11 Penyebab Charger Laptop Rusak Dan Cara Mencegahnya

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Telset.id – Mengenal penyebab charger laptop rusak dan gimana langkah mencegah perihal tersebut terjadi sangatlah penting. Sebab, adaptor charger adalah aksesoris terpenting untuk laptop alias komputer jinjing nan Anda gunakan.

Fungsi charger sangatlah penting. Tanpa adaptor charger, laptop tidak bakal dapat diisi daya, dan tentunya juga tidak dapat difungsikan.

Hal-hal nan mungkin kita anggap sepele sebenarnya bisa menjadi penyebab charger laptop menjadi rusak. Kebiasaan nan jelek saat menggunakan aksesoris charger, mungkin tidak bakal dirasakan dalam waktu singkat.

Namun lambat laun rupanya bisa menjadi penyebab adaptor charger laptop menjadi rusak. Makanya, Anda wajib tahu apa saja nan bisa menyebabkan kerusakan.

Berikut ini tim Telset bakal memberikan informasi, apa saja nan menjadi penyebab adaptor charger laptop rusak dan juga langkah mencegah perihal tersebut bisa terjadi.

Terdapat 11 penyebab charger laptop mengalami kerusakan. Penyebab tersebut kudu dipelajari dan dihindari demi menjaga laptop agar awet bisa dan dipakai selama bertahun-tahun. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Penyebab Laptop Tak Bisa Main Game dan Cara Mengatasinya

1. Asal Cabut Colokan Charger

 Penyebab adaptor Charger Laptop Rusak

Penyebab charger laptop mudah rusak nan pertama adalah kesalahan dalam mencabut colokannya. Sering kali kita terburu-buru alias lantaran sudah menjadi kebiasaan, saat mencabut colokan dari power socket, kita justru menariknya hingga terlepas.

Ini bakal merusak charger dan membikin colokan charger laptop rusak, lantaran saat menarik kabel bisa jadi serat tembaga nan ada di dalamnya ikut terputus.

Untuk mengatasi perihal ini, kita kudu berhati-hati saat mencabut colokan. Pegang kepala charger saat hendak melepasnya dari stop kontak, agar tidak menyebabkan serat kabel terputus.

2. Menggunakan Charger Bukan Bawaannya

Penyebab Charger Laptop Rusak

Anda suka menggunakan charger tidak resmi alias bukan bawaannya ketika mengisi baterai laptop? Kebiasaan jelek ini bisa jadi argumen kenapa charger laptop tidak berfungsi.

Berbeda dengan smartphone, charger laptop pada umumnya mempunyai port nan berbeda-beda tiap brand alias apalagi modelnya. Jika Anda memasangkan adaptor charger pada laptop nan bukan pasangannya, bisa menyebabkan konektor patah.

Pastinya, adaptor jadi tidak dapat berfaedah dengan baik. Parahnya lagi, bukan hanya adaptor charger nan rusak, laptop pun bisa ikut rusak.

3. Memasang Konektor Charger Tidak Hati-hati

Penyebab Charger Laptop Rusak

Jikapun Anda memakai adaptor charger bawaan, Anda juga kudu tetap hati-hati ketika memasangkannya ke laptop. Jangan sampai Anda merusak pin tembaga nan ada di ujung konektor.

Untuk mencegah kerusakan tersebut, pasang konektor secara hati-hati. Jangan kasar saat memasang adaptor charger. Pastikan juga posisi konektor terpasang dengan kondusif dan tidak tertekuk nan bakal membuatnya rusak.

Baca juga: Cara Melihat Password Wifi nan Pernah Terhubung

4. Sering Menggulung alias Mengurai Kabel

 Penyebab Charger Laptop Rusak menggulung kabel

Sering menggulung dan mengurai kabel juga bisa menjadi penyebab charger laptop tidak berfungsi. Karena saat digulung alias diurai, tentu kabel mengalami perubahan corak nan mungkin tidak terlihat secara langsung dari luar.

Penyebab Charger Laptop Rusak

Untuk mencegah kerusakan tersebut, jangan terlalu sering menggulung dan mengurai kabel adaptor charger laptop. Posisikan laptop di tempat nan tepat, sehingga Anda tidak perlu sering mengubah gulungan kabel adaptor charger.

5. Lama Terhubung dengan Stop Kontak

Penyebab Charger Laptop Rusak

Penyebab kerusakan charger laptop lainnya adalah terlalu lama terhubung dengan power socket alias stop kontak. Sering kali kita membiarkan adaptor tetap terhubung dengan stop kontak padahal sudah tidak digunakan.

Ini bakal menyebabkan adaptor menjadi panas, dan lambat laun bakal mengalami kerusakan. Untuk mencegahnya, tentu dengan tidak membiarkan adaptor terus terhubung dengan listrik saat sudah tidak digunakan.

Lagipula, tak hanya jadi penyebab charger laptop sigap rusak, membiarkan adaptor charger tetap terhubung saat sudah tidak dibutuhkan bakal menjadi pemborosan dalam pemakaian listrik.

6. Baterai Laptop Rusak 

Charger Laptop Rusak

Tunggu, apakah baterai laptop rusak juga bisa menjadi penyebab adaptor charger rusak? Ada dugaan jika baterai nan rusak bakal membikin adaptor charger tidak bisa mengalirkan daya listrik secara maksimal.

Dampaknya, charger jadi ikut rusak berbareng dengan baterai. Untuk itu Anda disarankan untuk mengecek kondisi baterai laptop secara rutin untuk mengetahui kondisi baterai laptop Anda.

7. Laptop Terlalu Panas 

Penyebab lainnya adalah kondisi laptop nan terlalu panas. Biasanya suhu laptop bisa menjadi panas lantaran dipakai dalam lama nan lama alias digunakan di luar ruangan khususnya saat cuaca panas.

Masalah laptop panas ini jangan disepelekan lantaran dapat merusak beragam komponen lain di laptop termasuk charger. Oleh karena itu, langkah memperbaiki charger laptop tidak berfaedah ketika suhu laptop sedang naik alias panas adalah dengan berakhir sementara waktu.

Tujuannya untuk menjaga kondisi laptop dan perangkat pendukung seperti charger agar tidak rusak dan tetap awet.

8. Gangguan Pada Port Charger Laptop

Gangguan pada port alias lubang nan menghubungkan charger dengan laptop juga bisa menjadi penyebab kenapa adaptor rusak. Masalah debu alias terkena cipratan air bisa jadi beberapa argumen port charger laptop rusak.

9. Menggunakan Charger Palsu alias Tidak Resmi

Penyebab adaptor charger rusak selanjutnya adalah gara-gara Anda menggunakan charger nan tidak resmi namalain KW. Charger KW mempunyai kualitas nan lebih rendah dibandingkan produk asli.

Anda disarankan untuk membeli charger laptop nan original dari toko resmi agar bisa mendapatkan perangkat pengisian daya nan lebih awet.

10. Masalah Pada Driver Laptop

Driver laptop juga merupakan aspek penting. Anda disarankan untuk selalu memperbarui software driver laptop untuk menjaga tidak adanya kerusakan pada hardware, termasuk nan berangkaian dengan proses pengisian daya.

Mungkin saja, kerusakan pada driver membikin adaptor charger tidak dapat mengisi daya laptop secara stabil dan maksimal.

11. Kabel Charger Rusak 

Terakhir adalah kabel charger rusak. Hal ini kudu Anda perhatikan lantaran kerusakan pada kabel dapat menganggu proses pengisian daya ke baterai laptop. Untuk itu Anda disarankan untuk menjaga kondisi kabel alias menggantinya jika sudah mengelupas.

Baca juga: 10 Hal nan Tidak Boleh Dilakukan pada Laptop, Biar Awet!

Nah, itu tadi info komplit mengenai 11 penyebab kenapa adaptor charger laptop rusak. Semoga info ini berfaedah agar Anda bisa lebih bijak dan dapat merawat perangkat sehari-hari Anda. (NM/MF)

Selengkapnya
Sumber Berita Teknologi
Berita Teknologi