Samsung Akan Segera Produksi Chipset Exynos Berteknologi 3nm

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Telset.id, Jakarta – Samsung dan Synopsys telah resmi mengumumkan bahwa pabrik Samsung sedang mempersiapkan chipset Exynos dengan teknologi 3nm pertamanya.

Bagi nan belum tahu, hingga saat ini tetap belum ada chipset berteknologi 3nm untuk perangkat berbasid Android. Sejauh ini teknologi nan paling canggih untuk chipset Android tetap berada di fabrikasi 4nm.

Sekarang Samsung bakal segera memproduksi chip dengan teknologi 3nm. Meskipun sayangnya tetap belum diketahui secara pasti Exynos baru ini bakal menjadi seri apa.

BACA JUGA:

  • Upgrade! Galaxy Z Fold 6 Bakal Punya Layar Cover Lebih Lebar
  • Asyik! Bahasa Indonesia Resmi Hadir di Galaxy AI

Sementara itu, untuk mengerjakan chip baru ini raksasa teknologi asal Korea Selatan bakal bekerja-sama dengan Synopsys, sebuah perusahaan nan berspesialisasi dalam otomatisasi dessin elektronik agar memaksimalkan seluruh proses manufaktur sehingga hasil dan keahlian chip lebih baik.

Dalam keterangan resminya, kedua perusahaan teknologi tersebut sedang dalam proses akhir perancangan nan disebut sebagai taping out. Ini menandakan bahwa kreasi akhir sudah dikirim ke pabrik untuk disesuaikan ke jalur produksi agar bisa diproduksi secara massal.

Menurut laporan GSMArena, chip Exynos dari Samsung tersebut bakal menawarkan performa tertinggi berkah teknologi 3nm nan menggunakan proses Gate All Around (GAA).

Sebenarnya Samsung Foundry telah memproduksi chip 3nm sejak tahun 2022, tetapi chip ini digunakan untuk mining mata duit kripto, namun untuk chipset mobile memerlukan kreasi dan proses manufaktur nan berbeda.

BACA JUGA:

  • Daftar HP Flaghsip Samsung nan Kebagian Fitur Galaxy AI
  • Samsung Galaxy A55 dan A35 Meluncur dengan Chipset Exynos

Jika semuanya melangkah sesuai rencana, pabrik Samsung bakal memulai produksi massal chipset generasi berikutnya dalam waktu beberapa bulan lagi. Namun, tidak jelas apakah chip 3nm ini adalah Exynos 2500 untuk jejeran Galaxy S25 alias chip lainnya. [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi