Review Vivo V30 Pro – Kamera Ciamik, Performa Menarik

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Review vivo V30 Pro - Kamera Ciamik, Performa Menarik

Review vivo V30 Pro

  • Rating

Kesimpulan

Sebagai handphone kelas menengah premium, vivo V30 Pro memuaskan digunakan sehari-hari berkah performa bertenaga, daya tahan baterai lama, layar lengkung AMOLED, dan kamera hasil kerjasama dengan ZEISS.

Yang Disukai

  • Performa bertenaga
  • Hasil foto bagus
  • Daya tahan baterai lama
  • Pengecasan sigap 80W
  • Layar lengkung AMOLED

Yang Tidak Disukai

  • Speaker mono
  • Absennya port jack audio
  • Tidak ada slot microSD

Bersaing di kelas menengah premium, vivo Indonesia telah meluncurkan handphone vivo V30 Pro di Tanah Air. Menariknya lagi, vivo V30 Pro menjadi handphone vivo seri V pertama nan bekerja sama dengan ZEISS untuk mengembangkan kameranya agar dapat menghasilkan foto dengan kualitas bagus.

Terdapat support multi kamera nan terdiri dari tiga kamera belakang dan satu kamera depan nan semuanya beresolusi 50 MP. Selain itu, handphone ini juga mempunyai kreasi menawan dengan pilihan warna Hijau Khatulistiwa dan Hitam Vulkanik.

Selanjutnya, dapur pacu pada handphone ini dipercayakan pada chipset Dimensity 8200 nan diklaim vivo mempunyai keahlian nan lancar untuk menjalankan aplikasi maupun game dengan mulus.

Desain

vivo V30 Pro - Elegant Design

Berbeda dengan generasi sebelumnya, terlihat bahwa vivo V30 Pro ini mempunyai kreasi belakang nan terlihat modern dengan mempunyai dua kotak, dimana kotak atas untuk menyimpan kamera dan kotak bawah menyimpan LED Flash maupun Aura Light Portrait.

Pada kotak atas terdapat tiga lingkaran nan berisikan tiga kamera dan logo ZEISS nan disusun secara matriks 2×2. Sementara pada kotak bawah, LED Flash berada di dalam lingkaran dan Aura Light Portrait datang di pinggir kotak serta pinggir LED Flash.

Masih pada bagian belakangnya terdapat tulisan vivo sebagai identitas dari merek handphone ini. Kebetulan, saya mendapatkan vivo V30 Pro jenis Hijau Khatulistiwa nan didominasi oleh warna hijau nan mengkilap seperti menghadirkan nuansa ketika terkena pantulan cahaya.

vivo V30 Pro - Aura Light Portrait

Menariknya lagi, pada saat berada di bawah terik mentari warnanya sendiri dapat terlihat berubah dari hijau ke biru nan mengkilap. Hal ini membikin vivo V30 Pro terlihat mempunyai kreasi nan menawan.

Meskipun permukaan belakangnya terasa licin, namun saya dapat menggenggamnya secara nyaman dengan satu tangan lantaran terdapat lengkungan di kedua sisi bagian belakangnya. Sementara noda sidik jari dan debu tidak mudah menempel pada bodi belakang perangkat ini.

Untuk meminimalisir terjadinya goresan pada bagian belakangnya, saya pun langsung menggunakan softcase jelly tambahan nan telah tersedia secara bawaan di dalam dus penjualan vivo V30 Pro.

vivo V30 Pro - All Side

Pada bagian kanan handphone ini terdapat tombol Volume dan Power nan disusun secara vertikal. Beralih ke bagian bawahnya , terdapat SIM Tray, port USB Type-C, dan lubang speaker.

Sebagai catatan, SIM Tray pada handphone ini hanya mempunyai dua slot kartu SIM tanpa hadirnya slot microSD. Bahkan handphone ini juga tidak dibekali dengan port jack audio 3,5mm sehingga saya kudu menggunakan earphone alias headphone dengan hubungan Bluetooth alias port USB Type-C agar dapat terkoneksi dengan mudah.

Walaupun dapat menghadirkan bunyi nan jelas dan besar, namun handphone ini hanya mempunyai satu speaker saja sehingga tidak dapat menghasilkan bunyi stereo. Hal ini cukup berpengaruh ketika memainkan game pertempuran lantaran tidak dapat membedakan bunyi langkah dari arah kiri maupun kanan.

Sertifikasi IP54 juga telah dihadirkan pada vivo V30 Pro sehingga membuktikannya telah tahan debu dan cipratan air. Fitur NFC (Near Field Communication) memudahkan saya untuk mengecek alias mengisi saldo kartu emoney secara sigap tanpa perlu ke ATM maupun supermarket terlebih dulu.

Layar

vivo V30 Pro - Display Diagonal Side

Perangkat ini menggunakan layar lengkung 6,78 inci nan membuatnya terlihat premium, luas, dan nyaris tidak mempunyai bezel sehingga membikin saya leluasa ketika menikmati hiburan.

Lebih lengkapnya, vivo V30 Pro dibekali layar AMOLED dengan resolusi 1,5K (2800 x 1260 piksel), 1 miliar warna, 100% DCI-P3, dan tingkat kecerahan puncak 2.800 nits nan bisa menampilkan konten dengan terang serta jernih. Bahkan saya juga tetap dapat memandang konten pada layar walaupun berada di bawah terik mentari sekalipun.

Berkat refresh rate 120Hz, membikin layar bisa menampilkan aktivitas transisi sangat lembut nan membikin mata saya nyaman ketika melakukan navigasi, menjalankan aplikasi, maupun memainkan game.

Namun andaikan mau lebih irit konsumsi baterai, maka kita dapat memilih opsi Smart Switch Refresh Rate untuk kecepatan refresh rate nan berubah otomatis alias Standard untuk penguncian ke 60Hz.

vivo V30 Pro - Display Handson

Dengan touch sampling rate 300Hz, membikin sentuhan jari terhadap layar terasa responsif nan membikin saya nyaman ketika sedang menikmati hiburan, seperti menonton movie maupun memainkan game.

Sertifikasi Widevine L1 membikin layar handphone ini dapat menampilkan video berkualtias Full HD (1080p) dari aplikasi streaming, seperti Netflix, Amazon Prime Video, VIU, YouTube, dan Disney+ Hotstar.

Software

vivo V30 Pro - Display Diagonal Bottom

Sejak pertama kali diaktifkan, vivo V30 Pro sudah menggunakan Funtouch OS 14 berbasiskan Android 14 nan mempunyai tampilan antarmuka sederhana dan ikon nan proporsional sehingga memudahkan saya ketika navigasi antar menu maupun menjalankan aplikasi.

Fitur App Clone pada Funtouch OS 14 memudahkan saya untuk memasukan lebih dari satu akun media sosial lantaran memungkinkan penggandaan aplikasi, seperti Facebook, WhatsApp, LINE, Instagram, dan lainnya.

Sementara fitur Split Screen dapat meningkatkan keahlian multitasking saya lantaran memungkinkan dua aplikasi dapat melangkah sekaligus dalam satu layar. Misalnya menonton video YouTube sekaligus chat di WhatsApp.

vivo V30 Pro - Funtouch OS 14

Dark Mode merupakan salah satu fitur nan berfaedah ketika saya menyaksikan konten pada kondisi redup alias malam hari lantaran membikin tampilan latar belakang dari Pengaturan dan beberapa aplikasi menjadi hitam alias gelap.

vivo V30 Pro juga mempunyai fitur berjulukan Ultra Game Turbo nan handphone dapat mengalami peningkatan ketika game alias aplikasi sedang berjalan. Fitur ini juga memberikan Game Assistant nan dapat menghadirkan pengaturan kenyamanan ketika bermain game, mulai dari pengaturan performa nan diinginkan, esports mode, voice changer, pemblokir notifikasi, penolak panggilan, WA melayang, dan lainnya.

Kamera

vivo V30 Pro - Camera ZEISS

Salah satu nan menjadi nilai tambah dari vivo V30 Pro ini lantaran menjadi handphone vivo seri V pertama nan bekerja sama dengan ZEISS dalam pengembangan keahlian kameranya.

Berbeda dengan vivo seri X nan mempunyai support teknologi ZEISS dalam corak hardware dan software, untuk vivo V30 Pro ini ZEISS dihadirkan dalam pengalaman software mulai dari beragam pilihan pengaruh Portrait, seperti Biotar, Sonnar, dan lainnya.

Terdapat juga support pilihan opsi warna nan datang pada kamera bawaannya, seperti Vivid ketika mau mengambil foto dengan saturasi warna nan lebih tinggi, Textured ketika foto nan dihasilkan mempunyai kontras tinggi, dan ZEISS Natural untuk foto nan mendekati objek serta lingkungan sebenarnya.

Tiga kamera belakang dari vivo V30 Pro ini datang dengan komposisi kamera utama 50 MP (bukaan f/1.9) + OIS (Optical Image Stabilization), ultrawide 50 MP (bukaan f/2.0), dan telefoto 50 MP (bukaan f/1.9).

Dengan resolusi 50 MP dan sensor Sony IMX920, membikin kamera utama handphone ini bisa menghasilkan foto nan berbobot bagus pada kondisi siang hari maupun malam hari, dimana mempunyai warna nan natural dan tingkat kecerahan nan pas ketika pengambilan gambar menggunakan mode ZEISS Natural di aplikasi kamera bawaan.

vivo V30 Pro - Kuil - 50 MP

50 MP

vivo V30 Pro - Hongkong Traffic BW - 50 MP

50 MP

vivo V30 Pro - vivo HQ - 50 MP

50 MP

vivo V30 Pro - Bus - 50 MP

50 MP

vivo V30 Pro - Hongkong Laut Kapal - 50 MP

50 MP

vivo V30 Pro - Mobil - 50 MP

50 MP

vivo V30 Pro - Zebra Cross - 50 MP

50 MP

Sementara kamera ultrawide dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto dengan area nan luas hingga perspektif pandang 119o secara instan tanpa perlu repot menggunakan Panorama Mode terlebih dulu.

Adapun kamera telefoto pada handphone ini dapat dimanfaatkan untuk membidik subjek maupun objek dari jarak jauh dengan 2x Optical Zoom. Selain itu, kamera telefoto juga dapat dimanfaatkan untuk fitur 2x Portrait Mode.

vivo V30 Pro - Building HK - Ultrawide

Ultrawide

vivo V30 Pro - Building HK - Auto

Auto

vivo V30 Pro - Building HK - 2x Zoom

2x Zoom

Untuk 1x Portrait Mode bakal menggunakan kamera utama untuk menghasilkan foto dengan subjek nan terlihat fokus, namun mempunyai latar belakang berefek bokeh. Sementara 2x Portrait Mode dapat digunakan membidik subjek dari jarak nan lebih jauh.

Nantinya 2x Portrait Mode ini bakal memberikan kesan jarak antara subjek dan latar belakang nan terlihat lebih jauh dibandingkan dengan 1x Portrait Mode. Dalam vivo V30 Pro ini, saya juga dapat memanfaatkan fitur pengaruh ZEISS untuk menghasilkan pola bokeh berbeda, seperti Biotar, Sonnar, Planar, Distagon, Cine-flare, dan Cinematic dengan perbedaan corak pola sinar di latar belakang, agar menambah dramatisasi hasil foto.

vivo V30 Pro - 1x Portrait - Siang

1x Portrait

vivo V30 Pro - 2x Portrait - Siang

2x Portrait

vivo V30 Pro - 2x Portrait - Siang - Dekat

2x Portrait

vivo V30 Pro -1x Portrait

1x Portrait

vivo V30 Pro - 2x Portrait

2x Portrait

vivo V30 Pro - 2x Portrait - Dekat

2x Portrait

vivo V30 Pro -Portrait - Natural

Portrait – Natural

vivo V30 Pro -Portrait - Biotar

Portrait – Biotar

vivo V30 Pro -Portrait - Planar

Portrait – Planar

Pada kondisi malam hari, saya sering menggunakan Auto Mode (Photo) lantaran aplikasi kamera bawaannya bakal langsung mengaktifkan fitur Night Mode secara otomatis sehingga menghasilkan foto nan terang serta minim noise.

vivo V30 Pro - Meland - Ultrawide

Ultrawide

vivo V30 Pro - Meland - Auto

Auto

vivo V30 Pro - Meland - 2x Zoom

2x Zoom

Sementara kamera depan 50 MP (bukaan f/2.0) pada handphone ini dapat menghasilkan foto selfie dengan tekstur wajah nan detail. Terdapat juga fitur Portrait untuk menghasilkan foto dengan latar belakang berefek bokeh. Pada kondisi malam hari pun, kamera depannya tetap bisa menghasilkan foto selfie dengan wajah subjek dan latar belakangnya nan terang serta minim noise.

vivo V30 Pro - Selfie - Auto

Selfie – Auto

vivo V30 Pro - Selfie - Portrait

Selfie – Portrait

vivo V30 Pro - Selfie Malam - Auto

Selfie – Auto

vivo V30 Pro - Selfie Malam - Portrait

Selfie – Portrait

Kamera utama handphone ini dapat dimanfaatkan untuk mengambil video dengan kualitas 4K 60fps dan Full HD (1080p) 60fps. Namun tanpa penggunaan fitur Stabilizer, membikin perekaman dalam kondisi melangkah membikin hasil videonya mempunyai guncangan.

Sementara pada saat fitur Stabilizer aktif, maka guncangan dari video bakal lenyap dan membikin pergerakannya terasa mulus. Untuk fitur Stabilizer dapat aktif pada kualitas hingga 4K 30 fps dan Full HD (1080p) 60fps.

Untuk kamera depannya dapat mengambil video dengan kualitas hingga 4K 60fps dan Full HD (1080p) 60fps sehingga cocok dimanfaatkan untuk menghasilkan video vlogging nan memperlihatkan muka secara langsung.

Performa

vivo V30 Pro - Display Half Top Side

Sebagai perangkat premium, vivo V30 Pro ini sudah dibekali dengan chipset MediaTek Dimensity 8200 (4nm) Octa-Core 3,1 GHz nan dikombinasikan dengan RAM 12 GB dan penyimpanan internal 512 GB.

Terdapat fitur Extended RAM nan dapat meminjam ruang kosong penyimpanan internal menjadi RAM Virtual 12 GB. Terdapat juga Vapor Chamber seluas 3.002 mm2 nan diklaim bisa menurunkan suhu hingga 13o Celcius nan bisa menjaga suhu vivo V30 Pro tetap stabil walaupun menjalankan aplikasi maupun game dalam waktu nan lama.

Dengan kombinasi di atas, semestinya vivo V30 Pro ini mempunyai keahlian nan lancar ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi maupun game. Untuk mengetahui performa nyatanya, saya langsung melakukan pengetesan dengan menjalankan beragam aplikasi nan biasa digunakan untuk rutinitas harian, seperti aplikasi Telepon, Chat, SMS, media sosial, penyunting dokumen, email, pemutar lagu sesekali, dan streaming video sesekali.

vivo V30 Pro - Performance Benchmark

Hasilnya, vivo V30 Pro ini bisa dengan lancar dalam menjalankan beragam aplikasi secara multitasking. Kelancaran ini dapat terjadi berkah kapabilitas RAM nan besar dan chipset nan bertenaga.

Sementara berasas hasil pengetesan dengan aplikasi benchmark, vivo V30 Pro bisa mendapatkan skor 964.929 poin pada AnTuTu Benchmark v10.1.9. Sementara pada Geekbench 6.2.2, handphone ini mempunyai skor 958 poin untuk Single-Core dan 3.255 poin untuk Multi-Core.

Selanjutnya saya pun melakukan pengetesan tingkat lanjut dengan memainkan beberapa game terkenal di Indonesia, seperti Genshin Impact, Call of Duty Mobile, Mobile Legends, dan Arena of Valor.

Genshin Impact bisa dijalankan dengan lancar pada setelah skematis Highest dan frame rate 60fps. Namun handphone langsung terasa hangat ketika game tersebut dimainkan dalam waktu 30 menit.

vivo V30 Pro - Genshin Impact Settings

Meskipun skematis dan animasi nan ditampilkan memanjakan mata, namun saya merasa bahwa memang setelah tertinggi dari Genshin Impact sangat menyedot sumber daya dari vivo V30 Pro sehingga menyebabkan sigap hangat.

Untuk itulah, saya lebih sering menggunakan pengaturan skematis Medium dan frame rate 30fps agar suhu perangkat tetap stabil walaupun memainkan Genshin Impact dalam waktu nan lama.

vivo V30 Pro - Genshin Impact

Sementara Call of Duty Mobile nan diatur dengan skematis Very High dan frame rate Max bisa dimainkan dengan lancar, terutama dapat menampilkan skematis nan bagus dan animasi karakter nan sangat halus. Call of Duty Mobile juga dapat disetel dengan frame rate Ultra dan skematis Low nan bisa menghadirkan kecepatan sangat mulus ketika karakter sedang bergerak dan visual pengaruh dimunculkan.

Sentuhan jari saya terhadap tombol virtual arah, bidikan, pengisian peluru, pergantian senjata, dan menu terasa responsif sehingga saya dapat dapat berkompetisi degnan musuh secara lancar.

vivo V30 Pro - COD Mobile Game

Game MOBA (Mobile Online Battle Arena), seperti Mobile Legends dan Arena of Valor dapat melangkah dengan lancar ketika disetel pada skematis dan frame rate nan tinggi. Apalagi Mobile Legends dapat menggunakan skematis Super dan frame rate Ultra.

Pada saat semua 10 hero berada dalam satu area nan sama, kedua game MOBA ini tetap bisa melangkah dengan mulus. Namun perlu dicatat, hubungan internet nan saya gunakan pun stabil sehingga dapat membikin permainan melangkah lancar.

Dari pengetesan di atas menggunakan aplikasi sehari-hari, aplikasi benchmark, dan game, terlihat bahwa vivo V30 Pro ini mempunyai performa nan berkekuatan sehingga bisa bersaing dengan handphone pesaing di kelas nilai nan sama.

Baterai

vivo V30 Pro - Back Half Bottom

Dengan ketebalan 7,45mm dan berat 188 gram, vivo V30 Pro ini mempunyai baterai berkapasitas besar mencapai 5.000mAh nan diklaim oleh pihak vivo bisa memperkuat lama dalam pemakaian normal.

Untuk mengetahui daya tahannya pada kondisi nyata, saya pun langsung melakukan pengetesan dengan menggunakan aplikasi PCMark for Android menggunakan parameter Work 3.0 Battery Life, tingkat kecerahan layar 50%, dan kondisi baterai dari 100%.

Hasilnya, vivo V30 Pro mendapatkan skor PCMark for Android mencapai 15 jam 11 menit ketika layar sedang menggunakan refresh rate 120Hz. Sedangkan pada layar dengan refresh rate 60Hz, handphone ini mendapatkan skor 16 jam 33 menit.

Namun dalam penggunaan sehari-hari, vivo V30 Pro mendapatkan Screen on Time 6 jam 23 menit dari kondisi 100% ke 10% ketika layarnya memakai refresh rate 120Hz. Sementara untuk layar dengan refresh rate 60Hz, perangkat ini mendapatkan Screen on Time 7 jam 11 menit dari kondisi 100% ke 10%.

Dengan pengetesan aplikasi benchmark dan sehari-hari, terlihat bahwa layar dengan refresh lebih tinggi bakal mengkonsumsi daya nan lebih besar pada handphone vivo V30 Pro. Sejatinya, perangkat ini mempunyai daya tahan baterai nan bisa dibilang lama.

Berkat hadirnya support 80W FlashCharge, membikin pengecasan pada vivo V30 Pro bisa melangkah dengan sangat cepat. Berdasarkan pengujian, daya baterai perangkat ini dapat terisi dari 10% ke 100% hanya menyantap waktu 50 menit saja.

Kesimpulan

vivo V30 Pro - Handson Diagonal

Setelah pemakaian lebih dari seminggu, saya merasa bahwa vivo V30 Pro ini bisa dengan nyaman digunakan dalam aktivitas sehari-hari, terutama berkah beberapa aspek seperti performa nan bertenaga, daya tahan baterai lama, dan layar AMOLED 120Hz nan dapat membikin mata nyaman.

Kerja sama dengan ZEISS, membikin kameranya bisa menghasilkan foto nan bagus dalam kondisi siang hari maupun malam hari. Desain belakang nan dihadirkan oleh handphone ini terlihat menawan.

Namun sebagai catatan, handphone ini tidak mempunyai port jack audio 3,5mm dan slot microSD. Bahkan perangkat ini justru tetap menggunakan satu speaker sehingga tidak dapat menghasilkan bunyi stereo.

vivo V30 Pro ini bisa menjadi salah satu handphone pilihan di kisaran nilai Rp8.999.000 lantaran menawarkan beragam fitur nan menarik. Apalagi perangkat ini sudah mendukung jaringan 5G dari operator di Indonesia.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Kincaimedia nan biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal beragam kelebihan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap