu parameter untuk menandakan seberapa penuh baterai case saat omo.

Case ini dibalut dengan warna hitam glossy nan sayangnya membikin tampilan case jadi mudah kotor oleh sidik jari. Tapi beberapa bagian dari perangkat ini menggunakan finishing matte nan mana sebetulnya terlihat lebih baik.

Maono WM620

Untuk merekam bunyi dari host video, terdapat dua transmitter di Maono WM620 sehingga perangkat ini bisa digunakan juga untuk video sejenis interview. Masing-masing transmitter dilengkapi dengan dua mikrofon nan terletak di bagian atas dan bawah.

Di sisi transmitter ini terdapat tombol untuk menghidupkan alias mematikan perangkat, mengaktifkan fitur noise cancelling, mode nyanyi, dan juga mensunyikan suara. Mode nyanyi ini bisa digunakan untuk mengubah rekaman bunyi agar terdengar lebih berdengung.

Ada 2 level noise cancelling nan didukung oleh Maono WM620. Ini bisa dilakukan melalui sekali pencet tombol noise cancelling untuk mengaktifkan mode Low Noise Cancelling dan dua kali pencet untuk mode High.

Ketika fitur ini aktif, lampu parameter noise cancelling di bagian atas transmitter bakal menyala. Namun sayangnya tidak ada perbedaan parameter antara noise cancelling di mode Low ataupun High.

Maono WM620

Lampu parameter ini juga dapat memberikan info tentang status baterai perangkat, status fitur noise cancelling dan mode nyanyi, serta apakah transmitternya sudah terkoneksi dengan receiver.

Pada bagian transmitter Maono WM620 terdapat port USB Type-C nan bisa digunakan untuk mengisi daya transmitter secara langsung sedangkan di bagian atasnya terdapat input mikrofon 3,5mm. Dengan begitu transmitter ini bisa dikombinasikan dengan mikrofon kabel jika diperlukan di situasi tertentu.

Ada dua langkah untuk memasangkan transmitter ini ke baju kita ialah menggunakan klip nan ada di belakang transmitter ataupun menggunakan daya magnetik pada klip nan dikombinasikan dengan koin magnet nan tersedia dalam boks Maono WM620.

Maono WM620

Komponen terakhir dari Maono W620 adalah receiver nan bisa disambungkan ke handphone. Receiver ini mempunyai tombol untuk mengaktifkan fitur noise cancelling alias mensunyikan bunyi dari tiap transmitter secara langsung. Selain itu terdapat saklar geser untuk meningkatkan volume rekaman bunyi dalam 4 level.

Receiver ini juga bisa diisi dayanya secara langsung melalui port USB Type-C dan dapat dimonitor bunyi hasil rekaman melalui port 3,5mm. Di bagian depan receiver ini terdapat lampu notifikasi untuk menandakan status hubungan dengan tiap transmitter, status rekaman suara, serta status fitur noise cancelling.

Maono WM620

Baik komponen transmitter maupun receiver dari Maono WM620 sangatlah ringan, Anda bakal nyaris tidak merasa berat perangkat ini ketika ditempelkan.

Soal kualitas rekaman dari Maono WM620 sendiri terdengar baik. ketika saya pasangkan perangkat ini di handphone Samsung Galaxy S24 Ultra nan saya miliki, hasil rekaman bunyi saya terdengar jelas dengan karakter bunyi nan agak berbeda dibandingkan dengan mikrofon bawaan handphone.

Fitur noise cancelling dari Maono WM620 cukup bisa meredam bunyi sekitar saya dengan baik namun dengan pengaruh samping bunyi saya jadi terdengar sedikit aneh. nan menarik entah kenapa noise cancelling di level High suaranya selalu lebih baik dibandingkan di level Low.

Soal ketahanan daya baterainya, Maono menyebut bahwa Maono WM620 dapat digunakan untuk merekam bunyi hingga 6 jam non stop. Dikombinasikan dengan daya baterai dari case-nya, total waktu perekaman bunyi bisa hingga 18 jam.

Maono WM620

Secara keseluruhan Maono WM620 adalah mikrofon wireless nan sangat menarik digunakan bagi mereka nan sering melakukan rekaman video menggunakan handphone. Dengan perangkat ini kita jadi tidak perlu direpotkan oleh mikrofon kabel alias terhalang batas dari jangkauan mikrofon handphone.

Bentuk perangkat ini pun menarik dan ringan sehingga tidak mengganggu suasana perekaman video. Saat ini Maono WM620 dijual dengan nilai sekitar Rp900.000 di toko online, memang tidak murah tapi menarik untuk dicoba.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Kincaimedia nan sudah belasan tahun berilmu di bumi teknologi khususnya handphone. Awalnya dia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan sekarang terjun ke bumi media.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap