Apple M4 Resmi Diluncurkan, Bawa Fabrikasi 3nm Dan Fokus Ke Ai

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Telset.id, Jakarta – Hari ini Apple telah menggelar aktivitas nan berjulukan Let Loose. Di aktivitas ini perusahaan meluncurkan chipset terbarunya, M4 nan membawa peningkatan di bagian AI dan machine learning.

Sekedar informasi, sebenarnya penawaran AI dari Apple ini tidak terlalu mengejutkan, lantaran sejak tahun lampau beragam pabrikan nan membikin prosesor terus berkompetisi menghadirkan AI ke prosesornya. Namun, perbedaan nan dibawa oleh Apple adalah teknologi fabrikasinya nan semakin mini di 3nm nan menunjukan ini semakin baik.

Menurut laporan Engadget, chipset Apple M4 ini dibangun dnegan prosesor 3nm kedua nan baru. Untuk konfigurasinya sendiri, prosesor ini mempunyai CPU 10 core nan terdiri dari 4 core performa dan 6 core efisiensi, serta GPU 10 core.

BACA JUGA:

  • Skip M3, iPad Pro Terbaru bakal Langsung Ditenagai Chip M4
  • Samsung Batal Jadi Pemasok Layar iPhone SE 4?

Untuk performa, raksasa asal Cupertino ini menggambarkan M4 50% lebih kencang dengan M2 dari sisi performa, sedangkan dari sisi GPU chip barunya 4 kali lebih kencang.

Perningkatan juga dilakukan di Bandwidht memori dengan kecapatan penyimpanan 120GB/s dan ini untuk pertama kalinya kecepatan ini datang di jejeran iPad. Apple juga memberikan dynamic cache, ray tracing lebih kencang, dan mesh-shading lebih kencang.

Tak tanggung-tanggung, Apple juga menegaskan bahwa melalui chip ini perusahaannya bisa mempertahankan efisiensi daya terdepan di kelasnya dengan M4 nan bisa memberikan keahlian nan sama dengan M2 tetapi dengan daya setengahnya.

Apple M4

Selain itu, M4 ini juga dilengkapi dengan neural engine sebanyak 16 core nan ditingkatkan. Neural engine ini bisa mencapai keahlian AI hingga 38 TOPS, nan mana ini 60x  lebih kencang dibandingkan A11 Bionic. Apple menjelaskan bahwa kecepatan AI ini bakal berfaedah pada aktivitas editing di Final Cut Pro, dan fitur Live Captions.

Beberapa keahlian lain dari chip M4 mencakup percepatan perangkat keras AV1, nan merupakan fitur pertama lainnya di lini iPad terbaru, dan ini mengurangi kebutuhan memori saat melakukan beban kerja berbasis inferensi.

BACA JUGA:

  • iPhone 16 Bakal Punya Peningkatan Baterai, Berkat Paten Baru Apple
  • Microsoft Teams di iPhone bakal Punya Fitur Walkie-Talkie

Untuk ketersediaannya, chip M4 ini dipastikan bakal datang untuk pertama kali di iPad Pro model layar 11 inci dan 13 inci terbaru nan juga diumumkan diajang Apple Let Loose. iPad baru ini sudah tersedia dibeli dengan langkah pre-order. [FY/IF]

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi