Review Tp-link Deco X10 Wifi 6 Ax1500, Jangkauan Luas Bikin Sinyal Kuat Terus

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Review TP-Link Deco X10 Header

Review TP-Link Deco X10

  • Rating

Kesimpulan

TP-Link Deco X10 membawa kreasi modern nan bisa memberikan WiFi sigap dengan jangkauan luas. Sangat mudah dan praktis digunakan.

Yang Disukai

  • Desain modern
  • Harga kompetitif
  • Jangkauan area luas dan cepat
  • Pemasangan sangat mudah
  • Ada Parental Controls

Yang Tidak Disukai

  • Opsi pengaturan relatif terbatas
  • Band 2.4GHz dan 5GHz tidak bisa dipisah

Kincaimedia – Kebutuhan internet nan lebih sigap untuk melakukan streaming dengan kualitas tinggi semakin dibutuhkan pada era digital masa kini.

TP-Link melalui produk Deco X10 AX1500 nan dihargai sekitar Rp695.000 per unit (di TP-Link Official Tokopedia) berupaya untuk memberikan jaringan WiFi rumah berkecepatan tinggi secara menyeluruh.

Menggunakan sistem mesh, Deco X10 pun tersedia dalam paket penjualan 2-pack dan 3-pack nan dapat digabungkan untuk memberikan jangkauan WiFi lebih luas.

Tampil Modern dan Minimalis

Deco X10 membawa kreasi nan sangat modern dengan bebatan warna putih mengelilingi seluruh bodinya. Desainnya tidak mencolok sama sekali dibandingkan kebanyakan router sehingga dapat dengan mudah membaur dengan furnitur rumah lainnya.

Bodinya nan berbentuk tabung pun mempunyai dimensi hanya 110 × 110 × 114 mm sehingga tidak bakal banyak menyantap tempat. Tanpa adanya antena nan menjulang keluar sama sekali, Deco X10 pun terlihat minimalis.

TP-Link Deco X10 (1)

Pada bagian depannya hanya terdapat tulisan Deco dengan lampu parameter underglow di bawah nan semakin membuatnya terlihat estetik. Sementara pada bagian belakang terdapat dua port Gigabit serta AC-in untuk daya.

Hadirnya dua port Gigabit tentunya membikin skenario penggunaan dari Deco X10 jadi lebih fleksibel. Unit nan tim Kincaimedia review sendiri merupakan jenis 2-pack sehingga di dalam paket penjualannya tersedia dua unit Deco X10, satu kabel RJ45, dan dua power adapter.

TP-Link Deco X10 (3)

Pemasangan Sangat Praktis

Salah satu kelebihan utama dari Deco X10 terletak pada sungguh mudahnya proses pengaturan awal hingga siap digunakan. Setelah mengunduh aplikasi Deco di ponsel, Anda tinggal memilih seri Deco X10 dari daftar nan ada dan memindai label produk untuk proses otomatis alias bisa juga memilih opsi manual.

Lampu parameter Deco X10 bakal berkedip berwarna biru saat sudah terhubung ke sumber daya dan modem dari operator ISP nan mana menandakan siap untuk proses pengaturan. Selanjutnya aplikasi bakal memindai Deco X10 di sekitar untuk kemudian dihubungkan ke internet.

TP-Link Deco X10 Pengaturan Awal

Deco X10 pun langsung siap digunakan tanpa perlu ribet melakukan pengaturan jaringan, di samping membikin nama SSID dan password tentunya. Sementara untuk menambahkan unit Deco X10 pun lebih mudah lagi lantaran tinggal memilih menu Add a Deco Unit dan aplikasi bakal mendeteksinya secara langsung ketika sudah terhubung ke sumber daya.

Proses pengaturan awal nan sangat sederhana ini membikin Deco X10 dapat digunakan dengan mudah oleh siapa saja, termasuk dalam perihal menambah unit untuk masuk ke dalam sistem mesh Deco X10 nan sudah ada.

Hadirnya sistem mesh pada Deco X10 tentunya memberikan kemudahan di kemudian hari lantaran seluruh perangkat bisa terhubung ke satu SSID saja ketika beranjak dari satu ruang ke ruang lainnya.

WiFi Kencang, Jangkauan Luas

Deco X10 sudah mendukung dual band WiFi 6 AX1600 nan mana bisa memberikan kecepatan jaringan nirkabel nan cukup tinggi di band 2.4GHz dan 5GHz. Secara teori, Deco X10 bisa melakukan transmisi info hingga 1.201 Mbps pada 5GHz dan 300 Mbps pada 2.4Ghz.

Untuk bisa memberikan kualitas jaringan nan baik dan jangkauan luas, Deco X10 mengandalkan TP-Link Mesh Technology dengan dua antena internal. Selain itu juga ada teknologi Beamforming untuk memberikan sinyal nan lebih kuat pada perangkat terhubung.

TP-Link Deco X10 (5)

Tak ketinggalan Deco X10 juga didukung 2×2 MU-MIMO dan OFDMA untuk membikin lampau lintas info nirkabel lebih optimal ke seluruh perangkat secara bersamaan. Bahkan Deco X10 memungkinkan hingga 120 perangkat terhubung dengan cakupan area sekitar 120 m² untuk setiap unit Deco X10.

Dengan mengandalkan sistem mesh, Deco X10 bisa memberikan jaringan dengan kekuatan sinyal nan baik di beragam area nan terjangkau tanpa kudu mengganti SSID. Jadi aktivitas internet tidak terganggu sama sekali saat beranjak tempat.

TP-Link Deco X10 Perangkat

Selama masa pengujian, Deco X10 terpasang di ruang tamu (area Deco utama) dan kamar. Ponsel nan saya gunakan selalu mendapatkan sinyal penuh di mana pun saya berada sehingga bisa memanfaatkan kecepatan 50 Mbps dari ISP secara maksimal.

Bahkan berkah band 5GHz nan diberikan, saya bisa melakukan streaming game menggunakan Steam dari PC desktop ke tablet dengan cukup lancar. Latensi pun terasa rendah nan mana membikin input tidak mempunyai jarak lama nan mengganggu permainan.

Bisa Monitor Aktivitas WiFi

Untuk pengaturan lanjut dari Deco X10 dapat dilakukan melalui aplikasi Deco nan dapat diunduh di ponsel Android maupun iOS. Pengaturan nan disediakan memang bisa dikatakan lebih terbatas daripada seperti router TP-Link AX10 nan saya gunakan di rumah.

Namun rasanya opsi pengaturan nan ada bakal sudah cukup untuk sebagian besar orang. Pada aplikasi tentunya tersedia pengaturan krusial pada umumnya seperti mengubah SSID dan password, jenis band nan digunakan, memblokir perangkat, pembaruan firmware, hingga membikin Guest Network.

Menariknya, pada aplikasi Deco juga bisa mengatur gimana sistem QoS bekerja dengan memasukkan perangkat tertentu ke daftar agar mendapatkan prioritas jaringan. Selain itu juga bisa memandang konsumsi info dari perangkat nan terhubung dan mendapatkan laporan penggunaan setiap bulannya.

TP-Link Deco X10 Fitur

Tak ketinggalan juga ada Parental Controls nan bisa dimanfaatkan para orang tua untuk membatasi dan memantau aktivitas internet anak. Konten nan ada di internet pun bakal lebih tersaring agar anak mendapatkan akses nan kondusif dari situs-situs nan tidak diinginkan.

Kamu dapat membikin profil untuk masing-masing personil sehingga dapat lebih mudah memberikan batas maupun pengaturan nan berbeda sesuai kebutuhan. Termasuk dalam perihal ini memberikan pemisah waktu kapan bisa mendapatkan akses internet.

TP-Link Deco X10 (6)

Secara keseluruhan Deco X10 merupakan solusi WiFi rumah buat Anda nan tidak mau repot sama sekali sembari tetap mendapatkan cakupan jaringan luas dengan sinyal nan tetap kuat di mana pun Anda berada.

Harganya pun terbilang sangat kompetitif nan membikin Deco ini semakin menarik mengingat sistem mesh memungkinkan beberapa unit untuk terhubung. Ditambah lagi kreasi Deco X10 modern bakal cocok di segala tema ruangan.

Dengan nilai Rp695.000 per unit alias Rp1.329.000 untuk jenis 2-pack, TP-Link Deco X10 WiFi 6 AX1500 merupakan poduk nan sangat memikan buat Anda nan mau meningkatkan kualitas WiFi rumah, terutama bagi nan tetap menggunakan router bawaan dari ISP.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Kincaimedia nan telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama dia geluti lantaran memang tertarik memandang perkembangan teknologi nan semakin canggih dari tahun ke tahun.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap