Snapdragon 7+ Gen 3 Diluncurkan Dengan Seabrek Fitur Ai

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Telset.id, Jakarta – Qulacomm baru saja mengumumkan chipset mid-range terbarunya nan diberi nama Snapdragon 7+ Gen 3. Chip ini menghadirkan beragam fitur AI untuk smartphone nan menggunakannya.

Seperti nan diketahui, Qualcomm beberapa hari lampau baru saja mengumumkan chipset premium jenis hemat, ialah Snapdragon 8s Gen 3. Selang beberapa hari, rupanya perusahaan mengumumkan jenis overclock dari Snapdragon 7 Gen 3.

Sebagai penerus Snapdragon 7+ Gen 2, chipset ini bakal datang dengan beragam peningkatan terutama dalam perihal fitur AI, nan cukup marak datang di smartphone terbaru saat ini.

BACA JUGA:

  • Qualcom Luncurkan Snapdragon 8s Gen 3, Banyak Fitur Flagship
  • Redmi Janjikan HP dengan Snapdragon 8s Gen 3, Redmi Note 13 Turbo?

Snapdragon 7+ Gen 3 tetap berbasis proses 4nm TSMC nan sama seperti pendahulunya, menurut info dari Gizmochina. Lalu, chip ini pun mempunyai arsitektur CPU nan sama dengan Snapdragon 8 Gen 3 nan terdiri dari satu inti utama, empat inti kinerja, dan tiga inti efisiensi.

Perlu dicatat bahwa kecepatan clock bervariasi dan inti utama maksimalnya berada pada gelombang 2,8GHz. Qualcomm mengatakan bahwa chipset tersebut memberikan CPU 15 persen lebih baik, GPU 45 persen lebih baik, dan efisiensi daya 15 persen lebih baik.

Snapdragon 7+ Gen 3 dilengkapi dengan modem X63 5G terintegrasi dan sistem konektivitas seluler FastConnect 7800. Ia bisa memberikan kecepatan unduh tertinggi hingga 4,2 Gbps dan juga mendukung WiFi-7.

Fitur Snapdragon 7+ Gen 3

Hal nan paling disorot dari Snapdragon 7+ Gen 3 adalah dukungannya terhadap keahlian AI generatif pada perangkat. Chipset ini bakal mendukung beragam model bahasa besar (LLM) seperti Baichuan-7B, Llama 2, Gemini Nano, dan banyak lagi.

Ini berfaedah bahwa ponsel nan ditenagai chipset tersebut bakal menjadikan fitur asisten virtual lebih baik dan mempunyai lebih banyak fitur AI. seperti terjemahan dan transkripsi multi-bahasa.

Dari sisi fotografi, prosesor ini mempunyai 18-bit triple cognitive ISP dan dapat mengambil foto dengan resolusi hingga 200MP. Ada juga fitur seperti Snapdragon Low Light Vision untuk menunjang foto dalam kondisi sinar redup.

Kemampuan audio prosesor ini antara lain Spatial Audio dengan head tracking, teknologi Snapdragon Sound, aptX Lossless, serta LE audio.

Prosesor Snapdragon terbaru ini pun bakal bisa mendukung resolusi layar hingga resolusi QHD+ dengan kecepatan refresh 120Hz. Untuk memorinya, chip ini bakal mendukung RAM LPDDR5x berkapasitas hingga 24GB dan sistem penyimpanan UFS 4.0.

BACA JUGA:

  • Snapdragon Generasi Baru Siap Meluncur di Tanggal 18
  • Ini Fitur Unggulan Snapdragon 7s Gen 2 nan Diusung Poco X6 5G

Salah satu ponsel nan dipastikan bakal menggunakan Snapdragon 7+ Gen 3 adalah OnePlus Ace 3V nan telah memulai debutnya. Meskipun hanya 1 smartphone saja nan diketahui menggunakan chipset ini, diharapkan dalam beberapa waktu ke depan beragam perusahaan kreator ponsel bakal mengumkan bahwa mereka menggunakan chip ini. [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi