Review Sk Hynix Tube T31 – Stik Ssd Pengganti Flashdisk Yang Sangat Cepat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Review SK hynix Tube T31 - Stik SSD Pengganti Flashdisk nan Sangat Cepat

Review SK hynix Tube T31

  • Rating

Kesimpulan

Stik SSD nan sangat sigap ini cocok untuk mereka nan punya konsol game alias sekadar mau menyimpan data. Meskipun port USB Type-A lebih umum ditemukan, memanfaatkan kecepatan maksimalnya bisa jadi sedikit sulit.

Yang Disukai

  • Sangat cepat
  • Performa stabil untuk pengkopian banyak data
  • Kokoh

Yang Tidak Disukai

  • Perlu port USB 3.2 Gen2 Type-A nan lebih langka agar maksimal

Kincaimedia – Sebal dengan flashdisk nan mudah panas alias lambat? Di era SSD ini ada pengganti menarik dari SK hynix, perusahaan asal Korea Selatan nan merupakan produsen chip terbesar kedua di dunia, ialah Tube T31.

Tube T31 mungkin terlihat sederhana, mirip dengan flashdisk berukuran jumbo. Namun jika Anda tetap ingat alias belum lahir, dulu ukuran flashdisk pun serupa. Sekarang berkah perkembangan teknologi nan pesat memungkinkan SSD berkapasitas hingga 1TB dikemas dalam ukuran ini.

Dengan ukuran sedikit lebih besar dari jempol tangan dan berat hanya 35 gram, Tube T31 terasa ringan namun kokoh. SK hynix apalagi menyatakan bahwa perangkat ini tahan jatuh dari ketinggian hingga 2 meter.

SK hynix Tube T31

Tentunya berkah penggunaan SSD, perangkat ini mempunyai kecepatan baca tulis teoritis nan sangat tinggi mencapai 1.000MB/s. Namun perlu diingat bahwa untuk mencapai kecepatan maksimal ini memerlukan konektivitas USB 3.2 Gen2 Type-A.

Masalahnya dari sepantauan saya, lebih banyak komputer nan mendukung USB 3.2 Gen2 melalui port Type-C dibandingkan Type-A. Menggunakan konverter pun kudu jeli agar kecepatan transfer info tetap optimal.

Ketika saya menguji Tube T31 nan terhubung ke port USB 3.2 Gen2 dengan CrystalDiskMark hasilnya luar biasa, kecepatan baca tulis mencapai 1.022/973 megabyte per detik. Bahkan pada pengetesan berikutnya menggunakan port USB 3.2 Gen1 nan lebih umum, kecepatan baca tulisnya tetap impresif di kisaran 413/442 megabyte per detik.

SK hynix Tube T31 - USB 3.2 Gen 2 Type A

Hasil tes CyrstalDiskMark dari SK hynix Tube T31 nan tersambung ke port USB 3.2 Gen2

Lebih mengesankan lagi, saat saya menyalin game Genshin Impact nan berukuran 100GB dengan lebih dari 5.000 file, Tube T31 hanya memerlukan waktu 4 menit 38 detik.

Mungkin timbul pertanyaan, kenapa menggunakan USB Type-A bukan Type-C? Alasannya adalah lantaran Tube T31 ditargetkan untuk para gamer PlayStation dan Xbox, nan sebagian besar tetap menggunakan USB Type-A.

Selain itu banyak perangkat elektronik lain seperti TV tetap menggunakan USB Type-A. Penggunaan USB Type-A kemungkinan tetap bakal umum hingga sekitar lima tahun ke depan sehingga Tube T31 ini tetap relevan.

Berkat kecepatan tinggi nan dimilikinya, Tube T31 dapat digunakan untuk menyimpan game PlayStation maupun Xbox sehingga tidak membebani penyimpanan internal bawaan. Ketika diuji untuk loading game PlayStation 4 seperti Greedfall langsung dari Tube T31, waktu loadingnya nyaris sama dengan penyimpanan internal bawaan PlayStation 4 ialah sekitar 13 detik.

Untuk PlayStation 5, lantaran Tube T31 masuk dalam kategori drive eksternal, tidak bisa digunakan untuk memainkan game langsung dari perangkat ini. Tube T31 hanya dapat digunakan untuk backup dan restore info game saja. Butuh waktu sekitar 5 menit untuk backup alias restore game berukuran 50GB.

SK hynix Tube T31

Tube T31 menariknya juga lantaran kompatibel dengan Xiaomi TV saya nan menggunakan Android TV. Memutar video maupun audio bisa dilakukan dengan lancar.

Secara bawaan, Tube T31 sudah diformat dengan mode exFAT nan kompatibel dengan beragam perangkat modern. Di laptop Windows, kapasitasnya terbaca sebesar 953GB.

Sayangnya saat ini SK hynix Tube T31 belum dijual resmi di Indonesia. Di toko online Amazon, perangkat ini dijual seharga $79.99 untuk jenis kapabilitas 512GB alias sekitar 1,3 juta rupiah, sedangkan untuk jenis 1TB seharga $99.99 alias sekitar 1,6 juta rupiah.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap