Cara Mengaktifkan Passkey Whatsapp Untuk Keamanan Akun

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Cara Mengaktifkan Passkey WA Header

Kincaimedia – Penyedia jasa dan aplikasi seperti WA tidak hanya punya fitur menarik seperti membuat stiker melainkan juga membawa fitur Passkey untuk menambah keamanan akun.

Passkey merupakan fitur keamanan nan memungkinkan pengguna dapat masuk ke jasa alias aplikasi tanpa perlu memasukkan kode keamanan (password alias PIN) dan digantikan dengan penggunaan kunci layar alias fitur biometrik seperti pemindaian sidik jari.

Sementara Passkey nan dihadirkan pada WA diklaim mempunyai keamanan nan tinggi dan kemudahan akses nan mana bisa Anda aktifkan dengan langkah berikut.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pada laman Chats, tekan tombol Options berikon tiga titik pada bagian kanan atas.
    WhatsApp - Passkey - 1
  3. Pada menu pop-up nan muncul, tekan tombol Settings.
    WhatsApp - Passkey - 2
  4. Pilih opsi Account.
    WhatsApp - Passkey - 3
  5. Pilih menu Passkeys.
    WhatsApp - Passkey - 4
  6. Tekan tombol Create a passkey.
    WhatsApp - Passkey - 5
  7. Pada menu pop-up, Anda bakal dihadapkan pada Passkey nan terpasang pada akun dengan nomor ponsel dan email nan tersedia.
  8. Tekan tombol Continue untuk setuju.
    WhatsApp - Passkey - 6
  9. Pilih Use screen lock pada laman selanjutnya.
    WhatsApp - Passkey - 7
  10. Verifikasi dengan menggunakan kode keamanan kunci layar atau sidik jari.
  11. Fitur Passkey pun bakal aktif.
    WhatsApp - Passkey - 8

Perlu dicatat bahwa Passkey WA bakal mengaktifkan kunci kriptografi dengan enkripsi nan ada pada ponsel. Nantinya Anda bakal menggunakan kunci layar maupun pemindai sidik jari ketika mau melakukan login ke aplikasi WhatsApp.

Tentunya Anda perlu mengaktifkan kegunaan biometrik pada ponsel untuk menggunakannya pula sebagai Passkey. Nantinya kunci kriptografi terdiri dari kunci publik dan pribadi nan digabungkan untuk meningkatkan keamanannya.

Biasanya pada saat Anda bakal login akun WA di ponsel baru, sistem bakal meminta kode OTP sebagai corak konfirmasi. Sayangnya OTP pun bisa terkendala akibat jaringan kurang baik apalagi terkadang disebut tidak terlalu aman.

Dengan hadirnya Passkey, Anda tidak perlu repot-repot menunggu OTP terlebih dulu ketika login akun WA lantaran bisa langsung menggunakan metode keamanan seperti biomterik nan sudah didaftarkan sebelumnya.

Fitur Passkey sendiri telah dirilis secara berjenjang sejak aplikasi WA jenis terbaru 2.24.8.85 sehingga Anda nan belum mendapatkannya perlu menunggu hingga kebagian.

Perlu diperhatikan Passkey saat ini hanya dapat dijalankan pada ponsel dengan sistem operasi Android 9 alias di atasnya. Belum diketahui apakah WA bakal meluncurkan Passkey alias fitur serupa pada ponsel berbasis iOS.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Kincaimedia nan biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal beragam kelebihan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Selengkapnya
Sumber Review Gadget Terlengkap
Review Gadget Terlengkap