Review Oppo Reno11 F 5g – Versi Hemat Dari Trio Reno11

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Review OPPO Reno11 F 5G - Versi Hemat dari Trio Reno11

Review OPPO Reno11 F 5G

  • Rating

Kesimpulan

Kalau Anda mau mempunyai handphone kelas menengah OPPO terbaru terutama dari seri Reno11 tapi biaya terbatas, model Reno11 F 5G ini menarik untuk dijajal.

Yang Disukai

  • Kualitas tampilan layar nan ok
  • Desain menarik
  • Pengisian daya cepat

Yang Tidak Disukai

  • Tidak ada OIS di kamera utama
  • Speaker mono

Kincaimedia – Sebagai jenis paling ramah kantong dari trio Reno11 terbaru OPPO, Reno11 F 5G menawarkan keahlian nan cukup bersaing untuk handphone kelas menengah.

Spesifikasi nan diusung oleh Reno11 F 5G pun mirip dengan kakaknya Reno11 5G seperti kapabilitas RAM dan penyimpanan internal, chipset nan digunakan, hingga teknologi baterainya.

Tak hanya itu, Reno 11 F 5G juga menghadirkan kreasi unik nan memikat mata dan nilai banderol hanya Rp4.599.000. Seperti apa kelebihan dan kekurangan dari OPPO Reno11 F 5G? Simak reviewnya berikut ini.

Desain

OPPO Reno11 F

Ada tiga jenis warna dari Reno11 F 5G nan salah satunya adalah Ungu Koral nan digunakan pada review ini. Warna ungu muda dari jenis ini terlihat menarik dan teksturnya bodi belakangnya terlihat seperti batu mineral nan berkilau ketika terkena cahaya.

Tidak seperti saudaranya nan mengusung tonjolan kamera melonjong, Reno11 F 5G mengambil style kreasi nan berbeda di mana tonjolan kameranya terlihat lebih konvensional berbentuk persegi panjang besar.

Reno11 F 5G tergolong ringan untuk handphone jaman sekarang dengan berat hanya 177 gram. Dikombinasikan dengan dimensinya nan tidak terlalu besar membuatnya nyaman ketika digenggam untuk penggunaan sehari-hari.

Bagian sisi handphone ini mengusung kreasi datar dengan material polikarbonat di mana terdapat tombol pengatur volume, tombol power, port USB Type-C, dan slot kartu SIM dobel nan menyatu dengan slot kartu microSD. Keseluruhan bodi Reno11 F 5G sudah tersertifikasi IP65 nan mana berfaedah tahan dari debu dan juga semprotan air jet.

Layar

OPPO Reno11 F

Sebagai handphone kelas menengah, Reno11 F 5G menggunakan layar AMOLED dengan tampilan nan cukup memanjakan mata. Layarnya ini berukuran 6,7″ dan datar di keseluruhan areanya dengan resolusi FHD+ (2412×1080 piksel) dan refresh rate 120Hz.

Memang ini bukan layar terbaik di kelasnya namun tampilannya sudah terlihat tajam dan kaya bakal warna. Ditambah lagi berkah refresh rate nan tinggi membikin tampilan animasi handphone jadi terlihat mulus.

Bezel layar ini cukup tipis namun untuk bagian atas dan bawahnya terlihat mempunyai ukuran nan sedikit lebih lebar dibandingkan sisi lainnya. Untungnya perbedaan ukuran bezel ini tidak terlalu besar sehingga tidak membikin kreasi layar jadi aneh.

Untuk kecerahan layarnya sendiri sudah cukup terang untuk penggunaan di bawah terik matahari. Dan untuk penempatan kamera depan, layar Reno11 F 5G menggunakan metode punch hole nan mana terlihat lebih menarik bagi saya dibanding model poni.

Yang disayangkan OPPO tidak menyematkan speaker stereo di handphone untuk menemani layarnya. Dengan begitu pengalaman menonton video di handphone menjadi terasa agak kurang selain menggunakan aksesoris tambahan.

Performa

OPPO Reno11 F

Untuk penggunaan sehari-hari, Reno11 F 5G tergolong lancar performanya baik itu ketika saya gunakan untuk sekedar berselancar web maupun untuk bekerja. Ini tak lepas dari digunakannya chipset MediaTek Dimensity 7050 nan sama dengan nan digunakan oleh kakaknya Reno11 5G.

Di lain sisi Reno11 F menggunakan penyimpanan internal UFS3.1 256GB dan RAM LPDDR4x berkapasitas 8GB. OPPO menyediakan fitur ekspansi kapabilitas RAM secara virtual dengan total hingga 16GB jika diperlukan.

Soal bermain game, saya bisa memainkan Genshin Impact di handphone ini secara lancar pada setelan skematis Low. FPS nan saya dapatkan berkisar antara 29-30 nan sudah terasa cukup untuk sebuah handphone kelas menengah.

Pada pengetesan menggunakan aplikasi AnTuTu, menariknya Reno11 F 5G mendapatkan skor nan agak lebih tinggi dibanding Reno11 5G ialah 615.033. Ini kemungkinan besar lantaran ada perbedaan jenis sistem operasi ketika saya uji coba. Untuk aplikasi Geekbench, Reno11 F 5G mendapatkan skor 896 untuk single core dan 2.363 untuk multi core.

Sebagai sistem operasinya, Reno11 F 5G menggunakan Android 14 nan dibalut dalam ColorOS 14. Tampilan antarmuka buatan OPPO ini terlihat menarik dan juga mempunyai beberapa fitur nan berfaedah nan salah satunya adalah Smart Image Matting.

Dengan fitur tersebut, saya bisa dengan mudah mengekstrak suatu objek dari sebuah foto dengan hanya menahan agak lama objek tersebut dengan jari. Secara pandai handphone ini dapat mendeteksi objeknya dan lampau diekstrak untuk kemudian disimpan maupun dibagikan.

Kamera

OPPO Reno11 F

Salah satu perihal nan menjadi pembeda utama dari Reno11 F 5G dibanding kakaknya adalah pada sektor kamera. Handphone ini menggunakan konfigurasi 3 lensa kamera belakang nan terdiri dari lensa utama 64MP, lensa ultrawide 8MP, dan lensa makro 2MP.

Hasil jepretan lensa kamera utamanya cukup baik namun tidak adanya OIS membikin hasil foto rentan jadi buram terutama di malam hari jika tangan tidak stabil. Sejauh ini untungnya saya bisa menghasilkan foto nan saya rasa memuaskan baik di siang maupun malam hari dengan lensa utama Reno11 F 5G.

OPPO Reno11 F 5G - Hasil Foto

OPPO Reno11 F 5G - Hasil Foto

OPPO Reno11 F 5G - Hasil Foto

OPPO Reno11 F 5G - Hasil Foto

Untuk menghasilkan foto dengan bagian pandang luas mencapai 112° bisa memanfaatkan lensa ultrawide di Reno11 F 5G. Sayangnya di kondisi gelap, hasil jepretan lensa ini antara terlihat agak buram alias terlihat noise di beragam area foto. Kabar baiknya di siang hari, lensa ultrawide ini cukup bisa melakukan tugasnya.

OPPO Reno11 F 5G - Hasil Foto

Ultrawide

OPPO Reno11 F 5G - Hasil Foto

Ultrawide

OPPO Reno11 F 5G - Hasil Foto

Ultrawide

ada kamera makro nan hanya 2MP

[hasil foto makro]

Menariknya kamera depan Reno11 F 5G menggunakan sensor beresolusi terbesar kedua setelah lensa utamanya ialah 32MP. Hasil foto selfie menggunakan kamera ini terlihat tajam dengan perincian wajah terekam dengan baik. Hanya saja untuk foto portrait, terkadang ada saja foto nan pemisahan subjek dengan latarnya kurang rapi.

OPPO Reno11 F 5G - Hasil Foto

Kamera Depan

OPPO Reno11 F 5G - Hasil Foto

Kamera Depan

Untuk perekaman video, Reno11 F 5G mendukung resolusi hingga 4K di 30FPS menggunakan baik lensa utama maupun kamera depannya. Lagi-lagi sayangnya lantaran tidak ada OIS membikin guncangan ketika perekaman video sangat kentara.

Sebetulnya ada fitur Ultra Steady untuk membantu menstabilkan perekaman video namun ini membikin kualitas video menjadi agak buram dan juga resolusi terkunci di 1080p pada 60FPS.



Baterai

OPPO Reno11 F

Soal ketahanan daya baterai, Reno11 F 5G bisa memberikan screen on time selama 4 jam 36 menit untuk standar penggunaan sehari-hari saya. Angka ini tergolong mirip dengan handphone lain dengan kelas baterai berkapasitas 5.000mAh.

Namun, saya merasa Reno11 F 5G agak royal dalam mode standby, berbeda dengan pengalaman saya menggunakan handphone keluaran OPPO nan biasanya cukup irit dalam mode tersebut.

Dalam pengetesan menggunakan PCMark, Reno11 F 5G mendapatkan skor 16 jam 20 menit dengan setelan kecerahan layar 50%, refresh rate 120Hz, dan baterai terisi penuh. Ketika pengetesan dilakukan dengan refresh rate 60Hz, skor nan diperoleh adalah 16 jam 36 menit.

Handphone ini dilengkapi dengan teknologi pengisian daya 67W SUPERVOOC nan memungkinkan saya mengisi baterai dari 10% menjadi 100% hanya dalam waktu 44 menit menggunakan charger bawaan nan disediakan.

Kesimpulan

OPPO Reno11 F

Kalau Anda mau mempunyai handphone kelas menengah OPPO terbaru terutama dari seri Reno11 tapi biaya terbatas, model Reno11 F 5G ini sangat patut dibeli. Handphone ini mempunyai spesifikasi nan mirip dengan kakaknya Reno11 5G dengan perbedaan utama terletak pada kreasi dan kameranya.

Reno11 F 5G menawarkan layar nan memanjakan mata, kreasi nan menarik dan ringan, dan pengisian daya baterai nan cepat. Kamera utamanya pun cukup mumpuni untuk merekam momen sehari-hari selama bukan untuk merekam video lantaran tidak adanya OIS.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Kincaimedia nan sudah belasan tahun berilmu di bumi teknologi khususnya handphone. Awalnya dia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan sekarang terjun ke bumi media.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap