Ternyata! Google, Meta, Dan Openai Latih Ai Dengan Video Youtube

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Telset.id, Jakarta – Sebuah laporan dari New York Times mengungkapkan bahwa OpenAI, Google, dan Meta melatih model AI buatannya dengan teks nan ditranskripsi dari video YouTube.

Laporan mengenai praktik OpenAI, Google, dan Meta nan melatih model AI ini pun menunjukan bahwa aktivitas tersebut bisa berpotensi untuk melanggar kewenangan cipta kreator konten di YouTube.

Selain itu, menurut sumber nan mengetahui praktik ini, dikatakan bahwa raksasa teknologi tersebut memaksimalkan jumlah info nan dapat diberikan ke model AI buatannya.

BACA JUGA:

  • Meta AI Kesulitan Bikin Gambar Wajah dengan Ras Berbeda
  • OpenAI Kenalkan Model AI Sora, Bisa Bikin Video HD 1 Menit!

Hal ini pun terjadi hanya selang beberapa hari setelah CEO YouTube Neal Mohan mengatakan dalam sebuah wawancara dengan kepada Bloomberg Originals bahwa ada dugaan penggunaan video YouTube oleh OpenAI untuk melatih generator teks-ke-video barunya, Sora, nan mana ini bakal melanggar kebijakan platform.

Menurut New York Time, OpenAI menggunakan perangkat pengenalan ucapan Whisper untuk menyalin lebih dari satu juta jam video YouTube, nan kemudian digunakan untuk melatih GPT-4.

Selain itu, The Information melaporkan bahwa OpenAI telah menggunakan video dan podcast YouTube untuk melatih kedua sistem teknologi AI. Bahkan, Presiden OpenAI Greg Brockman dilaporkan termasuk di antara orang-orang di tim ini.

Juru bicara Google juga mengatakan kepada New York Time bahwa pengambilan alias pengunduhan konten YouTube tanpa izin tidak diizinkan dan perusahaan tidak mengetahui ada praktik nan dilakukan OpenAI.

Di sisi lain, laporan tersebut menyatakan ada orang-orang di Google nan mengetahui aktivitas ini, tetapi tidak mengambil tindakan terhadap OpenAI lantaran Google juga menggunakan video YouTube untuk melatih model AI-nya sendiri.

Meski begitu, Google mempertegas bahwa mereka melakukan perihal ini pada video nan sudah diizinkan oleh parta kreator konten.

BACA JUGA:

  • OpenAI dan Upaya Membuat Chip AI Sendiri: Risiko dan Peluang
  • Google Manfaatkan AI untuk Prediksi Banjir 7 Hari Sebelumnya

Raksasa mesin pencari ini juga meminta timnya untuk mengubah kebijakan privasinya pada Juni 2023 agar mencakup penggunaan konten nan tersedia untuk umum secara lebih luas, termasuk Google Dokumen dan Google Spreadsheet, sebagaimana dikutip Telset dari Engadget. [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi