11 Tahun Beroperasi, Robot Atlas Boston Dynamics Akhirnya Pensiun

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Telset.id, Jakarta – Setelah selama 11 tahun beroperasi, Atlas nan merupakan robot humanoid buatan Boston Dynamics akhirnya dinonaktifkan oleh perusahaan.

Seperti nan diketahui, robot ini pertama kali dipamerkan pada 11 tahun silam dengan didanai juga oleh DARPA. Robot ini pun dirancang untuk melakukan misi pengamanan di tempat nan susah dijangkau oleh manusia

Selain itu, 4 tahun lampau robot Atlas juga cukup terkenal berkah sebuah video nan memamerkan keahliannya dalam melakukan aktivitas tarian nan mulus dan mengesankan.

BACA JUGA:

  • Robot untuk Perawatan Medis Tentara Disiapkan Terjun ke Pertempuran
  • Canggih! Gerakan Robot Optimus Tesla Terbaru Mirip Manusia

Kini dalam pengumuman terbarunya melalui video nan diunggah di akun resmi Boston Dynamic, robot Atlas akhirnya dihentikan oleh perusahaan. Ini juga sesuai dengan titel video nan bertuliskan Perpisahan untuk Atlas HD.

“Selama nyaris satu dekade, Atlas telah memicu khayalan kita, menginspirasi generasi robotika berikutnya, dan melampaui halangan teknis di bidangnya. Sekarang saatnya robot hidrolik Atlas kita beristirahat dan bersantai,” tulis Boston Dynamics di penjelasan video YouTube.

Dalam video perpisahan tersebut, perusahaan tidak hanya menunjukan beberapa perihal keren nan bisa dilakukan oleh robot Atlas. Karena ini juga menampilkan robot melemparkan peralatan, melompat, terpleset, tersandung, dan apalagi jatuh. Anehnya, segmen tersebut menunjukan bahwa robot ini tampak seperti manusia.

BACA JUGA:

  • Dulu Cuma Jalan, Robot Atlas Kini Bisa Lari di Luar Ruangan
  • Robot Humanoid Atlas Makin Mirip Manusia

Meski begitu, Boston Dynamic tetap mempunyai robot nan lebih sukes secara komersial, ialah Spot. Dan kemungkinan perusahaan tetap bakal mengembangkan robot humanoid lainnya, seperti nan diisyaratkan dalam pengemumumannya.

“Sampai berjumpa lagi Atlas,” tulis Boston Dynamics di akhir video perpisahan dengan robot nan telah dibuatnya 11 tahun lalu.

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi